Pantai Suwuk : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

4 min read

Kabupaten Kebumen merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki Pantai cukup terkenal. Bernama Pantai Suwuk, yang banyak memiliki daya pikat untuk dikunjungi. Pantai ini merupakan destinasi favorit untuk wisata keluarga. Berikut ulasan mengenai Pantai Suwuk yang berada di Kebumen, Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk

Untuk memasuki area Pantai Suwuk ini pengunjung dikenakan biaya yang sangat murah sekali. Tiket yang terjangkau ini membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 4.500 saja untuk orang dewasa. Bagi pengunjung balita atau anak di bawah usia 5 tahun dikenakan tarif sebesar Rp 2.500.

Harga tiket masuk dengan nominal tersebut terbilang sangat terjangkau sekali. Hal ini disebabkan hanya dengan sekali membayar tiket masuk, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Pantai Suwuk tidak disediakan payung yang biasa ada di pantai lain untuk melindungi dari terik matahari. Namun banyak pepohan mampu menghalau panas dan terik.

Sangat disarankan pengunjung untuk datang datang pada hari kerja atau saat weekdays, karena tidak banyak orang yang datang. Suasana pantai akan lebih sepi dan nyaman dibanding pada hari libur atau weekend. Apalagi ketika musim mudik lebaran tiba, pantai ini akan sangat penuh pengunjung yang datang bersama sanak saudaranya.

Rute Menuju Pantai Suwuk

Pantai Suwuk ini letaknya di dusun Suwuk Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kebumen. Lebih tepatnya Pantai ini berada di selatan Kota Gombong. Dari Kota Gombong kira-kira jaraknya sekitar 22 kilometer. Waktu tempuh dari Gombong menuju Pantai Suwuk sekitar 35 menit saja.

Sementara itu pengunjung yang berangkat dari pusat kota Kebumen, jarak untuk menuju pantai ini sekitar 50 kilometer. Waktu perjalanan yang harus ditempuh kira-kira selama 1,5 jam. Pengunjung dapat memakai kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk sampai ke pantai ini.

Baca Juga :   Pantai Ngalur : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Jika memutuskan untuk naik kendaraan umum, bisa berangkat melalui Terminal Kebumen. Lain halnya jika pengunjung datang atau berasal dari arah timur. Bagi pengunjung yang datang dari arah timur dan kebetulan melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendles dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju Pantai Suwuk.

Untuk sampai ke Pantai ini pengunjung dapat menggunakan transportasi apapun dengan mudah dan sangat terjangkau. Hal tersebut didukung dengan akses jalan yang memadai dan gampang dilewati karena letaknya yang juga strategis. Datang beramai-ramai dengan rekan dan kerabat pasti lebih menyenangkan.

Objek Wisata Yang Bisa Dinikmati Di Pantai Suwuk

Pantai Suwuk yang berlokasi di Kebumen menawarkan beberapa objek wisata yang bisa dinikmati pengunjung. Pantai yang dikenal tidak pernah sepi pengunjung saat liburan ini menjadi destinasi favorit untuk liburan keluarga. Berikut wisata apa saja yang bisa dinikmati pengunjung:

1. Menyusuri Sungai Telomoyo

Pada pintu masuk Pantai Suwuk, coba liat sebelah kanan terdapat sebuah sungai bernama Telomoyo yang juga banyak diminati pengunjung. Sungai ini bermuara di muara Suwuk yang memisahkan Pantai Suwuk di Kebumen dan Karangbolong. Wisatawan bisa memakai jasa sewa perahu yang disediakan pengelola untuk menyusuri sungai dengan membayar Rp 25.000 saja.

Menyusuri sungai Telomoyo sangat menyenangkan karena gelombangnya yang cukup bersahabat. Pemandangan yang ditawarkan juga sangat menarik dan indah. Tidak jarang tempat ini dijadikan pengunjung atau warga setempat untuk memancing. Sungai ini memang dikenal dengan banyaknya ikan air tawar yang hidup di area sungai.

2. Dilengkapi Dengan Kebun Binatang Kecil

Objek wisata lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung adalah sebuah kebun binatang kecil serta sarana bermain outbond. Bahkan telah dilengkapi dengan wahana permainan anak-anak. Hal ini yang menyebabkan Pantai Suwuk merupakan destinasi yang cocok untuk rekreasi keluarga dan anak.

Baca Juga :   Pantai Sepanjang : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3. Pemandangan Bukit Kapur

Sepanjang barat pantai terdapat deretan bukit kapur yang sangat indah. Jejeran bukit tersebut membentang dari arah utara hingga bagian selatan. Bukit kapur tersebut terlihat sangat kokoh namun menyimpan sisi eksotis. Biasanya pengunjung banyak melakukan foto dengan background keindahan bukit kapur tersebut. Jika dari jauh bukit kapur tersebut terlihat mirip gunung salju.

Selain menikmati pemandangan bukit kapur yang menawan, pengunjung juga dapat melihat keindahan Sungai Ulo yang bisa dilihat dari puncak bukit. Keindahan yang ditawarkan sangat apik dengan panorama yang menarik.

4. Mencoba Sensasi Offroad

Ciri khas Pantai Suwuk yaitu pemandangan yang menyerupai padang pasir. Kontur tanah pantai yang mirip padang pasir tersebut begitu luas. Ditambah dengan tanaman pandan serta rumput yang rindang. Seringkali padang pasir tersebut digunakan untuk wisata offroad bagi pengunjung.

Namun wisatawan di himbau untuk berhati-hati dengan kemiringan bibir pantai. Bibir Pantai Suwuk ini mencapai kemiringan yang sangat tajam yaitu hingga mencapai 35 derajat.

5. Menyusuri Pantai Dengan Kuda atau ATV

Pengunjung yang ingin berkeliling pantai, pengelola menyediakan persewaan kuda. Hanya dengan Rp 25.000 wisatawan bisa puas melihat pemandangan yang indah di sekitar pantai dengan naik kuda. Dilengkapi dengan seorang pawang pemandu yang akan menemani dan menjaga kenyamanan pengunjung.

Bagi pengunjung anak-anak, pihak pengelola juga menyewakan ATV. Untuk menyewa ATV tersebut, pengunjung dikenakan tarif sewa sebesar Rp 50.000 untuk 1 jam. Permainan ini sangat disukai oleh anak-anak. Banyak pengunjung yang memanfaatkan fasilitas ini untuk menyenangkan anak-anak mereka.

6. Sensasi Naik Pesawat Garuda Boeing 737

Pengelola Pantai Suwuk juga telah menyediakan objek wisata lain berupa replika pesawat Garuda Boeing 737. Walaupun bukan asli, bangunan ini dibuat semirip mungkin sesuai bentuk nyatanya. Pengunjung dapat berfoto – foto dengan background pesawat tersebut sebagai kenang- kenangan. Tidak jarang juga komunitas fotografi menuangkan hobi mereka di tempat ini.

Di dalam replika pesawat tersebut biasa diputar video 3 dimensi berdurasi 20 menit yang disukai anak-anak. Selain itu disediakan juga ruangan pilot dan co-pilot yang biasa digunakan para pengunjung untuk berfoto selfie. Bagian bawah pesawat juga terdapat kolam renang anak yang bisa digunakan pengunjung terutama anak kecil bermain air sepuasnya.

Baca Juga :   Pantai Teluk Asmara : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

7. Bermain Di Bibir Pantai

Pantai Suwuk dikenal memiliki garis pantai yang sangat panjang serta udara yang sejuk. Bibir pantai merupakan tempat favorit anak-anak ketika berkunjung ke pantai ini. Kebanyakan dari mereka biasa bermain pasir atau melakukan kegiatan olah raga. Misalnya sepak bola, maupun voli pantai yang sangat mengasyikkan.

Hamparan pasir pantai Suwuk ini berwarna hitam. Namun begitu, malah menambah kesan eksotis dari pantai tersebut. Terlebih ketika sore hari pengunjung yang datang semakin ramai. Beberapa wisatawan pun terlihat bermain layang-layang di sepanjang bibir pantai. Suasana menjadi semakin menyenangkan.

8. Wisata Kuliner

Setelah puas mengeksplor dengan menjelajahi pantai dan mencoba beberapa objek wisata yang disediakan, cobalah menikmati aneka sajian kuliner di tempat ini. Banyak jenis olahan makanan maupun minuman lezat yang semua dapat menggugah selera. Sajian yang terkenal disini seperti pecel dan lontong, serta es kelapa hijau.

Jangan lupa peyek yang sangat dicari pengunjung yaitu peyek undur-undur. Selain peyek undur-undur banyak juga jenis peyek lain seperti peyek udang yang cocok dijadikan teman menikmati sajian makan siang wisatawan. Kuliner ini banyak ditawarkan oleh warung-warung yang berjejer di sekitar pantai. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

9. Bersantai Bersama Keluarga Dan Rekan

Bila sudah lelah menyusuri pantai atau kenyang menikmati sajian khas pantai, pengunjung dapat bersantai dengan duduk-duduk. Pengelola telah menyediakan sewa tenda dan tikar dengan tarif sekitar Rp 30.000 per jam. Nikmati bercengkrama dengan keluarga dan rekan sembari bersantai menikmati kesejukan angin pantai serta keindahan pemandangan laut.

Itulah uraian mengenai rute menuju Pantai Suwuk serta harga tiket masuknya. Pantai ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata untuk liburan dengan keluarga atau rekan-rekan. Jika berkunjung ke Kota Kebumen tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *