Pantai Tiga Warna : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Perkembangan teknologi membuat masyarakat cepat mengetahui semua hal. Termasuk wisata pantai dalam negeri dan luar negeri, namun menikmati wisata pantai tidak perlu sampai ke luar negeri karena di Malang ada objek wisata pantai yang unik dan lain dari pantai lain yaitu Pantai Tiga warna yang berada di Pedukuhan Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Malang.

Pantai Tiga Warna mampu menghipnotis pengunjung karena memiliki tiga warna air yang berbeda meskipun dalam satu kawasan. Warna-warnanya adalah warna merah muda, hijau dan biru, perbedaan warna dihasilkan akibat kedalaman laut yang berbeda dan dibantu dengan pembiasan warna dari sinar matahari. Pantai yang unik ini berada di wilayah konservasi sekaligus tempat wisata yang dikelola Bhakti Alam dengan anggota masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna memang objek wisata yang mengedepankan kenyamanan untuk semua kalangan. Hal itu dibuktikan dengan harga tiket masuknya yang terjangkau, seperti tiket Individu sekitar Rp. 7000 per orang atau cukup menyerahkan 1 pohon bakau. Hal itu karena Pantai Tiga Warna juga menyadari pentingnya pohon bakau yang dapat ditanam di area Pantai Tiga Warna.

Sementara untuk biaya camping sekitar Rp. 26.000 per orang, biaya Guide (jasa pemandu) sekitar Rp. 100.000 per rombongan, tiket rombongan Rp. 300.000 per rombongan lengkap dengan tiket masuk untuk 10 orang dan guide, bahkan penyewaan alat snorkeling juga terjangkau hanya dibandrol Rp. 15.000.

Sangat disayangkan jika berkunjung ke Pantai Tiga Warna tidak mengajak seluruh keluarga dan teman kerja, untuk itu disarankan berkunjung secara rombongan agar sempurna menikmati panorama pantai bersama orang tercinta.

Rute Menuju Pantai Tiga Warna

Pengunjung yang datang dari pusat kota Malang cukup mudah karena dapat mengikuti penunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang, Kecamatan Turen, Kecamatan SumberManjing Wetan dan Pantai Sendangbiru. Setelah sampai di Pantai Sendang Biru, banyak dijumpai papan penunjuk arah kemudian mengikuti penunjuk arah menuju Clungup Mangrove Conservation.

Dari pintu masuk Clungup Mangrov Conservation, pengunjung akan melalui medan yang sempit namun dapat ditempuh dengan sepeda motor. Perjalanan menggunakan sepeda motor ini biasanya kalangan remaja maupun pekerja kantoran yang tidak membawa anak-anak. Sementara untuk pengendara mobil, mobil harus di parkir sekitar 1 km sebelum masuk Clungup Mangrove Conservation dengan dilanjutkan berjalan kaki dan tidak lama akan menjumpai pintu gerbang Pantai Tiga Warna.

Objek Wisata Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna ini cocok untuk kalangan remaja yang menyukai wisata unik. Terlebih lagi tatkala berkunjung ke objek wisata Pantai Tiga Warna diselingi pekerjaan, seperti youtuber agar akun ramai pengunjung. Tentunya berwisata akan sangat berkesan. Untuk itu dibawah ini ada beragam objek wisata yang wajib dicoba, diantaranya adalah:

1. Pemandangan Indah Pantai Tiga Warna

Pengunjung wajib mempersiapkan dan mengetahui informasi tatkala berkunjung ke Pantai Tiga Warna. Hal itu karena jumlah pengunjung dibatasi 100 visitor setiap harinya agar kenyamanan dan kebersihan pantai tetap terjaga. Bahkan setelah sampai di pos Clungup harus melaporkan menyebutkan nama dan kode yang diberikan saat reservasi sebelumnya.

Pengunjung bebas menikmati panorama 3 warna yang menawan dilengkapi dengan hijau dan rindangnya pepohonan di area tepi pantai. Pantai 3 warna di Malang ini masih fresh sehingga pasirnya sangat lembut dan airnya yang sangat jernih. Hal itu memberikan kesan mendalam pada pengunjung karena melihat perbedaan 3 warna air pantai dengan mata telanjang.

2. Trekking Atau Mendaki

Inilah yang dimaksud biaya Rp. 100.000 untuk menyewa guide. Biaya itu berguna untuk penuntun pengunjung menjelajahi kawasan Pantai Tiga Warna dan kawasan konservasi hutan mangrove. Dengan begitu pengunjung tidak akan ragu arah dan takut tersesat, bahkan pengunjung bisa fokus mengabadikan perjalanan melalui foto dan video.

Tentunya pengalaman indah itu dapat dibagikan ke akun media sosial pribadi, untuk profesi freelancer seperti Youtuber, kegiatan ini cocok dicoba agar Youtubenya semakin ramai dikunjungi.

3. Berkemah Di Pantai

Mengunjungi objek wisata Pantai Tiga Warna harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Untuk itu berkemah dan bermalam di pantai menjadi kegiatan tak terlupakan dan langka, terlebih lagi pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda di pantai. Bahkan untuk pengunjung yang tidak membawa tenda dapat menyewa tenda sekitar Rp. 25.000 per malam dan menambah Rp. 25.000 lagi untuk sewa lahan.

Kegiatan berkemah di tepi pantai memberikan kesan mendalam dan asri. Terlebih lagi untuk pengunjung yang setiap harinya disibukkan berbagai pekerjaan yang membosankan, berkemah akan membuat pikiran kembali fresh dan siap menyambut pekerjaan saat pulang berwisata.

4. Menyaksikan Ubur-Ubur

Laut Pantai Tiga Warna memiliki banyak ubur-ubur yang berkeliaran. Dengan berenang disekitar pantai pengunjung dapat melihat ubur-ubur yang cantik berenang bebas, untuk itu jangan lupa mengabadikan biota laut yang unik ini dengan kamera tahan air.

Menikmati objek wisata ubur-ubur memang disarankan agar pengunjung puas dan menikmati semua yang dimiliki Pantai Tiga Warna, yang terpenting pengunjung wajib turut serta menjaga ubur-ubur dan tidak menyakitinya.

5. Berenang Di Pantai

Berenang di Pantai Tiga Warna sangat bermanfaat karena pengunjung dapat mengekSplor keindahan laut secara jelas. Airnya yang sangat jernih membuat perenang melihat secara jelas biota laut, tak heran banyak pengunjung menjadikan berenang sebagai kegiatan wajib di pantai. Untuk itu saat berkunjung ke Pantai Tiga Warna harus membawa kamera super canggih agar mengabadikan semua fassulitas yang dimiliki Pantai Tiga Warna.

6. Memiliki Penginapan Atau Pondok-pondok

Objek wisata Pantai Tiga Warna memang cukup jauh dari pusat kota Malang. Hal itu membuat pengunjung membutuhkan perjalanan yang lumayan melelahkan, untuk itu Pantai Tiga Warna menyediakan penginapan. Pengunjung dapat memilih menginap di sekitar pantai, terdapat beragam tenda-tenda yang ada disekitar pantai.

Di desa Tambakrejo, Sendang Biru juga tersedia penginapan yang dapat disewa. Salah satunya Pondok Bamboe Homestay. Pondok tersebut hanya berjarak sekitar 3,25 km dari Pantau Tiga Warna dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Misalnya kafe, restoran, kopi atau teh di lobby, area parkir yang luas dan layanan kamar. Sementara untuk kamarnya tersedia beberapa tipe, mulai dari Standard Room, Deluxe Room, Cattage dan Executive Room dan semuanya didukung oleh fasilitas bintang 5.

7. Adanya Keuntungan Mandi Atau Berenang Untuk Tubuh

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, dapat mandi di bibir pantai agar merasakan sensasi langka laut Pantai Tiga Warna. Terlebih lagi ada beberapa keuntungan mandi di Pantai Tiga Warna yang beredar luas, yaitu memperoleh manfaat kesehatan seperti memperbaiki metabolisme tubuh sehingga kinerja organ tubuh akan semakin baik, bahkan gerakan badan menahan dan melawan arus aris dapat membuat kulit awet muda.

Para orang tua juga dapat mengajak anak-anak untuk mandi di bibir pantai. Walaupun begitu wajib dijaga ketat anak-anaknya agar tidak mandi terlalu jauh dengan orang tua. Terlebih lagi untuk anak-anak yang super aktif dan tidak betah untuk diam.

Mengingat Pantai Tiga Warna termasuk objek wisata yang diidolakan masyarakat maka ada waktu tertentu agar pengunjung dapat menikmati keunikannya. Disarankan mengunjungi Pantai Tiga Warna tatkala air laut dalam kondisi normal, hal itu karena pasang surut air laut sangat berpengaruh pada spot snorkeling yang dijelajahi. Terlebih lagi saat air laut surut, petugas akan mengarahkan pengunjung ke area tertentu dan itu sangat disayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *