Pantai Utara : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Utara terletak di sepanjang Jalan Nasional Rute 1 yang merupakan jalan utama pulau jawa atau dikenal dengan Jalur Pantura (Jalur Pantai Utara). Jalan tersebut melewati 5 provinsi sepanjang 1.316km di pesisir pantai utara jawa, yaitu Banten Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jalur ini menghubungkan dua pelabuhan penyeberangan yaitu Pelabuhan merak yang berada di ujung barat dan Pelabuhan Ketapang yang berada di ujung timur pulau jawa. Pelabuhan merak itu sendiri merupakan penyeberangan menuju sumatera sedangkan pelabuhan ketapang merupakan penyeberangan menuju provinsi bali. Jalur pantura menjadi jalan utama untuk transportasi darat.

Harga Tiket Masuk Pantai Utara

Sepanjang jalur pantura banyak ditemukan lokasi-lokasi yang bisa dijadikan tempat bersantai. Pantai-pantai indah sepanjang kawasan pantai utara ini menjadi pilihan bagi wisatawan. Tidak hanya pantai yang menjadi objek wisata di kawasan ini namun ada banyak titik wisata pada daerah ini.

Untuk tiket masuk masing-masing objek wisata sekitar pantura ini mengeluarkan kocek mulai dari Rp. 5.000,- saja. Wisatawan dapat menikmati pemandangan sepanjang kawasan pantura.

Rute Menuju Lokasi Pantai Utara

Jalur pantura melintas di sepanjang kota-kota besar di jawa antara lain Cilegon, Serang, Tangerang, Bekasi, Karawang, Cikampek, Indramayu, Subang , Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semaramg, Kudus, Pati, Rembang, Lamongan, Tuban, Gresik, Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Siduarjo, Situbondo, dan Bayuwangi.

  • Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jalur Pantai utara untuk daerah ibukota dimulai dari daerah kalideres – Cekareng – Jelambar – Tambora – Pluit – Penjaringan – Ancol – Tanjung Periuk – Koja – Kelapa Gading – Pulo Gadung – Cakung . Untuk jalur alternative melalui Roxy Mas – Monumen Nasional – Tugu Tani  –  Senen – Cempaka Putih.
  • Jawa Barat. Rute tersebut dimulai dari Bekasi – Tambun – Cibitung – Cikarang – Karawang – Klari – Kosambi – Dawuan – Cikampek – Sukamandi – Pamanukan – Kandanghaur – Lohbener – Jadibarang – Arjawinangun – Palimanan – Weru – Cirebon – Losari.
  • Banten. Rute dari Banten ini dimulai dari Pelabuhan Merak, lalu Cilegon, Kramatwatu, Serang, Cikande, Balaraja, Tigaraksa, Cikupa,kemudian Curug dan berakhir di Tangerang.
  • Jawa Tengah. Pada daerah jawa tengah pantai utara dimulai dari daerah Tanjung – Pejagan – Brebes – Tegal – Pemalang – Comal – Pekalongan – Batang – Gringsing – Weleri – Kendal – Kaliwungu – Semarang – Demak – Trengguli – Kudus – Pati – Rembang – dan terakhir Lasem.
  • Jawa Timur. Pantura juga melewati provinsi jawa timur , untuk rute yang dilaluinya adalah dari Tuban – Widang – Babat – Lamongan – Gresik – Surabaya – Waru – Siduarjo – Porong – Gempol – Bangil – Pasuruan – Nguling – Probolinggo – Paiton – Besuki – Panurukan – Situbondo – Bajulmati – Ketapang.
Baca Juga :   Pantai Anyer : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Objek Wisata Di Kawasan Pantai Utara

Area pantai utara (pantura) pulau jawa memiliki banyak titik objek wisata yang wajib dikunjungi. Objek wisata yang paling khas di kawasan tersebut adalah Pantai. Pantai-Pantai di kawasan pantura juga tidak kalah bagusnya dengan pantai yang berada di kawasan pantai selatan.

1. Pantai Slamaran Indah, Pekalongan

Objek pantai ini merupakan pantai yang banyak diminati oleh masyarakat kota Pekalongan, jawa tengah. Pantai slamaran indah terletak di kawasan pelabuhan perikanan nusantara Pekalongan, tepatnya di Pekalongan utara. Lokasi pantai tersebut berjarak 5km dari kota Pekalongan.

Pantai ini mempunyai mitos yaitu ratu laut utara. Ratu laut utara merupakan sosok legenda penguasa laut utara pulau jawa, khususnya bagian utara Pekalongan jawa tengah. Nama asli sang ratu laut utara adalah Dewi Lanjar.

Fasilitas pantai ini adalah tersedianya lahan parkir yang luas, ada terdapat rumah makan sederhana, ada sewa perahu untuk pengunjung yang ingin berkeliling di laut pantai slamaran. Lingkungan sekitar pantai pun masih banyak pepohonan tanpa sampah plastic. Di pinggir pantai ada bebatuan besar yang menahan dari ombak besar. Ada pasir yang putih bersih untuk bermain.

2. Pantai Pasir Putih, Situbundo

Pantai pasir putih terletak di bagian utara pulau jawa tepatnya di selat Madura. Objek pantai ini cocok untuk berwisata bersama keluarga karena ombak pantai ini tidak terlalu besar. Letak Pantai tersebut di desa pasir putih, kecamatan bungatan, Situbundo, Jawa Timur.

Baca Juga :   Pantai Laguna : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pantai pasir putuh dilengkapi fasilitas wisata seperti penginapan dengan harga terjangkau serta restoran seafood khas pesisir. Wisatawan yang hobi menyelam dan menyukai keindahan bawah laut, pantai ini menjadi destinasi cocok untuk melakukan aktivitas tersebut. Alat keamanan untuk menyelam tersedia di pantai ini.

3. Pantai Sowan, Tuban

Pantai sowan di Tuban adalah salah satu tempat wisata yang berada di kawasan pantai utara tepatnya di desa Bogorejo, kecamatan Bancar, kabupaten Tuban, provinsi Jawa Timur. Objek pantai ini ramai dikunjungi baik hari biasa maupun hari libur. Tempat ini sangat menyejukkan mata wisatawan yang berkunjung.

Ketika memasuki pintu gerbang utama masuk wisata tersebut wisatawan disuguhkan dengan pepohonan rindang bak hutan dengan hamparan pohon akasia, klampis, dan mahoni. Dahulunya ini merupakan tempat penyimpanan kayu.

Fasilitas dan pelayanan pada pantai sowan adalah area parkir kendaraan, tempat istirahat, kamar mandi, rumah makan, dan sebagainya. Untuk transportasi, akses menuju objek wisata ini dapat di lalui oleh mobil, motor maupun bis.

4. Pantai Pulau Panjang, Jepara

Pantai pulang panjang memiliki pasir putih dan laut yang dangkal. Objek pantai ini terdapat hutan bakau dan trecking sehingga menambah keasrian daerah tersebut. Pada bagian tengah pulau terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi serta dikelilingi perdu dan semak sebagai tempat burung berkembang biak.

Baca Juga :   Pantai Tiga Warna : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas pada pantai pulau panjang adalah warung makan, dermaga perahu wisata, mushola, tempat sampah organic / non organic, serta makam syekh abu bakar. Pulau panjang terletak di kelurahan ujung batu, kabupaten Jepara. Untuk ke pulau ini wisatawan menyeberang dari kawasan pantai bandengan, kartini atau prawean. Penyeberangan dimulai dari pagi hingga sore hari pukul 17.00 WIB.

Pemandangan pulang panjang memiliki kawasan menarik dan eksotis. Pulau tersebut termasuk dalam wilayah yang masih sangat alami dan sepi. Bukan hanya menikmati pemandangan pantai namun wisatawan juga memiliki ilmu tambahan mengenai beragam flora dan fauna.

5. Pantai Widuri, Pemalang

Pantai widuri adalah pantai yang terletak di desa Widuri , kabupaten Pemalang , Jawa Tengah. Asal dinamakan pantai widuri adalah karena pantai terletak di desa widuri. Nama widuri diambil dari legenda nyi widuri.  Wisatawan yang ingin beristirahat sejenak daerah Pemalang bisa mengunjungi pantai ini. Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di jalur pantai utara.

Fasilitas yang didapat adalah bentangan pantai yang tidak begitu luas namun pinggiran banyak ditemui pohon-pohon besar sehingga dapat menjadi tempat bersantai . Selain itu ada beraneka ragam tempat wisata kuliner, objek wisata air, panggung pagelaran music, lapangan tenis dan area balap motor. Buat wisatawan yang hobi selfi dengan latar belakang air laut tenang, pantai ini cocok untuk dikunjungi.

Itulah pantai yang terdapat di kawasan pantai utara. Pantai-pantai tersebut menjadi destinasi yang cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarganya. Masih banyak pantai di sepanjang jalur pantura yang bisa ditemui. Jadilah pengunjung yang baik dan menjaga lingkungannya agar tetap lestari hingga kapan pun. Sehingga pantai-pantai indah ini tetap bisa dinikmati wisatawan manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *