Pantai Sepanjang : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta merupakan salah satu Pantai  yang berada di wilayah Gunung Kidul. Pantai  ini juga berjejeran satu sama lain dengan Pantai  lainnya yang jaraknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Sekilas Pantai Sepanjang ini membentang panjang dengan hamparan pasir yang sangat indah serta tidak terlalu jauh dari jalan utama untuk menuju ke Pantai  ini.

Letak dari Pantai Sepanjang ini tepat di daerah Tanjungsari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pantai  ini pun berdekatan sekali dengan Pantai  Kukup, Pantai  Sanglen, Pantai  Watu Kodok, serta Pantai  Drini. Sedangkan jarak dari Pantai  satu ke Pantai  lainnya berkisar antara 1 sampai 8 km.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Sepanjang

Untuk memasuki Pantai Sepanjang ini para pengunjung cukup terjangkau yakni Rp. 10.000 per orangnya. Sedangkan bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua.

Jika ingin mengunjungi Pantai Sepanjang ini sebaiknya datanglah pada sore hari untuk menikmati keindahan alam Pantai  ini. Bagaimana tertarik bukan mengunjungi Pantai  ini untuk menikmati keindahannya. Destinasi wisata pantai masih jadi favorit selain murah juga dapat menikmati keindahannya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sepanjang

Pantai  yang dianggap mirip dengan Pantai  Kuta di Pulau Dewata ini memang banyak sekali peminatnya baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai  yang luas, panjang, dengan hamparan pasir putih yang halus ini membuat Pantai nya mirip dengan Pantai  yang ada di Pulau Dewata.

Baca Juga :   Pantai Ngandong : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Jalanan menuju Pantai  ini sudah bagus, seluruhnya sudah beraspal maka para pengunjung pun bisa membawa kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Pantai Sepanjang ini, terdapat beberapa jalur yang bisa ditempuh. Adapun jalur tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Melalui Daerah Piyungan

Jika melalui daerah piyungan maka bisa ditempuh dari Yogyakarta, Piyungan, Patuk, Wonosari, Jalan Baron, Kemadang, Baron. Setelah itu ada pertigaan lalu ambil kearah timur yakni Pantai  Kukup lalu ambil kearah Pantai Sepanjang.

2. Melalui Piyungan Alternatif Kedua

Untuk menuju Pantai Sepanjang, juga bisa ditempuh melalui rute piyungan alternatif yang kedua. Yakni dimulai dari Yogyakarta, Piyungan, Patuk, Wonosari, Mulo. Setelah itu lalu ambil jalur kiri yakni Tepus, Pantai  Indrayanti, Pantai  Sundak, Pantai  Krakal Dan Terkahir Pantai Sepanjang.

3. Melalui Bantul

Jika dari daerah Bantul, maka jalur yang bisa ditempuh antara lain Yogyakarta, Bantul, Purwosari, Panggang, Saptosari, Pantai  Baron. Setelah itu ambil jalur kiri yakni Pantai  Kukup lalu kemudian ambil ke timur dan akan sampai di Pantai Sepanjang.

Beberapa pilihan rute tersebut memakan waktu yang berbeda-beda, maka dari itu telitilah dalam memilih rute jika ingin mengunjungi tempat ini.

Objek Wisata Yang Ada Di Pantai Sepanjang

Pantai ini mempunyai keindahan alam yang sangat memanjakan mata. Nama sepanjang ini sendiri bukan hanya sekedar nama saja, namun keadaan relief pada Pantai ini memang menggambarkan garis bibir Pantai  yang panjang. Bahkan Pantai  ini diklaim sebagai Pantai  yang mempunyai garis bibir Pantai terpanjang diantara Pantai  yang ada di wilayah Gunung Kidul Yogyakarta. Di Pantai ini para pengunjung bisa menikmati objek wisata yang sangat mengasyikkan diantaranya.

Baca Juga :   Pantai Pasir Putih : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

1. Adanya Gubug-Gubug Di Area Pantai

Pantai Sepanjang sendiri sering dimanfaatkan para pengunjung sebagai spot untuk berfoto dan sering diunggah di media sosial seperti instagram dan yang lainnya. Gubug itu sendiri terletak tepat sekali di bibir Pantai  serta beratapkan daun kering. Selain digunakan untuk spot berfoto gubug ini pun biasa digunakan pengunjung untuk istirahat sejenak atau hanya sekedar tempat untuk menaruh barang bawaan mereka saja.

2. Mempunyai Ombak Yang Tidak Terlalu Besar

Pantai ini mempunyai ombak yang tidak terlalu besar. Saat sedang pasang, Pantai ini tidak terlihat mempunyai batuan karang yang terletak dipinggiran Pantai. Namun jika air ombak sedang surut maka para pengunjung akan melihat keindahan batuan karang yang masih alami serta air laut yang berwarna biru. Hal tersebut menandakan jika Pantai tersebut belum banyak terjamah oleh orang lain jadi terlihat bersih dan bebas dari sampah.

3. Area Perkemahan Yang Mengasyikkan

Salah satu keunggulan Pantai  ini adalah mengajak pengunjung lebih dekat dengan alam. Karena di Pantai ini tidak ada penginapan atau vila yang digunakan untuk menginap. Maka dari itu, jika ingin bermalam di Pantai  ini maka para pengunjung bisa membangun tenda di area Pantai  sambil mengadakan api unggun saat malam hari sambil menikmati suasana Pantai.

Selain belum ada penginapan atau vila, Pantai  ini pun tidak mempunyai warung yang menyediakan olahan kuliner laut. Namun beberapa diantaranya hanya menjual minuman botol serta makanan ringan saja sebagai pilihan untuk melepas dahaga saja. Karena Pantai ini belum menyediakan warung makanan, maka sebaiknya para pengunjung membawa bekal makanan sendiri. Namun harus menjaga kebersihan area Pantai  serta jangan membuang sampah sembarangan.

4. Wisata Susur Pantai Sepanjang Yang Menarik

Pantai Sepanjang sendiri terkenal dengan keindahan Pantai nya yang sangat menyejukkan dan membuat nyaman bagi siapa saja yang mengunjunginya. Selain itu Pantai Sepanjang ini pun sangat bersih sekali sehingga sangat cocok untuk melakukan berbagai macam kegiatan wisata menyusuri Pantai. Indahnya pasir putih serta panorama laut menjadikan kegiatan berlibur di Pantai  ini bersama keluarga maupun teman akan semakin berwarna.

Baca Juga :   Pantai Cilacap: Rute Ke Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pantai Sepanjang ini pun belum dilengkapi dengan persewaan seperti payung Pantai, sepeda, dan lain sebagainya. Namun meskipun demikian Pantai  ini sering dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara meski fasilitas yang ditawarkan belum terlalu lengkap seperti Pantai  yang lainnya. Salah satu alasan yang membuat Pantai  ini disukai wisatawan antara lain karena Pantai Sepanjang ini masih asri serta areanya masih bersih.

5. Hamparan Pasir Putih Yang Sangat Cocok Untuk Dijadikan Background Foto

Hamparan pasir putih yang terdapat di Pantai Sepanjang ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan background foto. Dengan begitu, maka hasil jepretan pun akan semakin cantik karena background tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang sangat bagus, maka cobalah menghadap ke sinar matahari dan hindari memotret sinar matahari secara langsung. Dengan begitu maka hasil jepretan pun akan semakin cantik.

Pantai Sepanjang ini pun sering kali dikaitkan dengan Pantai  Kuta di Bali, dan masyarakat sekitar sendiri sering menyebutnya dengan sebutan Pantai  Kuta tempo dulu di Yogyakarta. Karena suasana di Pantai Sepanjang ini memang seperti di Pantai  Kuta Bali yang sangat terkenal. Hamparan pasir putih di Pantai  ini pun memanjang dengan ombak yang tidak begitu besar.

Itulah beberapa hal mengenai Pantai  semanggi. Meskipun belum mempunyai fasilitas yang memadai, fasilitas standart sudah ada di area Pantai Sepanjang. Yakni seperti halnya mushola, toilet, serta area parkir yang cukup luas. Apabila sudah merasa puas mengelilingi kawasan Pantai Sepanjang ini, maka bisa melanjutkan mengunjungi Pantai  Krakal atau Pantai  Sundak yang tak kalah indahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *