Pantai Toronipa: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai toronipa

Gambaran mengenai pantai tropis seperti yang sering muncul di film-film tampaknya sesuai untuk menggambarkan tentang Pantai Toronipa. Pantai ini berada di sebuah teluk kecil di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Merupakan sebuah pantai pasir putih yang berpadu dengan birunya Laut Banda, lokasi yang cocok digunakan untuk berwisata.

Nama Toronipa sendiri berasal dari kata toro yang berarti lentur dan nipa adalah pohon nipa. Apabila diartikan secara harfiah, maka kira-kira maknanya menjadi pohon nipa yang lentur. Penamaan ini sesuai dengan kondisi alam pantai yang ditumbuhi oleh banyak pohon nipa, yang memang cenderung ‘lentur’ karena melengkung miring.

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai Toronipa

Pantai ini cocok untuk menjadi lokasi berwisata bersama keluarga karena memiliki garis pantai sampai sepanjang 4 kilometer. Selain itu, pantai ini tergolong landai, di mana pada jarak 1 kilometer dari bibir pantai, tinggi air masih sekitar 1 meter.

Untuk mengunjungi Pantai Toronipa, harga tiket masuk yang dikenakan tergantung pada moda transportasi yang digunakan. Setiap mobil yang masuk dihargai sebesar 10 ribu rupiah sedangkan sepeda motor dihargai sebesar 5 ribu rupiah. Harga ini sudah termasuk untuk tarif parkir dan biaya berkunjung wisatawan.

Khusus pada hari libur akhir pekan dan hari libur nasional, harga tiket masuk untuk mobil dikenakan 30 ribu rupiah. Tidak ada perbedaan untuk mobil besar atau kecil. Jika ingin berhemat, maka ada baiknya datang ke tempat ini secara rombongan.

Obyek wisata ini bisa dikatakan merupakan primadona di Sulawesi Tenggara. Pada hari libur tercatat, setidaknya ada 1000 orang pengunjung yang memadati pantai. Jumlah ini tak hanya wisatawan lokal saja, namun dari berdatangan dari kota-kota lain dari seluruh Indonesia. Sebagian besar datang karena tengah berada di Sulawesi Tenggara dan merasa kurang puas jika belum mampir.

Baca Juga :   Pantai Soge : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Toronipa

Selain dengan menggunakan moda transportasi pribadi, Pantai Toronipa pun dapat dijangkau dengan memanfaatkan transportasi umum. Jarak yang harus ditempuh sekitar 14 kilometer dari Kota Kendari atau lebih kurang memakan waktu setengah jam perjalanan. Rute jalur yang digunakan adalah yang menuju ke arah Kota Lama.

Perlu dipertimbangkan, bahwa jalan menuju ke lokasi banyak yang berlubang dan rusak. Karenanya, sangat disarankan untuk memilih menggunakan moda transportasi berbadan besar semacam jeep jika membawa mobil pribadi. Bagi pengendara sepeda motor, tingkatkan kewaspadaan karena jalanan yang rusak lebih beresiko bagi yang membawa kendaraan roda dua.

Obyek Wisata Pantai Toronipa

Kelengkapan fasilitas yang ada ditengarai sebagai penyebab wisatawan memilih untuk datang ke sini. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan alasan kenapa Pantai Toronipa layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata:

1. Pantai Pasir Putih Sejauh Mata Memandang

Kesan yang ditimbulkan dari pantai pasir putih memang jelas berbeda. Dengan bentangan pantai di pesisir timur laut, pantai ini memiliki gradasi warna yang menakjubkan. Pasir putih perlahan hilang ditelan jernihnya biru laut, yang kemudian bertemu langit di ujung cakrawala.

Pasir di pantai ini terasa lembut di kaki dan tidak dipenuhi dengan cangkang kerang yang tanggal. Dengan demikian, aman untuk membawa anak-anak tanpa takut akan ada yang terluka. Terlebih jenis pasir yang seperti ini cocok untuk melatih aktivitas motorik dan kecerdasan anak dengan mengajaknya membangun istana pasir. Selain itu, dapat dijadikan sebagai tempat untuk aktivitas olahraga seperti voli pantai.

Baca Juga :   Pantai Indah Kapuk : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

2. Memburu Sunrise, Sunset, Hingga Memandang Bintang

Secara geografis Pantai Toronipa berada di ujung timur sedikit memutar ke utara, atau arah timur laut dari teluk. Hal ini menjadikan pantai ini menjadi lokasi yang sangat cocok untuk memandangi laut pada waktu kapan pun, sejak matahari terbit hingga terbenam. Jika berkenan, bahkan bisa menginap dan memandang bintang-bintang di pantai.

Menikmati golden hour ketika matahari memulai shift paginya dan berpamitan untuk digantikan sang malam adalah sebuah candu. Ketika sinar matahari keemasan melunturi warna awan, adalah momen yang tak akan pernah bosan untuk disaksikan. Apalagi dilengkapi dengan pemandangan lautan lepas yang pasti mempesona.

Jika untuk menyaksikan sunset cukup dengan datang ke pantai pada sore hari, maka jangan khawatir untuk kehilangan moment ketika sunrise. Ini disebabkan karena sudah ada banyak fasilitas hotel dan penginapan yang tersedia di sekitar lokasi. Memungkinkan siapun untuk datang berkunjung demi menikmati matahari terbit. Selain hotel dan penginapan, penduduk setempat pun banyak yang mulai membuka fasilitas homestay.

3. Aktivitas Wisata

Ada banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Pantai Toronipa, mulai dari bermalas-malasan di pinggir pantai sampai aktivitas yang membutuhkan keaktifan fisik. Memilih untuk duduk-duduk sambil memandangi pantai, maka pilih saja satu spot di bawah pohon rindang yang banyak berjajar. Atau jika ingin melakukan aktivitas watersport, di sana pun tersedia.

Aktivitas yang paling populer adalah banana boat, di mana pengunjung akan dikenakan tarif sebesar 35 ribu untuk setiap orangnya. Ada pula yang menyewakan tube atau ban pelampung bagi yang ingin mengapung santai di air.

Yang paling mengasyikkan adalah menunggu hingga sore hari, ketika warga setempat mulai berdatangan ke pantai untuk mencari pokea, sejenis kerang laut. Pengunjung pun dapat ikut berpartisipasi dan ikut mencari kerangnya sendiri. Masyarakat telah melakukan pekerjaan ini secara turun temurun.

Baca Juga :   Pantai Jogan : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Demi menjaga kelestarian lingkungan, peralatan berburu kerang yang digunakan hanyalah peralatan sederhana yang tidak membayahakan. Di samping kerang laut, mudah juga untuk berburu teripang, bulu babi, hingga bintang laut. Aktivitas yang pasti akan disukai oleh anak-anak.

4. Fasilitas Pendukung

Di sini sudah ada fasilitas pendukung wisata pantai seperti toilet umum serta kamar mandi untuk membilas air laut. Fasilitas ini dikelola oleh warga setempat sebagai bentuk mata pencaharian. Ketika sebuah lokasi menjadi obyek wisata, tak jarang dapat mengubah peta demografi penduduk. Nelayan yang tadinya merupakan mata pencaharian utama perlahan digantikan oleh perdagangan dan jasa.

Selain toilet umum dan fasilitas bilas, ada pula gazebo yang dapat disewa oleh pengunjung. Gazebo-gazebo ini menghadap ke arah laut dan dapat digunakan sebagai alternatif tempat memandangi laut. Dapat pula digunakan untuk titik berkumpul keluarga atau sekedar tempat bercengkrama.

5. Kuliner

Hidangan kuliner yang menjadi ciri khas di sini utamanya adalah hasil makanan olahan laut. Dari semuanya, yang paling terkenal yaitu sate pokea atau mudahnya sate kerang yang dibumbui dengan bumbu kacang pedas. Selain sate pokea, yang juga banyak dijajakan adalah gogos. Yaitu sajian khas Makassar berwujud mirip lemper yang dilengkapi dengan makanan pendamping.

Jika tengah datang ke Kota Kendari atau tengah berada di Sulawesi Utara, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Toronipa ini. Khususnya jika datang ke sana bersama dengan anggota keluarga. Selain karena fasilitasnya yang lengkap, namun juga jenis aktivitas yang dapat dinikmati sangat beragam dan ada banyak pilihan untuk berbagai jenis usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *