Pantai Ujung Genteng : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Ujung Genteng berlokasi di bagian paling selatan kabupaten Sukabumi dan ujung barat dari pulau Jawa. Lokasi ini berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Nama ujung genteng sebenarnya merupakan perubahan ejaan dari nama ujung gunting. Hal ini dikarenakan daerah ini berada di satu sudut ujung pulau Jawa bagian barat yang bentuknya mirip gunting.

Ujung gunting yang di atas diberi nama Ujung Kulon dan bagian bawah diberi nama Ujung Genteng. Pantai ini beralamat lengkap di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Harga tiket masuk ke pantai Ujung Genteng adalah Rp 10.000,-/orang. Nominal harga yang relatif murah karena masih terbilang tempat wisata baru. Dengan harga tersebut pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pantai yang dijuluki ‘Mutiara Yang Tersembunyi’ ini sepuasnya. Jadi masih sangat terjangkau jika berlibur membawa rombongan keluarga tercinta.

Setibanya di lokasi pantai, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia dengan lengkap. Contohnya seperti toilet, mushola, area parkir yang luas dengan sistem keamanan yang terjamin dan toko yang menjual barang- barang kebutuhan harian. Selain itu juga terdapat rumah makan dengan menu andalan makanan laut sehingga akan membuat liburan semakin lengkap.

Bagi wisatawan luar daerah bisa menginap di penginapan, villa maupun hotel yang terdapat di sekitar area pantai. Jadi wisatawan bisa menikmati suasana liburan dengan lebih nyaman karena segala sesuatu telah tersedia disana. Sistem keamanan wisatawan juga terjamin karena akan ada petugas yang mengawasi dan memantau para wisatawan yang datang.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ujung Genteng

Agar sampai ke pantai Ujung Genteng perjalanan dari Jakarta menggunakan mobil membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Sedangkan menggunakan sepeda motor lebih lama yaitu 8 jam. Hal ini tentu saja karena apabila menggunakan mobil akan melewati jalan tol sehingga akses jalan yang lancar akan membuat semakin cepat sampai di lokasi tujuan.

Terlebih dahulu wisatawan bisa menuju ke Ciawi, Cicurug, Cibadag hingga sampai ke Pelabuhan Ratu. Ketika tiba disana wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Surade melalui Cikembar dan Jampang. Jika sudah selanjutnya tinggal mencari jalan ke Ujung Genteng.

Jika perjalanan ditempuh dari Bandung maka wisatawan bisa berkendara ke Sukabumi melalui Cianjur. Sesampai di Sukabumi bisa melanjutkan perjalanan ke Jampang Tengah, Jampang Kulon, dan Surade. Lama perjalanan yang ditempuh kira- kira 4 jam dengan jarak tempuh 230 km. Lama perjalanan tersebut apabila kondisi jalan sedang normal, namun bisa menjadi lebih lama lagi jika sedang dalam keadaan macet.

Tidak perlu khawatir merasa bosan di perjalanan, karena sepanjang jalan akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa cantik.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, akses menuju Pantai Ujung Genteng juga bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan umum. Wisatawan bisa berangkat dari terminal Sukabumi kemudian naik kendaraan dengan tujuan terminal Lembur. Begitu tiba di terminal Lembur pengunjung bisa memilih bus atau elf yang menuju Surade.

Sesampainya di Surade wisatawan akan menemukan angkutan pedesaan warna merah yang beroperasi dengan jurusan Genteng yang bisa dinaiki. Angkutan pedesaan berwarna merah itulah yang akan mengantarkan wisatawan menuju pantai Ujung Genteng.

Obyek Wisata Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng ini memiliki berbagai macam obyek wisata. Berikut ini beberapa objek wisata yang bisa dinikmati di Pantai Ujung Genteng, diantaranya :

1. Menikmati Pemandangan Pantai Yang Indah Dan Unik

Di kawasan pantai ujung genteng, wisatawan bisa menikmati pemandangan unik berupa puing- puing bekas dari dermaga sisa peninggalan jaman Belanda. Selain itu pemandangan pantai yang dikelilingi hutan lindung, mercusuar dan detektor gempa menjadikan pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suasana yang indah dan unik inilah dijamin akan membuat wisatawan betah berlama-lama untuk singgah.

Hamparan pasir putihnya yang semakin menambah cantik pemandangan pantai Ujung Genteng tersebut. Posisinya yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia membuat pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Itu juga yang menambah keindahan pemandangan dari pantai yang berada di kabupaten Sukabumi ini.

2. Memancing Ikan

Pantai Ujung Genteng memiliki keragaman ikan dan ekosistem laut yang sangat indah. Hal tersebut tentu saja menjadikan pantai ujung genteng sebagai area yang sangat pas untuk memancing. Kondisi bawah laut yang masih alami dan ikan- ikan yang belum tergusur pembangunan atau limbah pabrik, membuat aktivitas memancing menjadi lebih menyenangkan.

Untuk itulah bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing bisa menjadikan pantai ini sebagai tujuan pemancingan selanjutnya. Sensasi memancing langsung di laut tentu memberikan kesan dan pengalaman unik tersendiri bagi wisatawan.

3. Berfoto Di ‘Tenda Biru’

Pemandangan yang indah dan unik di Pantai Ujung Genteng membuat siapapun tidak akan tahan melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen liburan mereka. Pemandangan pantai yang dikelilingi hutan lindung, mercusuar, detektor gempa dan puing- puing bangunan Belanda menjadikan area pantai yang dinamai Tenda Biru itu sebagai spot foto yang keren.

Area tersebut bisa menjadi spot untuk selfie maupun spot foto profesional yang sempurna misalkan prewedding atau yang lainnya. Untuk yang gemar selfie pasti akan sangat menyukai beragam spot foto unik yang ada di pantai Ujung Genteng ini.

4. Berburu Ikan Dan Seafood Segar

Bagi wisatawan yang menyukai seafood, bisa berburu di warung atau kios yang berjejer di sepanjang Pantai Ujung Genteng. Kios dan warung tersebut buka setiap hari mulai pkl. 07.00-09.00 WIB untuk menjual hasil melaut nelayan semalam. Ikan segar dan aneka hasil tangkapan bisa dengan mudah dijumpai disana. Wisatawan bahkan bisa membeli ikan- ikan tersebut dalam jumlah besar karena penjual sudah menyiapkan styrofoam.

Styrofoam yang telah disiapkan tersebut digunakan sebagai kotak penyimpanan ikan dan bisa menampung hingga 6 kg. Untuk harganya pun relatif lebih murah karena tidak melalui pihak ketiga dan tentu saja bisa ditawar.

5. Berenang

Meskipun pantai Ujung Genteng memiliki ombak yang cukup besar, namun masih cukup aman untuk wisatawan yang ingin berenang. Meskipun begitu wisatawan tetap diminta untuk selalu berhati-hati dan waspada. Selama berenang di laut wisatawan akan menjumpai ikan berwarna-warni dan hewan laut yang sesekali berkeliaran di sela-sela bebatuan karang.

Hal tersebut tidak mengherankan, karena pantai Ujung Genteng juga memiliki ekosistem bahari yang masih bagus. Airnya yang jernih dan bersih tidak akan membuat wisatawan merasakan gatal dan risih setelah seharian menghabiskan waktu di laut. Jadi yang hobi berenang jangan sampai melewatkan kegiatan yang satu ini.

Nah itulah ulasan singkat tentang Pantai Ujung Genteng. Pastikan persiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum berlibur. Perjalanan yang tidak mudah karena harus menempuh jalan menanjak, terjal dan juga berkelok- kelok tentu akan memberikan kesan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi wisatawan. Yang tak kalah menarik tentu saja ikan segar yang dijual bisa dibawa pulang ke rumah, satu hal yang tidak akan kita jumpai di semua objek wisata pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *