Pantai Slili : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Siapa yang tak kenal dengan Pantai Slili. Pantai mungil yang terletak diantara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan ini dipisahkan oleh dua buah bukit. Jika ingin singgah di Pantai ini maka dalam perjalanan menyusuri Pantai jogja ini akan menyaksikan bebatuan karang yang mendominasi Pantai tersebut. selain itu di Pantai ini pun para pengunjung akan menemukan sebuah pulau kecil dengan lorong dibagian bawahnya.

Meskipun Pantai ini terbilang kecil, namun Pantai ini tidak akan mengecewakan para pengunjungnya. Suasananya yang sangat tenang dan bersih serta deburan ombaknya yang terhadang karang yang melindungi sekitar Pantai dapat memecah kesunyian. Hal tersebut sangat cocok sekali bagi yang ingin menenangkan pikiran dari hiruk pikuk keramaian kota.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Slili

Untuk bisa menikmati nyamannya Pantai mungil ini para pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Harga tiket tersebut sudah termasuk kedalam biaya untuk masuk ke 9 Pantai lainnya yakni Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sundak, Pantai Krakal, serta Pantai Indrayanti.

Selain itu harga tiket masuk tersebut sudah termasuk kedalam biaya asuransi sebesar Rp. 500. Untuk memasuki Pantai ini pun terdapat biaya tambahan bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Rute Menuju Pantai Slili

Dengan jarak sekitar 80 km dari Jogja, maka perjalanan ke Pantai Slili membutuhkan waktu antara 2 sampai 3 jam untuk sampai ke tempat ini. Sebenarnya tidak dibutuhkan denah khusus untuk menuju ke Pantai ini. Namun bagi mereka yang masih asing dengan wilayah Gunung Kidul tidak ada salahnya untuk senantiasa mengantongi samartphone sebagai petunjuk arah.

Rute yang harus dilalui oleh wisatawan sendiri jika ingin berkunjung ke Pantai ini, baik yang berangkat dari Jogja maupun dari Solo sama saja yakni melewati Wonosari. Setelah sampai di Wonosari terdapat dua jalur yang bisa ditempuh. Yang pertama menuju Tepus dan dilanjutkan ke Indrayanati, Sundak serta Krakal, setelah itu kemudian tiba di Pantai Slili.

Dan rute kedua setelah Wonosari bisa mencari jalan ke Baron. Setelah itu tiba dipertigaan TPR Pantai Baron, lalu pilihlah jalan yang berbelok ke kiri dengan rute menuju Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, dan berlanjut ke Pantai Drini, Pantai Sarangan serta yang terakhir Pantai Krakal sebelum sampai di tempat tujuan.

Objek Wisata Di Pantai Slili

Di Pantai Slili sendiri terdapat banyak sekali objek wisata yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Objek wisata tersebut tentunya akan menambah asyik liburan di Pantai ini. Dengan melakukan kegiatan di beberapa objek wisata di Pantai ini, maka para pengunjung pun akan senantiasa terasa betah. Adapun objek wisata yang bisa dilakukan di Pantai  ini antara lain:

1. Menikmati Indahnya Pantai Slili

Seperti halnya aktivitas Pantai pada umumnya, di Pantai Slili ini bisa melakukan bermain air di bibir Pantai, berfoto, menikmati keindahan Pantai, membeli makanan atau hanya sekedar bersantai saja. Di Pantai ini juga disediakan gazebo untuk bersantai dan warung makanan yang menyediakan berbagai macam olahan laut dan udang khas dari Pantai Slili.

2. Mendaki Bukit

Jika berani, maka para pengunjung bisa naik keatas bukit kobengan yang terletak disebelah timur Pantai Slili. Untuk mendaki bukit tersebut sudah disediakan jalan setapak yang menanjak serta lumayan sulit untuk dilalui. Namun jika sudah sampai dari atas bukit sana akan terlihat pemandangan Pantai yang akan jauh lebih indah.

Para pengunjung bisa melihat seluruh pemandangan Pantai ini dari ketinggian. Selain itu akan terlihat garis Pantai Krakal dan Sadranan serta birunya laut selatan dengan gelombang ombaknya yang besar dan indah.

3. Menangkap Udang

Jika datang ke Pantai Slili pada saat musim kemarau, maka tidak ada salahnya jika ikut menangkap udang yang ada disela-sela batu karang. Karena saat musim kemarau tersebut Pantai ini ditumbuhi rumput laut yang menjadi tempat bersembunyi atau terdamparnya udang, ikan serta kerang.

Warga sekitar Pantai Slili pun dapat rejeki tambahan dengan mencari rumput laut serta kerang untuk dijual kembali. Sementara jika musim penghujan tiba, warga sekitar pun memaksimalkan profesinya sebagai petani.

4. Tradisi Pesta Laut

Di Pantai Slili sendiri terdapat sebuah tradisi pesat laut setiap tahunnya. Pesta tersebut sering disebut dengan sadranan atau nyadran. Tradisi ini dilakukan dengan harapan agar warga sekitar mendapatkan keselamatan serta memperoleh hasil panen yang berlimpah. Biasanya warga sekitar menyiapkan sajian-sajian seperti nasi tumpeng yang lengkap dengan lauknya.

Selain itu sajian tersebut juga dilengkapi dengan ayam jago, lendang hijau yang ditambah dengan aneka buah-buahan yang tersedia disana. Kemudian mereka pun naik kapal yang akan menuju ke tengah laut untuk menghanyutkan sajian-sajian tersebut. biasanya acara tersebut dilaksanakan menurut perhitungan jawa yakni tepat pada hari minggu pahing.

5. Menikmati Indahnya Sunset Di Sore Hari

Seperti halnya di Pantai lainnya, Pantai Slili juga mempunyai pemandangan yang sangat indah saat matahari terbenam. Bahkan tak sedikit para pengunjung yang berkumpul di bibir Pantai untuk menikmati indahnya matahari tenggelam di Pantai ini.

6. Tempat Snorkeling Yang Mengasyikkan

Bagi para penggemar snorkeling maka Pantai ini merupakan Pantai yang sangat cocok sekali. Para pengunjung dapat menyewa paket snorkeling berupa peralatan sekaligus pemandu yang akan mengantarkan wisatawan ke spot-spot foto  yang mempunyai taman laut yang sangat indah.

Di Pantai ini terdapat banyak sekali spot untuk aktivitas snorkeling, karena lokasi Pantai ini dekat sekali dengan Pantai Sadranan yang dikenal mempunyai terumbu kerang yang masih alami. Selain itu keanekaragaman ikan serta habitat laut lainnya yang sangat menawan. Hanya saja, aktivitas dari snorkeling ini sendiri baru dapat dilakukan di Pantai ini saat laut dalam keadaan tenang.

7. Mempunyai Air Laut Yang Sangat Jernih

Pantai ini mempunyai objek wisata air lautnya yang sangat jernih. Selain itu, Pantai ini pun mempunyai ombak yang sedang bahkan terkadang hanya berupa riak-riak gelombang saja. hal tersebut karena gulungan ombak yang tinggi dan besar sudah terlebih dahulu dihadang oleh bukit-bukit karang yang ada ditengah-tengah perairan.

Dengan ombak yang kadang sedang bahkan terkadang kecil, hal tersebut membuat wisatawan dapat mandi serta berenang di kawasan Pantai ini dengan aman. Hal tersebut bisa dilakukan jika tidak melebihi batas dari area yang telah ditentukan oleh pengelola Pantai Slili.

8. Objek Wisata Yang Masih Asri Dan Alami

Pantai ini merupakan sebuah Pantai yang mempunyai keadaan yang masih asri dan alami. Hal tersebut karena Pantai ini masih jarang di kunjungi oleh para wisatawan. Di Pantai ini, maka para pengunjung akan menikmati deburan ombak serta hembusan angin laut di kawasan Pantai tanpa harus terganggu oleh suara bising.

Itulah beberapa hal mengenai Pantai Slili. Menikmati saat-saat liburan yang seru di Pantai Slili bersama keluarga atau teman dengan segala keindahan dan segala daya tariknya pun sangat menyenangkan sekali. Dan jangan lupa juga untuk mengunjungi Pantai-Pantai yang ada di Jogja, karena keindahannya pun tidak kalah menarik dengan Pantai Slili sendiri. seperti halnya di Pantai Slili yang terdapat batu karang yang sangat bagus untuk dijadikan spot berfoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *