Pantai Sendiki : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Kota Malang seakan tidak ada habisnya untuk membicarakan keindahan yang dimiliki di Kota yang sangat terkenal dengan tujuan wisatanya ini. Beragam objek wisata mulai dari taman bermain, pegunungan sampai pantai-pantai indah ada di kota ini. salah satu pantai yang sedang sangat hangat dibicarakan adalah pantai Sendiki.

Pantai ini memiliki saudara yaitu pantai Tamban yang hanya berbatas 2 km aja.  Pesona Pantai Sendiki ini dapat dinikmati dengan sedikit perjuangan dalam menempuh lokasi. Namun jangan tanyakan betapa indahnya pemandangan yang diberikan oleh pantai Sendiki Malang ini. berikut penjelasan mengenai pantai Sendiki;

Harga Tiket Pantai Sendiki

Berada di kota Malang, lokasi tepat dari pantai ini adalah di desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Weta Kabupaten Malang. Terletak sekitar 68 km dari pusat kota Malang. Atau ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan.

Pengambilan nama pantai sendiri dipercaya oleh masyarakat berhubungan dengan legenda yang ada mengenai awal penamaannya. Yang menurut ceritanya pada jaman dahulu terdapat empat orang sahabat yang membagi wilayah dengan cara memasang patok dari kayu. Setelah tiga orang pertama mendapatkan wilayah, tinggallah orang terakhir yang bernama Mbah Singo Lelono.

Singo lelono bertanya kepada sahabat-sahabatnya “Ngon Ku Sing di Ki?” atau dalam bahasa indonesia berarti punyaku yang mana. Inilah yang dipercaya sebagai awal penamaan dari pantai Sendiki.

Hal ini dibuktikan dengan adanya makan yang memiliki batu nisan bertuliskan Singo Lelono di daerah pantai ini. Makan yang berada di sebelah kiri pantai inilah yang menjadi bukti dari beredarnya cerita masyarakat mengenai penamaan pantai.

Untuk biaya masuk ke objek wisata satu ini sangatlah terjangkau. Hanya dengan membayar uang Rp. 5.000 saja untuk setiap pengunjung. Kemudian biaya tambahan dikenakan sebagai biaya parkir yaitu Rp. 5.000 untuk wisatawan yang tidak menginap. Dan Rp. 10.000 bagi wisatawan yang bermalam di lokasi pantai.

Rute Perjalanan Menuju Pantai

Pantai yang masih original ini memang sangat asri dan tersembunyi. Keindahannya belum diketahui oleh dunia luar, sehingga belum banyak wisatawan yang menjadikan lokasi ini tempat berlibur mereka.

Perjalanan menuju ke pantai dengan pesona luar biasa ini memerlukan sedikit tenaga ekstra. Perjalanan yang harus ditempuh belum memiliki fasilitas kendaraan umum. Sehingga wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi untuk menjangkau lokasi ini.

Dari kota Malang wisatawan menuju Pakishaji dan kemudian mengambil arah Kapenjeng. Kemudian disusul ke Gondanglegi lalu menuju arah Turen. Dari Turen kemudian menuju Sumbermanjing wetan dan dilanjutkan ke arah Pantai Tamban. Setelah sampai dei pantai Tamban, mengambil jalan turun sampai dengan pertigaan dan kembali  mengambil arah kiri.

Ketika menjumpai bangunan pos yang dibangun dari bambu, belok ke kanan. Namun perlu diingat bahwa jalan ini hanya muat untuk kendaraan roda dua saja. Untuk wisatawan yang membawa mobil dapat di parkir di pemukiman warga dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pantai sekitar 3 km.

Objek Wisata Pantai Sendiki

Setiap pengunjung tidak akan mampu untuk tidak berdecak kagum dengan pemandangan yang dimiliki. Kegiatan yang dapat dilakukan di pantai yang masih sepi ini tidak kalah seru. Mengukir kenangan indah bersama alam kota Malang di pantai Sendiki dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan berikut:

1. Hamparan Pasir Putih

Pemandangan hamparan pantai putih membentang di sepanjang pantai. Pasir putih bersih sangat nyaman untuk bersantai dan bercengkrama dengan keluarga diatasnya. Dengan ditemani oleh udara yang sejuk dan pemandangan pantai lepas yang mendamaikan.

Kebersamaan ini dapat pula dinikmati dengan mengambil foto untuk diabadikan sebagai kenangan yang indah bersama keluarga atau teman. Suasana yang begitu damai akan semakin mengakrabkan ikatan antar keluarga atau pertemanan.

2. Berenang Di Bibir Pantai

Pengunjung hanya di himbau untuk berenang di bibir pantai saja bagi yang ingin berinteraksi langsung dengan jernihhnya air pantai. Hal ini dikarenakan pantai yang memiliki ombak lumayan besar dan dikhawatirkan akan membahayakan. Namun keseruan berenang di bibir pantai tidak kalah mengasikkan.

3. Berjemur

Dengan berada diatas pasir putih lembut, sekedar duduk-duduk atau berjemur sudah cukup membuat nyaman. Hal ini didukung dengan suasana alam masih betul-betul alamiah tanpa banyak sentuhan kemodernan. Diteduhi oleh pepohonan, berjemur akan mampu melepaskan semua beban penat setelah terus beraktivitas.

Banyak fasilitas yang memang disediakan untuk pengunjung pantai Sendiki. Diantaranya adalah toilet, pemandian umum, seta mushola. Penginapan pun sudah tersedia untuk pengunjung yang tidak menginginkan bermalam di alam terbuka.

4. Melakukan Camping

Malam hari pantai memamerkan pesona lain dibawah bintang-bintang yang bersinar terang. Bagi yang ingin merasakan sensasi ini, mendirikan kemah menjadi pilihan paling tepat. Wisatawan tidak diharuskan membawa peralatan kemah, karena di pantai ini disediakan persewaan semua peralatan.

Persewaan tenda dengan berbagai ukuran dengan harga murah baik untuk tenda keci maupun yang berkapasitas besar. Menikmati suasana pantai malam hari dengan pemandangan bintang-bintang dan laut lepas secara langsung tentu akan sangat menyenangkan untuk dicoba. Camping ground yang disediakan sudah diperhitungkan aman untuk diinapi.

5. Bersantai Diatas Pohon

Satu pantai dengan dua suasana yang berbeda ada di pantai daerah Malang yang asri ini. Disamping memiliki butiran pasir putih yang halus di salah satu sisi, dan bebatuan di sisi yang lain. Batu-batuan besar bertekstur halus dapat digunakan untuk duduk dan memandang keindahan pantai yang terlihat dari bibir pantai.

Banyak cara untuk menikmati keindahan pantai Sendiki yang berbeda.salah satunya dengan bersantai diatas pohon. Di pantai ini disediakan tempat tidur sederhana di atas pohon yang disediakan untuk pengunjung pantai. Cara ini akan memberikan keindahan yang berbeda dari semua sudut pantai.

6. Bermain Ayunan Pantai

Pantai yang tersembunyi ini masih sangat asri dan belum banyak terjamah wisatawan. Keadaan yang bersih dan asri serta masih sepi pengunjung semakin membuat syahdu berlibur di pantai sendiki. Kenyamanan begitu terasa dan tidak perlu berdesakan dengan sesama pengunjung seperti di pantai yang lain.

Warga masyarakat mulai bahu membahu untuk memperindah pantai yang sangat berpeluang besar untuk diperkenalkan ke mayarakat luas. Sebuah ayunan di pinggir pantai menjadi spot foto yang sangat populer terdapat pula disini. Hal ini membuktikan kepedulian masyarakat untuk terus menciptakan objek tujuan wisata yang bersaing dengan objek lainnya.

7. Wisata Kuliner

Untuk yang ingin bersantai ria di pantai Sendiki disediakan pula gazebo-gazebo di sekitar pantai. Menghabiskan sisa hari dengan melihat keagungan Tuhan yang tercermin dari begitu megahnya pantai Sendiki. Lelah melakukan aktivitas seharian dapat dilakukan penutupan liburan dengan menyantap hidangan lezat.

Tak perlu bingung untuk mencari tempat kuliner makanan. Meskipun masih dalam tahap pengenalan wisata, namun sudah tersedia banyak tempat makan yang nyaman untuk singgah. Menu makanan yang ditawarkan pun begitu beragam dengan memiliki cita rasa masyarakat lokal.

Semakin tertarik untuk berkunjung ke pantai ini bukan? Pastikan keadaan tubuh fit sebelum menempuh perjalanan karena perjalanan yang agak menguras energi. Namun itu semua akan terbayar dengan keindahan pemandangan pantai yang masih belum terjamah oleh banyak wisatawan. Tempat wisata pantai memang selalu jadi favorit wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *