Pantai Sodong : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Kota Cilacap memang banyak menyimpan keindahan alamnya. Letak wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Lautan Samudera Hindia menjadikan  kota ini memiliki banyak pantai yang indah. Salah satu nya adalah Pantai Sodong. Terletak di Desa Karang Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap ini menyimpan banyak keindahan lautnya. Warga sekitar menyebutnya dengan nama Pantai Selok. Karena pantai ini berdekatan dengan Perbukitan Selok (Gunung Srandil).

Pantai Sodong terletak tepat dibalik Gunung Srandil. Keindahan yang disuguhkan oleh pantai ini sangatlah menawan karena letaknya yang ada di balik pegunungan ini. Suasana pantai yang dikelilingi tebing-tebing tinggi yang berjajar memanjang serta pohon-pohon cemara yang tumbuh disekitaran pantai. Menjadikan kita berada di negeri dogeng saat berkunjung ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sodong

Untuk masuk ke lokasi pantai, kita harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan tidaklah mahal cukup dengan membayar tiket seharga Rp 5000,00 saja kita sudah dapat masuk dan menikmati keindahan alam Pantai Sodong.

Namun untuk menggunakan fasilitas yang tersedia didalam pantai, seperti menyewa tempat duduk, menggunakan ayunan kita akan dimintai biaya sewa sebesar Rp 5000,00. Kenapa fasilitas tersebut berbayar? Karena yang menyediakan fasilitas didalam Pantai Sodong ini bukanlah Pemerintah Daerah melainkan swadaya dari masyarakat setempat.

Namun harga tersebut tidaklah mahal mengingat akan ada banyak keindahan serta kegiatan-kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di tempat ini. Warga setempat pun selalu menjaga kebersihan pantai, sehingga membuat para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sodong

Apabila ingin berkunjung ke Pantai Sodong melalui Kecamatan Adipala kita cukup menempuh perjalan sekitar20 menit saja menggunaka kendaraan roda dua atau empat. Namun bila kita berangkat dari pusat Kota Cilacap, rute yang harus dilalui akan lebih lama sekitar 30 sampai 40 menit perjalanan.

Untuk menuju lokasi pantai dari Kota Cilacap kita harus menuju Kecamatan Adipala terlebih dahulu. Jalan terus hingga masuk ke Kecamatan Adipala, selanjutnya setelah sampai di Bangjo Terminal Adipala, ambil jalan menuju arah jalan Srandil. Lurus saja hingga kita memasuki daerah Desa Wisata Karangbenda. Setelah itu ikutilah jalan utama sampai tiba di lokasi Pantai Sodong.

Saat mendekati lokasi kita akan disambut oleh barisan pohon kelapa yang berjajar rapi. Selain itu kita juga akan melihat deretan pohon cemara yang tertanam rapi dimana ini menjadi tanda bahwa kita telah sampai di Pantai Sodong.

Obyek Wisata Yang Ada di Pantai Sodong

Letak pantai yang  berada di dekat daerah laut lepas Samudra Hindia inilah yang menjadikan kondisi sekitaran pantai menjadi sangat tidak biasa. Selain itu pantai ini juga memiliki beberapa obyek wisatanya  yang menarik.  berikut beberapa obyek wisata yang tersedia di Pantai Sodong yang bisa kita lakukan saat berlibur kesana:

1. Bukit Srandil

Pantai Sodong yang terletak di balik pegunungan Sragil memang menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai ini. Udara pegunungan yang sejuk berbaur dengan deburan ombak pantai menjadikan suasana semakin eksotis dan indah. Saat berkunjung ke pantai ini, kita dapat dengan mudah melihat Gunung Srandil dari garis pantai. Atau bagi yang suka berpetualang, kita juga bisa berjalan kaki menuju bukit sembari menikmati pantai dari atas bukit.

2. Jajaran Tebing

Spot yang satu ini banyak menjadi incaran para wisatawan. Keeksotisan tebing yang menjulang tinggi disekitaran pantai menjadikan suasana pantai lebih menawan. Dengan adanya jajaran tebing ini para wisatawan yang datang bisa berfoto dan mengambil momen tepat di bawah tebing. Hasil foto yang didapatkan akan nampak seperti kita sedang berada di negeri dongeng. Sungguh indah.

3. Pohon Cemara

Selain jajaran tebing dan perbukitan, di Pantai Sodong juga terdapat puluhan pohon cemara yang sengaja ditanam oleh warga setempat. Deretan pohon cemara yang tertata rapi ini menjadi daya tari tersendiri bagi pantai ini. Keasrian pohon menjadikan udara disekitaran pantai menjadi sejuk. Keberadaan pohon cemara menjadikan pantai sejuk dan bebas polusi. Ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin merelaksasi diri.

4. Motor APV

Kondisi pantai yang dikelilingi perbukitan dan tebing-tebing tinggi menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk offroad. Bagi pecinta adventure tentu ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Terlebih lagi kita bisa menikmati pantai dengan cara yang berbeda. Lokasinya yang berada di dekat tebing-tebing dan pepohonan cemara, akan menjadikan kegiatan offroad lebih menarik.

Di Pantai Sodong tersedia penyewaan motor APV bagi yang ingin beradventure. Cukup dengan membayar Rp 50.000,00 saja kita sudah bisa mengelilingi pantai menggunakan motor APV. Ini akan menjadi pengelaman yang menyenangkan bagi wisatawan yang baru pertama kali mengendarai motor jenis APV.

5. Berkuda

Selain tersedianya fasilitas adventure seperti motor APV. Di pantai Sodong juga terdapat beberapa ekor kuda yang disewakan. Warga setempat sengaja membawa kuda-kuda peliharaan mereka ke tempat ini agar para wisatawan dapat mencoba sensasi berkuda di pinggir pantai. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang terlupakan. Terlebih bagi kita yang memang menyukai olahraga berkuda ini.

Jangan khawatir bagi yang belum bisa berkuda, sang pemilik akan mengiringi kita selama berkeliling. Kita tetap akan bisa merasakan sensasi menarik berkuda di pinggir bibir pantai meskipun belum mahir berkuda. berkuda juga dapat menjadi edukasi alami bagi putra-putri kita. Sambil menikmati udara sejuk khas pegunungan dan pantai tentu ini akan sangat menyenangkan.

6. Kolam Renang

Bagi wisatawan yang berlibur ke Pantai Sodong dengan mengajak anak-anak akan dimanjakan dengan kolam renang buatan yang tersedia disini. Jadi tidak perlu khawatir anak akan terseret ombak ketika berenang di pantai. Karena ombak ditempat ini yang terkenal besar di hari-hari tertentu maka tentu akan membuat khawatir orangtua yang membawa anaknya ke tempat ini. Kolam renang yang ada di pantai ini menjadikan kegiatan berenang kita lebih berkesan.

7. Pasir Putih

Selain terdapat deretan tebing dan bukitnya yang indah, pasir di Pantai Sodong pun terkenal dengan keindahannya. Pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai menjadikan tempat ini nyaman untuk dijadikan arena bermain anak. Mulai dari membuat rumah pasir, hingga berjemur diatas pasir putih sangat bisa dilakukan. Tentunya kebersihan pasir menjadi faktor utama keindahan dari pasir putih yang ada di sini.

Itulah beberapa obyek wisata yang dapat dikunjungi saat kita berkunjung ke Pantai Sodong. Ada baiknya berkunjung saat ombak tenang, sebab pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Namun keindahan pasir putih dan deretan tebing yang ada di sekitar pantai menjadikan suasana di tempat ini lebih indah dan menarik. Tidak lupa juga, saat berkunjung ke pantai sebaiknya kita menjaga kebersihan dan kelestarian ekosistem laut. Dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena kebersihan adalah kunci utama terjaga ekosistem yang telah ada di pantai. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *