Pantai Sarangan : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Jogja memang sangat terkenal dengan destinasi wisatanya terutama banyaknya pantai khususnya yang ada di Gunung Kidul. Salah satu pantai yang memiliki pasir putih juga banyak bebatuan adalah Pantai Sarangan. Pantai ini memberikan suatu pemandangan yang indah dan memiliki garis pantai yang melengkung.

Banyak yang mengira Pantai Sarangan adalah Pantai Krakal karena lokasinya yang berdekatan hanya sekitar 3 sampai 4 meter saja. Lokasi dari pantai ini berada di Desa Ngestirejo, Tanjungsari tepatnya berada di Kabupaten Gunung Kidul dan hanya butuh waktu kurang lebih 2 sampai 2,5 jam saja jika di laju dari kota Jogja.

Harga Tiket Masuk Pantai Sarangan

Harga tiket Pantai Sarangan ini cukup murah sekali yaitu hanya dikenakan untuk biaya retribusi sebesar Rp. 10.000,-. Dari harga tiket tersebut bisa digunakan untuk mengakses pantai lainnya yang masih berada dalam satu kawasan pantai di Jogja yang berada di Gunung Kidul misalnya seperti Pantai Krakal, Pantai Baron, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Lainnya.

Untuk biaya retribusi tambahan khusus di objek wisatanya hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. Biaya parkir kendaraan ini memiliki ketentuan untuk mobil dan motor. Untuk kendaraan bermotor beroda empat dikenakan tarif parkir sekitar Rp. 5000,- sedangkan untuk kendaraan beroda dua sekitar Rp. 3000,-.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sarangan

Pantai Sarangan sudah banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat ini. Jalan yang bisa diakses untuk menuju objek yang satu ini juga sudah mulus karena semua sudah beraspal. Meski nama ini belum tersohor seperti pantai lainnya bukan berarti Pantai Sarangan tidak bisa di lalui dengan mudah dan terjal ya.

Untuk menuju ke Pantai Sarangan ada beberapa rute yang sampai saat ini bisa di lewati oleh para wisatawan. Tentunya semua rute tersebut hanya bisa di akses dari Wonosari karena melalui rute ini waktu perjalanan paling efektif dan sangat singkat. Berikut rute yang bisa dilalui oleh para wisatawan yang datang ke pantai ini:

1. Melalui Jalan Wonosari

Untuk rute yang melalui jalan Wonosari ini pertama-tama dapat ambil jalan Piyungan-Bukit. Lanjutkan perjalanan dengan melalui jalan Bintang-Patuk-Sambipiyu dilanjutkan dengan jalan Gading-Wonosari.

Nah saat sampai di Jalan Baron-Mulo ambil jalan yang sebelah kiri nanti bertemu jalan Bintaos-Tepus. Jika sudah nanti ambil kanan dan menuju jalan Pantai Indrayanti-Pantai Sundak-Pantai Krakal dan pada akhirnya sampai ke lokasi Pantai Sarangan.

2. Melalui Jalan Wonosari Opsi Yang Kedua

Pertama masuk jalan Wonosari-Sampaan-Piyungan dan dilanjutkan dengan menuju jalan Bukit Bintang-Patuk-Sambiputu kemudian masuk pada Hutan Bunder-Gading –Wonosari sampai pada akhirnya masuk Jalan Baron-Mulo-Kemadang. Ikuti terus jalan arah Pantai Baron-Pantai Kukup-Pantai Sepanjang-Pantai Krakal dan setelah itu sampailah di tujuan utama Pantai Sarangan.

Daya Tarik Yang Dimiliki Pantai Sarangan

Keindahan Pantai Sarangan memang sangat menakjubkan sekali tak heran jika pantai begitu banyak yang datang. Beberapa daya tarik yang dimiliki pantai ini serta aktivitas seru yang bisa dilakukan membuat betah para pengunjung yang datang. Nah berikut ini daya tarik dan aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Sarangan:

1. Terdapat Spot Bukit Giri Sarangan

Datang ke objek yang satu ini bukan hanya bisa menikmati keindahan pantainya saja yang memukau akan tetapi dapat menikmati pemandangan alam dari atas bukit. Lokasi bukit ini letaknya tepat berada di atas pantai sehingga wisatawan dapat mengeksplor semua pemandangan yang ada di kawasan pantai ini.

Wisatawan bisa sambil mengabadikan moment terbaiknya dengan selfie maupun foto bersama dengan background bukit yang cantik dan indah. Fungsi bukit ini sengaja dibangun dan digunakan wisatawan menghabiskan waktunya sambil menunggu moment dimana saat matahari mulai tenggelam.

2. Spot Terbaik Menikmati Sunset

Bagi wisatawan yang gemar sekali berfoto dengan hunting sunset atau sebuah foto siluet maka objek yang satu ini sangat tepat sekali menjadi tujuan utama bagi wisatawan. Keunikan dan keindahan jelas berbeda terasa dibanding dengan objek lain karena bisa merasakan pemandangan yang indah ini dari atas bukit. Jadi wisatawan sepuasnya menikmati pemandangan indah ini.

Selain dapat menikmati sunset tersebut hal yang membuat beda dari tempat-tempat lain karena bisa sekaligus menikmati panorama pemandangan laut dan pantai lain disekitar Pantai Sarangan. Betapa indahnya ciptaan tuhan dan berasa sangat lengkap sekali menikmati keindahan sunset ditambah dengan pemandangan alamnya yang memukau.

3. Merupakan Spot Untuk Camping

Hal lain yang menakjubkan lainnya selain terkenal dengan pantai putihnya juga berenang di air yang jernih sekaligus ditemani ikan-ikan kecil juga bisa camping. Tentunya liburan menjadi tambah seru dan mengasyikkan apalagi jika camping ini bisa dirasakan bareng dengan teman-teman dan keluarga.

Ada hal yang perlu diingat jika camping di pantai ini yaitu jangan lupa untuk menjaga kebersihan dari tempat wisata. Hal lain yang perlu diperhatikan lagi jika camping di tempat ini jangan sampai merusak tanaman atau pepohonan rindang yang indah sehingga nanti tidak lagi dapat dinikmati keindahannya oleh wisatawan lain.

4. Tersedia Fasilitas Penginapan Dan Fasilitas Lain Yang Mempuni

Jika tidak ingin camping jangan khawatir akan telantar karena disini juga ada fasilitas penginapan. Jadi jika datang ke tempat ini dan ingin bermalam bersama keluarga bisa reservasi tempat penginapan terlebih dahulu. Mantap sekali kan Pantai Sarangan ini karena bisa menikmati pemandangan yang indah dekat dengan lokasi penginapan.

Selain tersedia fasilitas penginapan, di pantai ini tersedia juga beberapa fasilitas pendukung yang sangat lengkap sekali. Pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas yang ada tersebut. Diantara fasilitas tersebut yaitu tersedianya toko, parkiran yang dimiliki begitu luas dan toilet yang ada juga sangat memadai sekali.

5. Bisa Mencari Ikan Kecil Di Pinggir Bebatuan

Hal lain yang berbeda dari pantai ini yaitu saat mengalami surut maka akan terlihat bebatuan kecil dan besar yang tampak. Di pinggir pantai ini bisa sekaligus mencari ikan-ikan kecil yang cantik-cantik. Hati-hati saat ingin menangkap ikan yang ada di pantai karena bebatuannya cukup licin dan kadang ada yang tajam.

Selain bisa menangkap ikan disini juga ada ubur-ubur yang sangat menarik sekali. Ketika melihat ubur-ubur jangan coba-coba menangkapnya dengan tangan kosong karena jika terkena kulit secara langsung bisa menimbulkan rasa gatal. Lebih baik menikmati biota laut yang ada dan sambil menangkap ikan-ikan kecil agar aman.

6. Bisa Bermain Pasir Putih Yang Mengasyikkan

Ciri khas dari datang ke pantai tentunya bisa bermain pasir dan air. Daya tarik dari Pantai Sarangan karena pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan indah. Wisatawan bisa sepuasnya bermain pasir di pantai ini, jika merasa kepanasan wisatawan bisa berteduh di bawah pohon yang ada di sekitar pantai ini.

Nah itulah tadi sekilas mengenai Pantai Sarangan yang sangat indah sekali yang bisa dinikmati pengunjung yang datang ke tempat ini. Pemandangan yang indah dan menarik bisa dinikmati dari atas bukit ditambah dengan pemandangan sunset yang memukau membuat pantai ini beda dari yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *