Pantai Uluwatu : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Bicara tentang tempat wisata, Bali terkenal dengan keindahan wisata pantainya. Tempat wisata yang kerap dibicarakan antara lain Seminyak, Kuta, Ubud, atau bahkan Candidasa. Namun belum banyak yang mengenal tempat seperti Pantai Uluwatu, Jimbaran dan Ungasan yang menyuguhkan panorama terbaik Samudera Hindia yang jarang ditemukan di Pulau Bali.

Di kawasan Uluwatu juga terdapat Pura Uluwatu yang terkenal dan wisata kuliner bahari di Teluk Jimbaran. Selain itu belum banyak yang tahu bahwa banyak hal menarik lainnya yang dapat dilakukan di kawasan Kuta Selatan Bali ini. Untuk lebih mengenal tentang Pantai yang ada di Uluwatu ini, simak ulasannya sebagai berikut.

Harga Tiket Masuk Pantai Uluwatu

Untuk masuk ke Pura Uluwatu orang dewasa akan dikenakan biaya Rp. 20.000 bagi wisatawan lokal dan Rp. 30.000 untuk wisatawan asing. Sedangkan untuk anak anak dikenakan biaya Rp. 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 20.000 untuk wisatawan asing.

Selain itu, untuk biaya parkir yang telah disediakan di Pura Uluwatu pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk pengguna mobil dan Rp. 2000 untuk pengguna motor. Untuk dapat menyaksikan pertunjukan tari kecak pengunjung dikenakan biaya Rp. 100.000  per orang. Harga diskon akan diberikan apabila pengunjung  membeli tiket lebih dari 20 orang.

Rute Menuju Lokasi Pantai Uluwatu

Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan,  Kabupaten Badung, Bali, yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Pengunjung dapat menuju ke Pura Uluwatu melalui jalan raya Uluwatu dengan jarak sekitar 29,3 km atau sekitar 1 jam 7 menit waktu perjalanan. Jika ingin ke pantai ini melalui Pantai Kuta, pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 25 km ke arah selatan selama 40 menit.

Baca Juga :   Pantai Ujung Negoro : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Transportasi terbaik menuju lokasi ini adalah menggunakan sepeda motor agar dapat menikmati pemandangan sekitar dengan lebih luas. Pura Luhur Uluwatu yang terletak di tepian jurang ini, banyak terdapat kera yang sangat jahil dan sering mencuri barang milik pengunjung. Untuk itu berhati-hatilah dengan barang bawaan seperti kacamata, makanan, minuman maupun ponsel agar terlindung dari ulah jahil kera Uluwatu.

Saat sampai di lokasi, pengunjung dapat memarkirkan sepeda motor di lapangan parkir pantai. Kemudian dilanjutkan dengan menuruni anak tangga yang panjangnya sekitar 200 meter dari tempat parkir. Setelah itu pengunjung harus menuruni anak tangga lain yang lebih sempit sepanjang 50 meter. Dikarenakan sempit, pengunjung harus bergantian naik atau turun di anak tangga ini untuk menuju Pantai Uluwatu.

Objek Wisata Yang Ada dan Berdekatan Dengan Pantai Uluwatu

Di kawasan Uluwatu, pengunjung akan menjumpai pantai pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Pantai pantai tersebut antara lain Pantai Suluban, Pantai Nyang Nyang, Pantai Padang Padang, Pantai Thomas dan Pantai Balangan.  Di pantai pantai tersebut pengunjung dapat berenang, berjemur serta berselancar. Pantai-pantai ini memiliki banyak lokasi surfing kelas dunia yang menjadi favorit para peselancar,

Pantai tersembunyi di pulau Bali ini awalnya diberi nama Pantai Suluban Uluwatu, namun saat ini lebih dikenal dengan Pantai Uluwatu. Untuk sampai ke pantai ini, pengunjung harus menuruni anak tangga batu yang curam. Untuk lebih jelasnya apa-apa saja objek wisata yang dapat dikunjungi dan berdekatan dengan lokasi Pantai ini berikut uraiannya.

1. Pura Uluwatu

Pantai Uluwatu terletak di bawah tebing, yang di atasnya terdapat Pura Uluwatu, salah satu pura Hindu tertua di Bali. Selain daya tarik arsitektur pura dan keindahan pemandangan matahari terbenamnya, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan tari tradisional Bali, yaitu Tari Kecak. Tari Kecak dimainkan oleh 50-100 orang penari yang akan duduk melingkar dan memakai kain sarung berwarna hitam putih.

Baca Juga :   Pantai Jakat: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Penari dalam Tari Kecak umumnya adalah laki-laki dan lakon yang diceritakan biasanya cerita Ramayana. Ciri khas dari tari Kecak ini adalah suara cak,cak, cak yang diucapkan oleh penari yang saling bersahut-sahutan. Waktu pertunjukan tari ini dilakukan di sore hari menjelang matahari terbenam, tepatnya pada pukul 18.10 – 19.00 waktu Bali.

Pada awalnya pura ini merupakan tempat pemujaan empu kuturan. Empu Kuturan ini lah yang menurukan ajaran desa adat dengan semua aturannya. Oleh karena kawasan ini merupakan tempat sakral dan religius, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Sebelum memasuki Pura Uluwatu pengunjung diharuskan mengenakan anting atau kain sejenis scarf yang diikatkan di pinggang.

2. Pantai Padang-Padang

Jika tidak tertarik dengan Pantai di atas, Pantai Padang-Padang juga bisa jadi pilihan tempat berlibur bersama keluarga. Di sini pengunjung dapat menikmati air laut yang biru jernih dan ombak yang tidak terlalu ganas. Pantai ini agak mirip dengan Pantai yang ada di Uluwatu karena pengunjung harus melewati sebuah celah di tebing agar dapat masuk ke kawasan pantai.

3. Pantai Dreamland

Ingin datang ke pantai yang sering dijadikan lokasi syuting sinetron FTV? Nah, ke Pantai Dreamland lah pilihan tepatnya. Pantainya yang luas serta pasir putihnya yang halus pasti membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berlibur ke tempat ini. Di sini pengunjung tidak akan susah untuk membeli makanan ataupun mencari penginapan, karena ada banyak cafe dan penginapan di sekitar lokasi ini.

Baca Juga :   Pantai Sarangan : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

4. Tanjung Benoa

Di Tanjung Benoa pengunjung dapat melakukan aktivitas wisata bahari yang terkenal dengan sebutan Tanjung Benoa Water Sports. Wahana wisata bahari yang ditawarkan di sini yaitu seperti parasailing, banana boat, mengendarai jet ski dan masih banyak wahana seru lainnya.

5. Nusa Dua Bali

Tempat wisata Nusa Dua Bali sangat terkenal dengan pantai pasir putihnya yang sangat bersih, selain itu ada ombak pantainya yang sangat tenang. Hal inilah yang membuat tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Jika berkunjung ke Pantai Uluwatu, tidak ada salahnya untuk singgah ke pantai ini.

6. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau biasa dikenal dengan GWK Bali, saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan Indonesia. Di tempat ini, pengunjung akan dapat melihat patung Wisnu dan patung garuda dalam ukuran sangat besar. Selain di Uluwatu ada dua tempat lagi yang biasanya dijadikan tempat untuk mementaskan pertunjukan tari kecak , yaitu di GWK Bali dan Ubud.

7. Pantai Pandawa Kutuh

Mendengar kata Pandawa mungkin sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang yang pernah ke Bali. Atau mungkin sudah ada yang pernah liburan ke pantai Pandawa Kutuh. Pantai Pandawa diminati wisatawan Indonesia salah satu alasannya karena tempat parkirnya sangat luas dan berdekatan dengan pantai. Selain itu, pasir pantai Pandawa sangat putih dan bersih serta harga makanan dan minuman yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Itulah beberapa uraian mengenai tempat wisata di kawasan Uluwatu Bali serta Pura yang terdapat di tempat tersebut. Jika berkunjung ke tempat wisata pantai ini dijamin liburan akan terasa berkesan. Apalagi jika berkesempatan menikmati matahari terbenam dan menyaksikan matahari terbenam menghadap ke samudra Hindia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *