Pantai Teluk Asmara : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Teluk Asmara

Pantai masih menjadi pilihan favorit wisatawan untuk berlibur. Banyak yang memilih berlibur ke pulau Jawa. Kabupaten Malang, Jawa Timur, memiliki keindahan pantai yang telah dikenal luas. Saat ini yang menjadi sorotan karena keindahan alamnya adalah Pantai Teluk Asmara (Asmoro).

Wisatawan yang ingin mengisi liburannya bersama keluarga, patut mencoba datang ke pantai ini. Dimana mata akan dimanjakan dengan teluk-teluk yang mengelilingi pantai. Serta pasir putih membentang dengan luasnya dan gulungan ombak yang mempesona. Tentu wisatawan akan merasa betah untuk menghabiskan waktu lama sekedar untuk bermain air, berenang ataupun bersantai ria.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Asmara

Wisatawan yang berniat berwisata ke Pantai Teluk Asmara pihak pengelola wisata telah menentukan biaya retribusi. Dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang. Ada biaya tambahan parkir, untuk yang membawa kendaraan untuk mobil sebesar Rp. 10.000,- dan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 5.000,-.

Pantai ini belum lama diresmikan sebagai tempat wisata, sehingga belum terlalu banyak fasilitas. Tetapi fasilitas seperti toilet, mushola dan penginapan sedang dalam tahap pembangunan. Restroan ataupun tempat makan juga sedang dalam tahap perundingan akan dibangun, tentunya semua itu dilakukan agar menarik minat wisatawan lebih banyak lagi.

Tetapi ada beberapa gua kecil yang unik sebagai tempat berteduh selain gazebo. Dibuka selama 24 jam nonstop. Petugas operasional tiket akan standby sekitar jam 7 pagi. Objek wisata pantai yang indah ini bisa dinikmati kapanpun tiada batasan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Teluk Asmara

Pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wisata dengan keindahan alam yang menakjubkan ini berada sekitar 73 kilometer ke arah selatan Kota Malang. Ada da jalur yang saat dilewati untuk menuju ke pantai Teluk Asmara.

Baca Juga :   Pantai Teluk Asmoro : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Jika melalui Kepanjen, wiatawan dapat melewati rute awal melalui Desa Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco. Akan dijumpai perempatan saat menuju ke arah Belekambang. Saat itu pilih lajur kiri menuju Pantai Goa Cina. Lalu, terus berjalan ke arah utara menuju kota malang. Setelah berjalan kurang lebih 1 km, akan terlihat gerbang yang menunjukan lokasi Pantai Teluk Asmara, di sebelah kanan jalan. Sekitar 1,5 km dari pintu gerbang untuk sampai ke Pantai Teluk Asmara.

Berbeda jika melewati Turen. Jika memilih rute ini, saat di pabrik Gula Krebet, beloklah ke kiri. Setelah itu akan ada papan petunjuk jalan ke arah Sendang Biru. Teruskan perjalanan sampai ke Kecamatan Sumbermajing Wetan. Dengan perjalanan sekitar 8 km, akan terlihat persimpangan menuju arah Sendang Biru. Beloklah ke arah Goa Cina, lalu ikuti rute selanjutnya yang tidak berbeda dari arah Kepanjen.

Lokasi menuju pantai terbilang panjang, karenanya tidak ada kendaraan umum yang bisa menjangkau. Jadi saat berniat berwisata ke Pantai Teluk Asmara harus menggunakan kendaraan pribadi.

Objek Wisata Di Sekitar Favorit Di Pantai Teluk Asmara

Jika sudah tiba di Pantai Teluk Asmara. Wisatawan akan dibuat tidak sabar untuk bermain dengan ombak dan melihat sendiri keindahan serta keragaman yang nampak di darat maupun dunia bawah laut. Kondisi geografis yang ada disini, menjadi keunggulan karena semua tampak terlihat indah dan menawan. Sudah lumayan banyak objek wisata yang ada di sini, walaupun pantai ini termasuk wisata baru. Berikut objek wisata di Pantai Teluk Asmara yang wajib dikunjungi:

1. Berenang

Tentu salah satu niat awal orang yang datang ke pantai adalah berenang, tetapi banyak kenyataannya akhirnya wisatawan lebih memilih berfoto ataupun bersantai ria setelah sampai di pantai karena melihat air yang kotor atau panas terik yang menakutkan. Hal itu tidak akan terjadi jika datang ke Pantai Teluk Asmara.

Baca Juga :   Pantai Gemah : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket

Pantai yang mendapat julukan Raja Ampatnya Jawa ini, memang memiliki suasana seperti di Raja Ampat. Bibir pantai yang tertutup pulau-pulau kecil sehingga membuat ombak yang sampai ke bibir pantai cukup tenang. Sehingga sangat cocok untuk berenang. Warna air lautnya yang biru jernih membuat siapapun pasti tergiur untuk langsung berenang.

2. Gazebo Atau Goa

Tentu tidak berbeda dengan pantai lainnya disini juga disediakan gazebo untuk dijadikan tempat berteduh dan juga bersantai. Ada hal unik dengan Pantai Teluk Asmara ini, akan ada goa-goa kecil yang terlihat, jelas membuat wisatawan tertarik perhatiannya. Goa ini selain dapat dijadikan tempat berteduh, tentu menjadi objek wisata dengan daya tarik tersendiri di pantai ini.

Goa disini cukup lebar walaupun tidak terlalu panjang. Terdapat beberapa stalaktit yang sebagian sudah mati menambah keindahan gua. Sangat cocok sebagai tempat berlindung terik matahari sembari bersantai menikmati keindahannya. Dijamin wisatawan akan dibuat nyaman berada di gua ini.

3. Snorkeling

Pantai Teluk Asmara walaupun berada di daerah pesisir Selatan pulau Jawa memiliki arus relatif lebih tenang. Berbeda dengan beberapa pantai di Selat Jawa yang berombak cukup besar. Tentunya dengan keadaan air yang seperti ini membuat wisatawan dapat menikmati pemandangan laut Teluk Asmara.

Didukung dengan air lautnya yang tenang dan juga alami serta jernih. Jelas hal ini sangat cocok untuk wisatawan yang gemar snorkeling. Pemandangan dari berbagai macam biota lat dan terumbu karang tentu akan dapat dinikmati dengan puas saat bersnorkeling di pantai ini.

4. Gugusan Pulau Membentuk Tanda Love

Orang pasti sudah sedikit menebah apakah ada kaitan nama dengan keadaan di lokasi pantai. Jelas itu ada, karena nama Teluk Asmara bukanlah sekedar nama biasa. Gugusan pulau-pulau yang ada di pantai Teluk Asmara akan terlihat membentuk sebuah tanda cinta jika dilihat dari ketinggian. Jelas tanda cinta tersebut identik dengan asmara.

Baca Juga :   Pantai Wonosari : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pulau-pulau kecil yang ada di pantai ini, tentu mengingatkan wisatawan kepada wisata Raja Ampat yang telah tersohor sampai ke wisatawan mancanegara. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari pantai Teluk Asmara.

5. Berkemah

Tentu keindahan pantai Teluk Asmara tidak diragukan lagi. Untuk itu, jika wisatawan berkeinginan menikmati keindahan alam disini dalam waktu yang lebih lama, kegiatan berkemahlah jawabannya. Pihak pantai pun tidak melarang kegiatan berkemah. Banyak sekali spot yang begitu cocok jika dijadikan tempat berkemah.

Sangat dianjurkan membawa peralatan berkemah dari rumah, karena pihak pantai tidak menyediakan ataupun menyewakan perlengkapan itu. Tentunya sangat di himbau untuk selalu menjaga kebersihan pantai, apa lagi saat berada lama disana. Jangan lupa meminta ijin ke pihak pantai sekaligus meminta saran tempat yang aman untuk berkemah.

6. Melihat Sunset

Objek wisata yang selalu digandrungi wisatawan adalah fenomena sunset yang indah memukau mata. Di pantai Teluk Asmara sendiri memiliki sunset yang sangat berbeda dengan pantai lainnya. Fenomena yang sangat dinantikan oleh wisatawan ini, akan sangat unik, berbeda dan menakjubkan.

Hal tersebut karena pantai ini memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang membuat pemandangan jelas berbeda. Siluet dari gugusan pulau kecil akan membentuk sebuah garis yang keindahannya sangat memukau walau dilihat dengan telanjang mata.

Itulah info mengenai harga tiket, rute menuju lokasi serta objek wisata yang wajib dikunjungi wisatawan. Pantai Teluk Asmara memang masih tergolong wisata baru, tetapi begitu banyak keindahan yang disuguhkan. Tidak menutup kemungkinan Pantai ini akan sepopuler Raja Ampat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *