Pantai Tanjung Lesung : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Daerah pantai tidak selalu identik dengan daerah pedesaan dan pedalaman, Indonesia yang kaya akan keindahan alam mempunyai sebuah pantai yang terletak di Banten yang hanya berjarak 180 km dari ibu kota Jakarta. Pantai Tanjung Lesung menjadi pantai indah diantara keindahan kota Banten yang menyihir.

Pantai ini begitu sangat menarik untuk dijadikan tujuan berwisata saat liburan telah tiba. Terlebih jarak yang tidak begitu jauh dari kota metropolitan, menjadi cocok untuk dijadikan liburan akhir pekan bersama keluarga. Inilah penjelasan lengkap mengenai pesona Pantai Tanjung Lesung Banten:

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung mendapat penamaan oleh posisi geografis dari pantai itu sendiri. Yaitu karena daerah pantai yang menjorok ke arah laut yang menyerupai lesung. Lesung sendiri adalah alat untuk menumbuk padi oleh masyarakat Jawa. Itulah awal mula penamaan dari pantai yang terkenal karena keindahan dan kekayaan biota lautnya.

Berlibur ke pantai ini digratiskan untuk anak-anak balita. Sedangkan untuk orang-orang dewasa dikenakan tarif sebesar Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 40.000 jika musim liburan. Sedangkan untuk biaya parkir di tarif Rp. 5.000 saja. Biaya retribusi ini belum termasuk dengan dengan biaya untuk menaiki setiap wahana dalam pantai.

Rute Menempuh Lokasi Pantai Tanjung Lesung

Menempuh perjalanan 4-5 jam dari Jakarta pantai ini terletak di Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbung Kabupaten Pandeglang Banten. Bertepatan dengan daerah yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pada tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo.

Dengan akses yang mudah di jangkau dan infrastuktur jalan berkualitas baik. Memiliki luas wilayah 1500 ha akan sangat puas untuk menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta.

Beberapa rute bisa dilalui untuk dapat sampai ke lokasi pantai Tanjung Lesung. Perjalanan menuju pantai ini dapat ditempuh melalui Jakarta atau Serang. Berikut rute yang harus dilewati:

1. Melalui Jakarta

Perjalanan menuju pantai yang diawali dari Jakarta dapat ditempuh dalam dua cara. Yang pertama adalah dengan melalui tol Jakarta Merah dan menuju Tol Serang Timur. Setelah itu perjalanan berlanjut ke Serang dan Pandeglang. Kemudian Menuju ke Labuhan dan Sampai Di Pantai Tanjung Lesung.

Untuk cara yang ke dua rute dapat ditempuh dengan melewati Tol Jakarta merak kemudian keluar Tol Cilegon. Kemudian mengarah ke jalur pantai anyar dan ke Carita dan Labuhan.

2. Start Di Serang

Jika melalui kota Serang menuju Pandeglang dan menuju Labuhan. Setelah itu menuju Panimbangan dan sampailah di Tanjung Lesung. Rute ini menjadi rute yang relatif lebih singkat karena hanya menempuh jarak 174.7 km saja.

Objek Wisata Di Pantai Tanjung Lesung

Tidak akan ada habisnya aktivitas yang dapat dilakukan selama dalam wilayah pantai. Banyak kegiatan seru dan menarik harus dicoba untuk semakin menyemarakkan suasana liburan. Mulai dari pagi hari sampai dengan petang tidak akan ada bosannya untuk terus menjelajah Tanjung Lesung. Begitu banyak alasan yang menjadikan pantai ini begitu harus dijadikan destinasi liburan. Hal ini berkaitan dengan pesona pantai yang begitu indah. Berikut ini hal-hal yang dapat dijumpai di tanjung Lesung:

1. Dikelilingi Oleh Hutan Hijau

Pantai yang indah dengan air jernih ini dikelilingi oleh hutan hijau dari pepohonan yang rindang. Ini seakan menambah daya tarik dari sebuah pantai yang ada di kota ujung kulon Banten. Kesejukan pantai bertambah dengan teduhnya pepohonan yang mengayomi. Membuat kenyamanan berada di lokasi pantai tidak akan pernah terusik oleh cuaca yang panas.

2. Hamparan Pasir Putih

Pasir putih bersih menghiasi bibir pantai yang begitu panjang. Terjaga kebersihannya bahkan meskipun memiliki pegunungan yang banyak. Para pengunjung selalu terpukau dan merasa ingin terus datang lagi ke tempat ini.  bersantai di atas pasir putih dengan menikmati sinar matahari dapat dilakukan di waktu pagi dan petang hari.

Matahari merupakan hal yang sangat indah untuk dinikmati ketika berada di pantai. Ketika hari sudah sore jangan buru-buru untuk pulang terlebih dahulu dan sempatkan melihat matahari tenggelam di telan oleh lautan pantai Tanjung lembung.

Sinar keemasan akan memantul dari permukaan laut yang tenang bersama dengan hembusan angin menyejukkan. Kemudian bagi wisatawan yang bermalam di sekitar pantai, berburu matahari terbit adalah cara mengawali hari yang indah disini. Hangat cahaya matahari berwarna jingga akan memenuhi langit Banten. itulah salah satu kegiatan paling menyenangkan saat berada di pantai.

3. Kaya Akan Biota Laut Dan Terumbu Karang

Kekayaan laut dari pantai ini tidak diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan dijadikannya lokasi pantai Tanjung Lesung sebagai daerah konservasi dari terumbu karang. Baik biota laut dan terumbu karang dapat dinikmati dengan cara diving ataupun snorkeling. Kedua kegiatan tersebut dilakukan ditempat yang berbeda.

Bagi yang menyukai olahraga diving menempuh perjalanan 30 menit dari pantai menuju pulau liwungan tidak boleh terlewatkan. Beragam kekayaan dalam laut yang indah menjadi penenang pikiran penat selepas bekerja. Pada Pulau Liwungan kedalam air laut pas sebagai lokasi untuk menyelam. Banyak jenis terumbu karang yang dijumpai di pulau ini tidak dijumpai di pantai lain. Hal ini karena lokasi ini adalah daerah konservasi terumbu karang.

Bagi yang ingin melihat indahnya dalam laut di Tanjung Lesung namun tidak ingin menyelam dapat dilakukan dengan snorkeling. Snorkeling dapat dilakukan di daerah bibir pantai yang memiliki kedalaman air dangkal. Tersedia juga penyewaan alat bagi wisatawan yang tidak membawa sendiri peralatan snorkeling mereka sendiri.

Berbagai jenis ikan yang indah dapat dengan mudah ditemui seakan mengajak menari dalam air pantai Tanjung Lesung. Pengalaman indah melihat harta karun dalam laut membuat memori yang tidak terlupakan saat liburan.Seru-seruan Melakukan Aktivitas Air

4. Seru-seruan Melakukan Aktivitas Air

Banyak aktivitas air yang dapat dilakukan di pantai ini, mulai dari terjun langsung ke air atau dengan menghabiskan waktu di dermaga. Semua kegiatan terasa sangat menyenangkan di dukung oleh suasana pantai yang begitu eksotis.

Kegiatan air yang dapat dilakukan di pantai ini ada beberapa pilihan yang begitu menarik. Para wisatawan dapat menaiki perahu kanoe, dan beberapa wahana air. Wahana air tersebut antara lain adalah banana boat dan jet ski. Serta beramai-ramai bermain voli pantai diatas pasir putih yang begitu bersih.

Di Pantai Tanjung Lesung terdapat dermaga panjang yang sangat cocok untuk duduk bersantai. Dengan memandang keindahan laut lepas atau dengan melakukan kegiatan memancing di dermaga. Hal ini akan sangat mengasyikkan untuk dilakukan ketika hari menjelang sore.

5. Objek Bertemakan Kesenian

Selain menonjolkan alam, ada juga objek wisata yang lebih menitik beratkan pada kesenian yaitu seperti melihat tari api di malam hari. Pada siang hari para pengunjung dapat melihat kegiatan pembuatan patung badak bercula 1 di sekitar pantai. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang cocok untuk edukasi dan pembelajaran bagi anak-anak. Disini adalah pusat pengrajin patung berpusat dan melakukan produksi setiap hatinya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pantai Tanjung Lesung di Banten. tempat wisata yang begitu sempurna untuk dikunjungi saat liburan telah datang. Baik bersama dengan keluarga dan buah hati maupun dengan teman-teman dan orang terkasih. Fasilitas yang memanjakan semakin membuat pengunjung semakin nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *