Pantai Sawarna : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai ini sebenarnya merupakan sebuah kawasan di tepi laut yang masuk dalam desa Sawarna. Jadi pada dasarnya pantai Sawarna adalah pantai yang berada di kawasan desa wisata Sawarna. Berikut adalah ulasan mengenai harga tiket, rute hingga obyek wisata menarik yang bisa dilakukan di kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Seperti halnya pantai pada umumnya, pantai Sawarna dikenai biaya retribusi berupa tiket masuk. Harga yang harus dibayar oleh pengunjung adalah sebesar 5000 rupiah. Biaya ini terhitung sangat terjangkau jika dibandingkan dengan pemandangan dan kesenangan yang bisa didapatkan dari kunjungan ke pantai ini.

Setelah membayar tiket masuk, pengunjung dapat menikmati semua pantai di wilayah desa Sawarna secara gratis selama 24 jam. Jadi untuk mengunjungi pantai ini tidak dikenakan waktu buka dan tutup. Hanya saja pengunjung harus berhati-hati dan memahami batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Misalnya berenang saat air pasang, atau menjelajah ke tempat berbahaya tanpa didampingi oleh profesional.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sawarna

Jalan yang dilalui untuk mencapai pantai ini sudah bagus. Namun memang berkelok – kelok dan membutuhkan kemampuan menyetir yang baik. Kawasan pantai ini beralamat di Jl. Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna. Tepatnya di kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Berikut adalah beberapa rute yang dapat dilewati untuk mencapai pantai Sawarna.

1. Dari Arah Jakarta

Terdapat tiga rute yang bisa dilalui oleh pengunjung dari Jakarta. Ketiga rute tersebut memakan waktu hampir sama yaitu kurang lebih 5 jam dengan jarak tempuh sekitar 180 kilo meter. Rute tercepat yaitu 4 jam 42 menit adalah jalan yang melewati jalur Jakarta Depok, kemudian mengarah ke jalan Ir. H. Juanda, dan mengikuti arah Jakarta- Bogor.

Dari jalan raya Jakarta Bogor, lanjutkan perjalanan ke arah tol Jagorawi, lalu putar balik dan masuk ke jalan raya Bogor – Sukabumi. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga masuk ke jalan raya Wangun. Belok ke kiri kemudian menikung ke kanan, dan masuk ke jalan Rulita di sebelah kiri.

Ikuti jalan tersebut hingga 32 km, kemudian masuk ke Jalan Pamuruyan, ikuti jalan tersebut. Setelah melewati Indomaret Buniwangi, belok kanan ke jalan Cimanggu- Buniwangi. Ikuti terus hingga arah simpang Ciawi. Dari simpang Ciawi, ambil arah kiri menuju Cisuji 2. Di ujung jalan inilah pengunjung sampai di kawasan desa Sawarna.

2. Dari Pusat Kota Serang Banten

Dari pusat kota Serang, diperlukan waktu hingga 4 jam untuk mencapai pantai Sawarna. Rute tercepat dari Serang adalah melalui jalan Kejaksaan 1. Dari jalan ini, pengunjung bergerak ke arah selatan sejauh 148 km dengan waktu tempuh sekitar 3 – 4 jam.

Dari Jalan Kejaksaan, kendaraan memasuki jalan Raya Pandeglang. Kemudian setelah menempuh jarak sekitar 23 km, belok ke kanan untuk masuk ke jalan Labuan. Di pertigaan sebelum terminal Mengger, belok kiri menuju jalan raya Labuan – Pandeglang. Ikuti jalan ini hingga menemukan Jalan Saketi Malingping.

Sekitar 41 km kemudian, belok kanan ke jalan kecil, kemudian ikuti hingga menemukan Jalan Nasional III. Setelah menyusuri jalan di pinggir pantai sejauh kurang lebih 30 km, pengunjung sampai di kawasan pantai Sawarna.

3. Dari Stasiun Cibadak

Stasiun terdekat dari pantai indah ini adalah Stasiun Cibadak di Sukabumi. Jika wisatawan hanya bisa naik kereta dari tempat asal, maka rute ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Dari stasiun Cibadak, wisatawan bisa menemukan rental motor atau mobil di sekitar stasiun. Untuk mempermudah proses pinjam, lebih baik cari sumber terpercaya melalui internet kemudian lakukan reservasi dengan pemilik langsung.

Dari stasiun perjalanan mengarah ke barat kemudian ke selatan. Pilih jalan dengan arah jalan raya Cibadak Sukabumi. Kemudian belok kiri ke jalan Pamuruyan. Setelah itu, ikuti jalan tersebut hingga kira-kira 33 km, kemudian belok kanan ke Jalan Cimanggu- Buniwangi.

Setelah menempuh jarak 6,8 km masuk ke jalan Nasional III dengan berbelok ke kanan pada pertigaan besar. Ikuti jalan ini hingga 33 km, kemudian masuk ke simpang Ciawi. Di ujung simpang Ciawi, wisatawan dapat menemukan jalan Sawarna Bayah yang akan berujung ke kawasan pantai Sawarna.

Ketiga rute ini dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi peta di android maupun iOS. Jadi, pengunjung tidak akan kesulitan untuk menemukan jalan yang lancar hingga tujuan. Di kanan dan kiri jalan pemandangan juga bisa dinikmati dan jika lelah, terdapat banyak pemberhentian yang bisa disinggahi.

Obyek Wisata Di Pantai Sawarna

Setelah menempuh jarak yang panjang sari kota asal, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan kawasan pantai Sawarna yang memiliki beberapa obyek menarik. Berikut adalah ulasannya.

1. Sunrise Dan Sunset

Mengawali hari dengan matahari terbit yang indah adalah salah satu kebahagiaan tersendiri. Jika wisatawan memutuskan untuk menginap di kawasan pantai, sediakan waktu untuk bangun lebih pagi dan menikmati hembusan angin sejuk dengan pemandangan matahari terbit disini. Kemudian, sore harinya wisatawan juga bisa melihat sunset yang indah dari tepian pantai.

2. Tracking Gua

Di dalam kawasan pantai Sawarna, tidak hanya ada obyek air laut saja. Wisatawan bisa menikmati eksotisme gua yang ada disana. Salah satunya adalah Gua Langir. Disini wisatawan dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami oleh tetesan air selama beribu tahun.

Kemudian, adapula gua Seribu Candi. Disebut demikian karena ada banyak stalaktit dan stalakmit yang berbentuk mirip stupa candi di dalam gua. Wisatawan bisa menyewa pendamping jika merasa kurang aman berjalan sendiri dalam gua. Jasa pendamping juga bisa dimanfaatkan untuk memperbanyak informasi mengenai sejarah dan pengetahuan lain mengenai kawasan Sawarna.

3. Bermain Air Dan Berenang

Di pantai sawarna, wisatawan bisa bermain air bahkan berenang. Namun tentu saja jarak yang diizinkan terbatas dan tidak saat air sedang terlalu pasang atau terlalu surut. Lebih aman lagi jika wisatawan yang berenang menggunakan pelampung yang disewa atau dibawa sendiri dari rumah.

4. Karang Taraje

Karang Taraje merupakan batu karang di laut yang berbentuk seperti tangga. Salah satu titik pantai di kawasan Sawarna ini memiliki pemandangan indah karena adanya karang ini. Ombak yang menabrak bebatuan unik ini kemudian akan terlihat seperti air terjun di tengah laut. Momen saat terjadi hantaman ombak ke karang akan menjadi latar foto yang unik meski mungkin membutuhkan berkali-kali pengambilan foto.

5. Desa Adat Sawarna

Desa ini merupakan jantung dari adanya pantai di kawasan Sawarna. Dahulu Louis Van Gogh menemukan kawasan ini dan memerintahkan masyarakat untuk membangun desa. Saat ini, telah berkembang banyak resort, hotel, dan restoran yang menjadi saya tarik wisatawan untuk datang dan menginap di desa Sawarna. Beragam ritual adat juga masih dilestarikan di kawasan ini sebagai bukti bahwa masyarakatnya selalu menjaga tradisi.

Kelima obyek tersebut dapat dinikmati dan dikunjungi saat menikmati kawasan pantai Sawarna. Menginap mungkin menjadi pilihan yang tepat karena kawasan ini sangat luas dan butuh waktu untuk di jelajahi. Beragam jenis hotel dan penginapan sudah banyak tersebar sehingga mudah bagi wisatawan untuk memilih sesuai dengan kriteria yang dicari.