Pantai Ujung Negoro : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Ujung Negoro merupakan salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi. Letaknya berada di wilayah pesisir utara  pulau Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Keindahan pemandangan pantai yang eksotis di sepanjang jalur lintasan daratan dan laut pantai yang dikenal dengan pantura. Selain pemandangan dan kekayaan alam yang indah, tersimpan budaya dan kearifan lokal.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Negoro

Terdapat dua loket tiket berbayar yakni saat masuk kawasan pantai dan dekat pantai. Untuk dapat menjejakkan kaki di pantai ini, harga tiket masuk relatif sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 5.000 per orang. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 1000, –  dan Mobil sejumlah Rp. 2000, – serta truk Rp. 4000, -.

Saat wisatawan berkunjung ke pantai ini saat hari libur, terdapat perahu yang disewakan untuk berkeliling di area pantai. Sehingga pelancong dapat menikmati seluruh keindahan pantai dari ujung ke ujung pantai.

Bagi yang suka berenang di tepi pantai sebaiknya jangan berenang terlalu ke tengah karena tidak ada life guard serta ombak besar. Untuk mengetahui sudah berenang terlalu jauh dari pinggiran pantai, disana telah memiliki jalur pembatas bahaya sehingga ketika berenang tidak sampai jauh.Para wisatawan diharapkan mentaati peraturan berwisata tersebut.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ujung Negoro

Pantai ini dekat dengan jalan pantura tepat di pantai utara Batang dengan jarak kurang lebih 14 KM ke yang mengarah ke Timur Laut dari Kota Batang. Pinggiran pantai memiliki ketinggian sekitar 14 Meter dari permukaan laut. Tepatnya, Pantai Ujung Negoro ini masuk di Desa Ujung Negoro, Kecamatan Cetat, Kabupaten Batang Jawa, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi yang sangat strategis serta fasilitas jalan menuju pantai membuat para wisatawan tidak perlu sulit mencari alamat Pantai Ujung Negoro ini. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak dari jalan pantura sekitar 7 km.

Sebelum sampai di pantai, rute jalan melalui perkampungan, ladang serta rimba kecil yang menyejukkan mata. Terdapat  gapura sebagai tanda telah sampai di tempat pantai ini. Pantai Ujung Negoro merupakan salah satu diantara pantai yang indah yang berada di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Memiliki gugusan pasir yang indah sehingga menyejukkan fikiran waktu berkunjung kesana.

Setiap rute menuju lokasi pantai Ujung Negoro berbeda-beda tergantung dari arah posisi serta kendaraan yang digunakan wisatawan. Adapun beberapa opsi rute terbaik adalah :

  • Jika wisatawan dari arah barat, sekitar 7 mil ke arah timur untuk menuju Desa Ujung Negoro. Ketika telah sampai di gerbang besar yang bertulisan Tepi Pantai Negoro berbeloklah ke kiri dengan jarak sekitar 6 mil. Di sepanjang perjalanan melewati desa-desa yang banyak buah-buahan seperti rambutan, mangga dan durian.
  • Jika wisatawan naik bus umum, cukup berkata “tip” pada kondektur. Bus akan mengantar wisatawan ke persimpangan. Terdapat desa transit yang menuju ke pantai namun sangat sedikitnya transportasi umum. Sebaiknya, setelah sampai di persimpangan, wisatawan naik kendaraan roda dua agar lebih cepat sampai.
  • Jika wisatawan datang dengan kereta api, akan turun di stasiun Negoro. Jarak stasiun Negoro menuju pantai lebih kurang 2 Km. Para wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan desa atau ojek. Jika ingin berjalan kaki sambil menikmati keindahan, hanya sekitar 30 menit.

Objek Wisata Pantai Ujung Negoro

Surga tersembunyi yang  sangat indah serta memiliki berbagai objek wisata terdapat di pantai Ujung Negoro ini. Mulai dari suasana pantai yang bersih sampai dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Berikut beberapa objek wisata yang akan didapat wisatawan jika ke Pantai ini.

1. Keindahan Yang Memukau

Pantai yang menyuguhkan keindahan panorama laut yang menyejukkan mata. Padang pasir serta pemandangan alam yang spektakuler menjadikan wisatawan akan makin kerasan untuk berlama lama di pantai. Bebatuan laut yang menonjol serta tampak dari pinggiran pantai. . Hal unik lainnya  yaitu terdapat sumur dengan airnya tawar dari bibir pantai.

2. Makam Syeh Maulana Maghribi

Sebelumnya pantai jadikan sebagai obyek wisata  dahulunya adalah obyek wisata ziarah makam Syeh Maulana Maghribi. Makam ini berada di sekitaran goa Aswatama. Oleh karena panorama pantai dan laut yang indah menjadikan objek wisata ini berperan ganda yakni sebagai  wisata pantai serta ziarah.

3. Goa Aswatama

Goa Aswatama berada di area daratan tinggi Dieng. Banyak mitos yang terdapat di goa Aswatama ini. Konon katanya goa ini sangat berkaitan dengan cerita lakon pewayangan para Kurawa dan Pandawa. Pada perang Baratayuda, seorang pendeta Durna kalah saat melawan Pandawa. Anak pendeta yang bernama Aswatama mengejar Pandawa sampai ke ujung pantai ini.

4. Memancing Ikan Di Tepi Pantai

Sambil duduk diatas batu-batuan yang tampak dari permukaan, para wisatawan dapat dengan bebas memancing ikan. Ketika sebagian lekukan menggenang dari air laut sebagian ikan jenis ikan terlihat tampak dari permukaan. Sangat indah sekali.

5. Objek Wisata Dengan Pantai Yang Bersih

Selain indah, pantai yang jauh dari pemukiman membuat suasana tentram dan damai. Pantai juga sangat bersih karena tempat sampah banyak disediakan serta pengunjung yang sadar buang sampah pada tempatnya. Masing-masing tong sampah berbeda-beda jenis penggunaannya yakni sampah basah, kering dan spesial plastik. Benar-benar terlihat  bersih, teratur serta rapi.

6. Berburu Kuliner Tradisional

Jika berwisata ke pantai ini, jangan lupa berburu kuliner tradisional khas Negoro ini. Ada makanan getuk, sego megono yang sangat enak. Selain itu, di pinggiran pantai juga terdapat penjual makanan ikan asin serta terasi yang harganya terjangkau.

7. Berburu Foto (Hunting Foto)

Setelah berburu kuliner, para wisatawan dapat hunting foto dengan pemandangan alam yang indah. Sepanjang pantai negoro terdapat berbagai spot foto menarik. Padang pasir yang cantik dipandang, batu yang tampak dari permukaan laut serta ombak yang besar. Pengunjung dapat berfoto ria sambil menikmati panorama laut dari atas tebing.

8. Pohon Ketapang Yang Berjajar

Pohon identik dengan memberi kesejukan apabila cuaca panas. Di sekitaran halaman pantai ujung ini dihiasi berbagai pohon ketapang yang berjajar. Sehingga, kesegaran udara khas laut berpadu dengan aroma pantai. Dengan begitu pengunjung dapat menikmati keindahan pantai tanpa merasa panas.

9. Dermaga Kecil

Terdapat dermaga kecil yang menjorok ke arah bibir pantai demi memanjakan wisatawan. Dari dalam dermaga kecil ini, para pengunjung dapat nikmati nuansa pemandangan serta terlindung dari terik panas matahari atau hujan. Pandangan jauh untuk melihat laut lepas lebih bisa dirasa jika berada di bangunan ini. Diiringi angin laut yang bertiup tanpa berhenti henti membuat keindahan susah dilupakan.

10. Tebing Dari Bukit Berbatu

Lebih menarik lagi, terdapat tebing dari bukit berbatu. Tebing ini bersinggungan dengan pantai ini. Bangunan beton sebagai penahan ombak sudah dibangun di tebing ini. Di atas tebing juga disiapkan jalan setapak, sehingga wisatawan dapat menikmati panorama dengan aman.

Pantai Ujung Negoro ini wajib dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Sebaiknya, pilih saat weekday jika berlibur di pantai ini karena weekend sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *