Pantai Santolo : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Bagi yang sudah sering berkunjung ke kota Garut tentunya sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata yang satu ini. Objek wisata pantai satu ini merupakan primadona bagi wisatawan yang datang dari dalam maupun luar kota menuju Garut untuk menghabiskan masa liburan mereka. Yaitu pantai Santolo yang merupakan pantai yang wajib dikunjungi karena memiliki pemandangan yang indah.

Pantai Santolo memiliki pasir pantai berwarna putih dan air yang jernih sehingga membuat banyak pengunjung terpikat dengan keindahannya itu. Selain itu, disekitar pantai memiliki deretan pegunungan hijau yang sangat menyegarkan mata, hal ini tentunya menambah keindahan pantai santolo.

Harga Tiket Pantai Santolo

Untuk bisa menikmati keindahan alami di Pantai Santolo, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000 sampai Rp. 5.000 per orangnya. Harga ini sesuai dengan umur dari pengunjung, tiga ribu rupiah untuk anak-anak dan lima ribu untuk orang dewasa.

Penjualan tiket dibuka sejak pukul 05.00 pagi dan ditutup sampai malam hari. Meskipun biaya masuk sangatlah murah namun tidak ada salahnya untuk membawa uang lebih sebagai simpanan. Karena banyak sekali pedagang di sekitar pantai yang menjual barang dagangannya dan pastinya sangat menggiurkan siapa saja yang melihatnya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Santolo

Rute dan akses menuju ke pantai cukuplah mudah. Letak pantai sekitar 88 km dari pusat kota Garut dan dapat ditempuh dengan mudah dari beberapa kota lainnya. Misalnya saja bagi pengunjung yang datang dari kota Bandung, maka bisa menggunakan rute, Bandung – Banjaran – Pangalengan – rancabuaya kemudian sampai ke Santolo.

Untuk fasilitas jalan yang akan ditempuh juga sangat mulus dan tidak rusak. Namun bagi pengunjung yang menggunakan fasilitas angkutan umum maka bisa menaiki angkutan elf dari kota Garut kemudian dengan tujuan Terminal Guntur – Pameungpeuk. Setelah itu disambung dengan menaiki angkutan desa menuju ke pantai.

Obyek Wisata Pantai Santolo

Setelah melakukan perjalanan yang panjang untuk sampai ke pantai ini, pengunjung tidak akan merasa kelelahan arena disuguhi oleh panorama yang indah serta memanjakan mata. Pasir pantai yang putih dengan ombak yang sejuk memberikan kesan damai dari pantai satu ini. Selain menikmati panorama alamnya, pengunjung juga bisa melakukan banyak hal di pantai ini diantaranya :

1. Bermain Banana Boat

Permainan banana boat memang menjadi permainan air yang sangat menyenangkan. Bagi yang ingin menikmati permainan satu ini bersama dengan orang-orang terdekat maka bisa mencobanya di Santolo. Setiap pengunjung yang ingin menikmati sensasi naik banana boat hanya dikenakan tarif Rp. 25.000 per orang sekali jalan. Harga ini tentunya sangatlah murah untuk wahana ekstrim satu ini karena di pantai lainnya harga yang diberikan lebih mahal.

Ketika akan bermain banana boat pastikan semua kesiapan sudah aman, selain itu pastikan pula kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat. Jangan sampai selesai bermain banana boat tubuh menjadi lemas atau sakit.

2. Berfoto Selfie Dengan Background Laut

Menikmati liburan di laut kurang rasanya jika tidak melakukan foto sebagai kenang-kenangan. Foto di Santolo menghasilkan foto yang unik dan instagramable, mengingat keindahan pasir putih yang dimilikinya. Pengunjung akan mendapatkan foto yang semakin menarik jika mengambil ketika waktu sunrise atau sunset tiba. Ketika akan berswafoto pastikan pengunjung sudah membawa perlengkapan foto yang cukup agar foto yang dihasilkan semakin baik.

Selain bisa mendapatkan foto diri yang keren, pengunjung juga bisa mencari spot foto unik lainnya. Misalnya saja dengan berfoto di dekat pulau kecil Santolo, di jembatan Tua Pulau Santolo atau di sepanjang bibir pantai. Tentunya hal ini akan menghasilkan foto bahari yang menarik dan cocok untuk di upload di sosial media.

3. Memancing

Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing maka pantai satu ini sangat tepat untuk dikunjungi. Jika ingin memancing jangan lupa untuk membawa perlengkapan memancing karena di pantai ini belum disediakan persewaan pemancingan.

Terdapat 2 spot memancing yang bisa pengunjung pilih sesuai dengan keinginan da perangkat yang digunakan. Bagi yang memiliki alat pemancingan cukup kuat maka bisa mencoba spot yang berada di seberang pantai dengan jarak sekitar 800 meter dari area parkir atau TPI Santolo. Namun bagi yang tidak memiliki alat pancing cukup kuat, bisa melakukan aktivitas memancing di sekitar pelabuhan Santolo, meskipun ikannya kecil namun pengunjung bisa mendapatkan ikan cukup banyak.

4. Berkeliling Dengan Perahu Nelayan

Pernah berkeliling menggunakan perahu nelayan sambil melihat pemandangan air dan biota laut? Jika belum maka pengalaman satu ini harus dicoba di Pantai Santolo. Karena lokasi pantai satu ini berada di bagian perkampungan nelayan sehingga tidak sulit untuk menemukan perahu nelayan yang bisa disewakan. Pengunjung hanya perlu membayar tarif sekitar Rp. 5.000 sampai 20.000 untuk bisa berjalan-jalan di sekitar pantai. Harga ini tentunya sesuai dengan permintaan sejauh mana perahu akan berjalan.

5. Menjelajahi Pulau Kecil Santolo

Tidak jauh dari pantai ini, tepatnya di seberang sebelah kiri terdapat pulau kecil yang bisa dikunjungi. Pada awalnya tempat ini bukalah pulau melainkan hanya gundukan sebuah karang yang cukup besar. Namun semakin banyaknya wisatawan yang datang mengira bahwa itu adalah sebuah pulau.

Dari atas pulau kecil itu, pengunjung bisa melihat berbagai karang, hewan laut dan ikan-ikan kecil secara jelas. Tidak sampai disitu saja dari atas pulau kecil pengunjung juga akan disuguhkan dengan panorama alam hijau dari pepohonan yang berada di sekitar pantai. Benar-benar menyejukkan mata siapa saja yang melihatnya.

6. Menikmati Aneka Sajian Kuliner Khas Pantai Santolo

Meskipun tadinya wilayah pantai ini hanyalah perkampungan nelayan yang berubah menjadi pantai wisata sehingga banyak penjual ikan mentah yang bisa di temukan. Kini setelah menjadi destinasi wisata, para pengunjung bisa menikmati olahan makanan laut langsung dan lebih segar tentunya.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati makanan sambil menyaksikan pemandangan laut yang sangat indah. Bagi para pengunjung yang ingin membawa ikan segar pula maka bisa mendapatkan ikan langsung di TPI di Santolo.

7. Camping Dengan Suasana Pantai

Suasana menginap yang berbeda bisa dirasakan di pantai ini. Pengunjung bisa membangun tenda untuk bermalam di sekitar pantai. Jangan khawatir sendirian karena pada saat malam hari akan banyak pengunjung yang melakukan camping di pinggir pantai. Tentunya ini menjadi pengalaman yang luar biasa bagi yang belum pernah camping di pinggir pantai.

Karena masih banyak wisatawan yang belum mengetahui akan keindahan dan panorama Pantai Santolo maka pantai ini masih terbilang cukup sepi. Bahkan pengunjung bisa merasakan nuansa seperti memiliki pantai pribadi di pantai ini karena suasana yang tenang dan tidak banyak gangguan dari pengunjung lainnya. Jadi pantai ini cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati liburan pantai dengan biaya yang tidak begitu mahal sekaligus mencari ketenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *