Pantai Sanglen: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Berbicara mengenai Gunung Kidul, hal yang terlintas di pikiran salah satunya adalah pasti mengenai pantai eksotis. Kabupaten yang terletak di Provinsi D.I. Yogyakarta ini memang terkenal akan keindahan deratan pantainya yang unik. Salah satunya adalah Pantai Sanglen yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul.

Pantai ini baru-baru saja menjadi obyek wisata. Sebelumnya lokasi ini dipenuhi semak belukar dan sulit untuk masuk ke sana. Dan lagi, belum banyak orang yang tahu sehingga keindahannya pun seakan masih menjadi terahasiakan, meski pantai-pantai disekitarnya telah banyak dikunjungi wisatawan. Meskipun tergolong ‘temuan’ baru, pantai ini tak kalah cantik dengan pantai-pantai tetangga.

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai Sanglen

Tiket masuknya dihargai sebesar 10 ribu rupiah, yang akan dimintai begitu memasuki Desa Kemadang. Harga ini sudah termasuk biaya akses untuk untuk pantai-pantai yang berderet di sana, misalnya seperti sang tetangga, Pantai Watukodok dan Pantai Sepanjang. Sementara itu, biaya parkir kendaraan dikenakan sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu rupiah untuk roda empat.

Pantai Sanglen memiliki karakteristik yang sama dengan pantai-pantai di daerah Gunung Kidul yang lain. Pasir putih membentang menyelimuti bibir pantai sampai bersentuhan dengan gulungan ombak. Berada tersembunyi di antara dua buah bukit, pantai ini diapit oleh Pantai Watukodok di sisi bukit sebelah timur. Sedangkan di sisi bukit sebelah barat merupakan Pantai Sepanjang.

Dilihat dari fasilitas yang ada saat ini, tidak disarankan datang ke lokasi ini dengan membawa anak kecil. Ini disebabkan karena fasilitas yang ada masih belum begitu lengkap dan akan sulit untuk anak-anak. Warung makan masih sulit untuk dijumpai serta toilet pun masih seadanya.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Sanglen

Rute tercepat menuju ke lokasi adalah dengan melalui Wonosari dan mengambil arah menuju Jalan Baron. Jalan ini mudah dikenali, karena akan langsung terlihat tanda akan adanya pos penarikan retribusi (tiket masuk). Dari sana, ambil jalan menuju ke arah Pantai Kukup, ikuti papan penunjuk ke Pantai Watukodok.

Akan ada jalan yang terbuat dari cor beton menuju ke Pantai Watukodok. Begitu tiba di pertigaan, ambil kanan dan Pantai Sanglen pun sudah di hadapan mata. Pantai yang masih ‘baru’ ini memang belum memiliki papan penunjuk sendiri. Terlebih lagi, pengunjung yang datang biasanya adalah anak-anak muda yang tahu lokasi ini dari postingan di sosial media.

Selain rute Wonosari, dapat juga menggunakan rute alternatif melewati Piyungan. Selanjutnya sama menuju ke Baron dan mengambil arah menuju Pantai Kukup dan seterusnya. Jika merasa ragu, gunakan saja GPS atau bertanya kepada penduduk sekitar.

Akses menuju ke lokasi dari Yogyakarta memakan waktu lebih kurang selama 2 hingga 2,5 jam dengan menggunakan moda transportasi pribadi. Saat ini masih belum ada alat angkutan transportasi umum yang menyediakan rute hingga ke lokasi ini.

Obyek Wisata Pantai Sanglen

Meski masih memiliki fasilitas yang ala kadarnya, namun justru hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Sanglen. Sangat cocok untuk didatangi bersama dengan teman-teman yang hobi travelling ke tempat-tempat baru. Berikut adalah beberapa alasan kenapa pantai ini wajib untuk didatangi:

1. Sebuah Surga Yang Tersembunyi

Sudah menjadi tren di kalangan anak muda di Indonesia untuk mendatangi lokasi-lokasi wisata yang masih belum sepenuhnya ‘terkelola’. Rasanya seperti mengunjungi sebuah surga yang tersembunyi dari tangan-tangan nakal manusia. Segala yang ada di pantai ini masih bisa dijamin keasliannya, yang kalau meniru istilah para pujangga, layaknya intan yang belum terpoles.

Ditambah lagi karena belum banyak orang yang tahu, pengunjung pun bisa dibilang sangat minim. Rasanya seperti berada di pantai milik pribadi. Tak ada orang lain dan di sejauh mata memandang hanya hijau vegetasi, pantai, dan jernihnya biru laut.

2. Camping Di Pantai

Pantai ini juga dikenal sebagai camping ground dan fasilitas minim yang ada pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar. Jadi jangan kaget saat tiba di sana dan menemukan tenda-tenda terpasang di pinggir pantai. Selain itu, beberapa juga mengikatkan hammock di antara batang-batang pohon. Menciptakan suasana ‘pantai pribadi’ yang sesungguhnya.

Tak jarang satu atau dua turis asing akan terlihat berada di pantai. Khususnya bagi yang senang berpetualang dan alih-alih mengunjungi pantai yang telah terbangun, justru lebih senang mengunjungi pantai yang masih ‘perawan’. Entah mereka hanya berjemur atau bahkan juga memasang tenda dan camping.

3. Lokasi Pemancingan Bagi Pemancing Profesional

Bagi yang memiliki hobi memancing, maka tak ada salahnya untuk menjajal tempat ini. Memancing di sini akan meningkatkan adrenalin karena memerlukan teknik keahlian yang sudah mumpuni. Tak hanya berurusan dengan bagaimana memasang umpan dan bagaimana caranya agar umpan di makan ikan, namun juga harus beradu dengan ombak.

Sangat tidak disarankan bagi pemancing amatir untuk memancing di sini tanpa pengawasan. Meskipun lokasi memancing tampak teduh dan nyaman karena lindungan pepohonan, akan tetapi tebing karang yang curam langsung bertemu dengan lautan. Selain itu, dibandingkan dengan lokasi pantai lain, ombak di sini tergolong sangat besar.

4. Definisi Keindahan Alam Yang Sebenarnya

Ada yang pernah mengatakan bahwa rugged beauty is a true beauty, artinya keindahan yang tak terjamah adalah keindahan yang sebenarnya. Ungkapan tersebut cocok untuk menggambarkan tentang Pantai Sanglen. Walaupun tidak memiliki fasilitas berbintang layaknya tempat wisata terkenal, namun pemandangan yang bisa didapatkan sudah mampu membayar semuanya.

5. Wajib Untuk Diabadikan Dalam Kamera

Bagi yang memiliki hobi fotografi, atau mungkin berprofesi sebagai Instagram boyfriend, dapat mempertimbangkan untuk datang ke sini. Semua sudut layak untuk diabadikan dan tidak ada sudut yang cela. Latar bukit yang ditumbuhi vegetasi hijau, pasir pantai putih, laut biru jernih, cakrawala yang mempertemukan langit dan laut, semuanya akan tampak sempurna. Untuk menambah feed Instagram pun tidak akan rugi, justru mungkin malah bisa mengundang iri.

6. Keunikan Biota Laut Yang Jarang Ditemui

Saat mendekat ke bibir pantai yang berbatasan dengan air, pasir sudah digantikan oleh permukaan bebatuan karang, khususnya di sebelah barat. Yang unik adalah adanya sejenis rumput laut yang berbentuk gimbal. Penyebab gimbalnya rumput laut yang ada di sini adalah karena tergulung oleh ombak dan hanya akan tampak ketika air sedang surut.

Karena tak pernah ada yang menyentuh, varietas algae ini pun berukuran panjang dan arahnya mengikuti arah ombak. Apabila berkeingan untuk mendekat di sekitar area ini, selalulah berhati-hati. Sebab perpaduan antara rumput laut, batuan karang, dan air laut menyebabkan area menjadi licin dan rawan membuat terpeleset.

Apabila waktunya telah tiba bagi Pantai Sanglen untuk dipercantik melalui campur tangan manusia, semoga keindahan alami yang ada masih tetap dipertahankan. Hal yang seringkali terabaikan oleh otak pengusaha yang hanya bisa mempertimbangkan faktor ekonomi. Asalkan mendapatkan pengelolaan yang baik dengan masih mempertahankan karakter aslinya, pantai ini dapat menjadi salah satu primadona wisata baru di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *