Pantai Ujung Pandaran : Rute Munuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Keindahan pantai di kepulauan Kalimantan sudah tidak diragukan lagi, tidak terkecuali deretan pantai di Kalimantan Tengah. Salah satu daerah di Kalimantan Tengah yang memiliki keindahan  alam yang luar biasa adalah Kota Sampit. Panorama alam yang  indah ini yang wajib dikunjungi di kota ini adalah pantai ujung Pandaran.

Pantai ujung Pandaran menjadi tempat menarik bagi wisatawan yang  ingin menikmati keindahan alam yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota yang penuh rutinitas padat sehari-hari. Suasana pantai yang  tenang , bersih, pemandangan indah dengan hamparan pasir putih  menjadi lokasi yang cocok melepas penat. Bagi yang ingin berlibur ke pantai ini berikut beberapa informasi tentang pantai ujung pandaran .

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Pandaran

Pada umumnya tempat wisata akan memasang tarif tiket masuk yang berbeda di hari libur dengan hari  biasa.  Untuk masuk ke lokasi pantai ujung pandaran harga tiket masuk di hari biasa (weekday)  Rp. 10.000  sedangkan pada hari libur (weekend) harga tiket masuk menjadi Rp. 15.000. Harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Jam operasional destinasi wisatawan di pantai ujung pandaran ini dibuka 24 jam setiap harinya. jam ini disesuaikan dengan zona waktu setempat. Pengunjung biasanya akan ramai mengunjungi pantai saat pagi hari dan sore hari untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ujung Pandaran

Pantai ujung pandaran berada di provinsi Kalimantan  Tengah, di Desa Ujung  Pandaran Kecamatan Teluk  Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur. Lokasi nya terletak 80 Km ke arah Selatan dari pusat kota Sampit. Pantai ujung pandaran salah satu pantai landai  yang berbatasan dengan laut  jawa. Ada beberapa akses yang dapat digunakan untuk sampai ke lokasi. Berikut penjelasannya yang dapat membantu anda sampai ke lokasi:

1. Dari Kota Palangkaraya

Wisatawan dapat  menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika ingin menggunakan angkutan umum wisatawan dapat naik bus dari terminal palangkaraya jurusan palangkaraya-Sampit. Sesampainya di Sampit selanjutnya naik bus yang menuju teluk sampit di mana lokasi pantai berada.

2. Dari Kota Sampit

Dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar  3 jam dengan kecepatan kendaraan 60-80 km/jam. Jajaran perkebunan kelapa  dan  semak belukar akan menemani perjalanan darat wisatawan.  Tipe jalan yang dilalui juga bervariasi dari jalanan beraspal sampai jalanan  krikil.

Objek Wisata Di Sekitar Pantai Ujung Pandaran

Berbagai objek wisata dapat dinikmati di pantai ujung Pandaran ini. Wisatawan bisa menikmatinya bersama keluarga dan teman. Berikut penjelasan tentang objek wisata yang ada di pantai ujung Pandaran:

1. Berenang Dan Bermain Pasir

Keindahan pantai ujung pandaran diperindah dengan pasir putihnya dan berbutiran halus, dengan hamparan pasir yang luas. Air laut yang jernih dan bersih menjadi alas an utama tempat ini dijadikan tempat berenang. Bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga, berenang dan bermain pasir menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

2. Spot Indah Menikmati Sunset

Jajaran saung-saung indah berdiri menghiasi pinggiran pantai. Wisatawan dapat menggunakan saung-saung ini sambil menikmati sunset dan tempat berkumpul bersama keluarga. Berbagai gaya saung disediakan oleh pengelola, tinggal wisatawan yang memilih sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Keindahan sunset menjadi hal favorit bagi wisatawan yang ingin mendapatkan momen yang istagramable.

3. Penginapan Di Pinggir Pantai

Saat ini di ujung pandaran banyak sudah disediakan rumah-rumah yang digunakan sebagai penginapan.  Background laut dan lokasinya di pinggir pantai menjadi daya tarik tersendiri. Untuk harganya relative murah yaitu mulai dari Rp. 150.000 per malam nya.  Namun jika yang tidak ingin bermalam, wisatawan cukup menyewa gazebo-gazebo villa saja.

4. Spot Foto Alami Yang Istagrammable

Kayu-kayu besar banyak terbawa gelombang air laut dan terdampar di bibir pantai. Bongkahan kayu-kayu ini semakin menambah keindahan pemandangan pantai. Selain itu juga kayu-kayu ini menjadi spot foto alami yang menarik dan keren. Bagi yang memiliki jiwa seni memotret, tempat ini akan menjadi tempat foto yang instagramable.

5. Kegiatan Ritual Adat Di Pantai Ujung Pandaran

Kegiatan ritual adat juga sering dilakukan oleh masyarakat pandaran di pantai ujung pandaran ini.  Setiap tanggal 10 di bulan Syawal, masyarakat akan mengadakan ritual tolak bala yang disebut ritual Simah laut. Ritual ini dilakukan oleh para nelayan ujung Pandaran sebelum mereka memulai pelayaran kembali untuk mencari ikan. S

Sebelum ritual dilaksanakan, para nelayan akan mengawali  dengan membersihkan pantai dan mereka saling bergotong-royong dalam pelaksanaan ritual ini.

Ritual akan dibuka oleh tetua adat atau kepala daerah Kalimantan Tengah. Setelah  penutupan acara perkemahan, para kepala daerah akan di arak oleh rombongan warga yang berpakaian adat kotawaringin timur menuju rumah panggung yang berada di pinggir pantai. Di dalam rumah itu para tetua adat akan berkumpul mengelilingi perahu yang berisikan berbagai sesaji dan kepala kerbau sebagai salah satu pelengkap sesaji.

Kemudian perahu yang berisikan sesaji yang telah didoakan akan dilarungkan ke laut. Masyarakat setempat meyakini bahwa dengan adanya ritual ini akan mendatangkan keselamatan dan hasil laut yang berlimbah. Ritual ini diikuti ribuan peserta dari penjuru Kalimantan Tengah akan berkumpul di pantai ujung Pandaran ini. Jadi bagi wisatawan yang ingin melihat ritual ini maka sebaiknya datang di waktu yang tepat.

6. Adanya Tempat Makan

Di sepanjang pantai banyak berdiri tempat-tempat makan dengan berbagai model. Mulai dari warung-warung sederhana dengan menu-menu khas Kalimantan, café, food court, dan restoran mewah. Bagi wisatawan yang ingin menikmati makan bersama keluarga dapat mencoba rumah makan yang menyediakan menu seafood  yang langsung diperoleh dari laut pandaran

7. Tersedia Wahana Bermain Yang Menyenangkan

Jika berwisata bersama keluarga maka akan sangat menyenangkan berwisata pantai sambil bermain wahana bagi anak. Beberapa villa test yang ada di ujung pandaran menyediakan wahana bermain anak. Berbagai wahana bermain yang langsung berdekatan dengan pantai menjadikan  daya tarik  tambahan pantai ujung pandaran.

Pengelola wisata pantai di pandaran telah menyediakan tempat ibadah seperti mushola yang dapat digunakan oleh pengunjung. Selain itu wisatawan juga tidak perlu khawatir akan ketersediaan air bersih untuk keperluan buang air atau pun mandi. Di pantai ujung pandaran ini telah disediakan fasilitas  toilet umum. Wisatawan hanya perlu membayar Rp. 2.000 untuk pemakaian toilet.

Berwisata alam pantai memang sangat menyenangkan dengan suasana yang tenang dan bersih.  Mengunjungi pantai ujung Pandaran tidak boleh dilewatkan jika berada di Kalimantan Tengah. Di mana pun lokasi wisata yang dikunjungi selalu jaga  kebersihan, menjaga fasilitas umum yang di sediakan, dan tatakrama kepada masyarakat setempat, sehingga wisata alam Indonesia akan tetap terjaga keindahannya.

Wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan fasilitas yang bisa digunakan sambil menikmati liburan di pantai ujung pandaran. Mulai dari fasilitas umum yang telah disediakan hingga fasilitas lainnya yang disewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *