Pantai Wediombo : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Wisata pantai menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu berlibur. Pantai yang sedang menjadi tempat favorit wisatawan terletak di Yogyakarta, yaitu Pantai Wediombo. Jika pantai pada biasanya pasir mendominasi, berbeda disini yang mendominasi adalah batuan karang yang bahkan membentuk bukit karang disisi timur. Hamparan karang memberikan keindahan dan keunikan tersendiri berwisata di pantai Wediombo.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Untuk bisa menikmati semua yang ada di pantai Wediombo dan berleha-leha disana, wisatawan harus membayar tiket masuk. Biaya masuk yang harus dibayar sebesar Rp. 5.000,- per orang. Tambahan yang harus dibayar untuk biaya parkir sebesar Rp. 2.000,- untuk motor, jika menginap biaya ditambah menjadi Rp. 4.000,- per motor. Sedangkan untuk biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000,- dan jika menginap bertambah menjadi Rp. 10.000,- per mobil.

Tersedia juga penyewaan alat untuk wisatawan yang hobi surfing. Juga ada pemandu serta dokumentasi foto. Hanya dengan membayar Rp. 100.000,- semua itu bisa didapatkan oleh wisatawan. Sedangkan yang hobi snorkeling, hanya perlu membayar Rp. 30.000,- untuk yang area dekat pantai, sedangkan jika area yang sedikit lebih jauh (naik kapal setelah di tengah lat) biaya yang dikenakan sebesar Rp. 80.000.- sekali jalan harus terdiri dari 6 orang.

Jika ingin merasakan sensasi menaiki motor trail juga tersedia, hanya dengan membayar sewa sebesar Rp. 100.000,- per orang. Juga ada sufboard yang dihargai Rp. 50.000,- serta ada juga Body Boot seharga Rp. 20.000 dan yang terakhir penyewaan tenda dengan kapasitas 4 orang dengan harga Rp. 35.000,- per tenda. Sangat banyak sekali bukan, objek wisata di Pantai Wediombo ini.

Objek wisata pantai murah di Jogja dengan harga yang murah keindahan alam akan tersaji dengan indahnya. Pantai ini tergolong belum ramai, sehingga wisatawan bisa merasakan seperti berlibur di pantai milik sendiri. Suasana ciamik dengan harga ekonomis.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wediombo

Tersedia banyak rute yang dapat dipilih untuk menuju Pantai Wediombo. Walau terletak di paling barat dari Kabupaten Gunung Kidul, tetapi tidak mengurangi minat wisatawan untuk berlibur di sini. Bahkan yang datang berwisata bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga wisatawan mancanegara. Semua karena lokasi yang terkenal indah, dengan hamparan batu karang, serta area luas dan air laut yang begitu bening. Berikut beberapa rute yang dapat dijadikan alternatif menuju Pantai Wediombo:

1. Jalur Utama

Jalur ini merupakan jalur utama yang sering digunakan wisatawan untuk sampai ke Pantai Wediombo. Dari kota Yogyakarta melaju ke arah Wonosari terus sampai bertemu Desa Mulo, lalu belok kiri ke arah Jepitu lalu ke kanan dan terus saja ke Pantai Wediombo.

2. Jalur Alternatif

Rute berikutnya dimulai dari Wonosari, lalu mengarah menuju kawasan Gunungkidul. Jalan melalui Wonosari, lalu menuju Mulo setelah itu ambil arah lurus untuk menuju Pantai Baron. Saat bertemu pertigaan ambil ke arah Pantai Kukup, lalu melaju ke Tepus dan jalan lagi ke Jepitu, lalu belok kanan dan ikuti arah jalan sampai ke Pantai Wediombo

3. Jalur Dari Arah Timur

Jalur dari arah timur ini dimulai dari Praci Wonogiri. Lalu menuju Rongkop menuju ke Pasar Ngrancah setelah itu belok ke kanan, menuju ke Jepitu barulah ikuti jalan lurus kearah Pantai Wediombo.

4. Rute Paling Tengah

Dari Wonosari menuju ke arah kawasan jepitu. Dimulai menuju Semanu lalu ke arah Giripanggang menuju Cuelo. Akan terlihat pertigaan lapangan, lalu pilih ke arah kanan menuju Pasar Jepitu, setelah itu ambil ke kanan lagi, mengikuti jalan hingga akan ketemu dengan Pantai Wediombo.

Sangat banyak rute yang bisa dipilih dan semuanya terbukti aman. Hanya perlu sesuaikan dengan jarak terdekat wisatawan saat ini, jangan sampai salah pilih jalur dan akan memakan waktu lama tiba, karena ada ritual salah jalan dan kesasar.

Tersedia kendaraan umum yang bisa dipakai jika perjalanan di mulai dari Terminal Giwangan, hanya perlu naik bus kearah Wonosari dan setelah itu menaiki angkutan menuju Jepitu. Lalu dilanjutkan dengan ojek sampai ke lokasi pantai.

Objek Wisata Di Pantai Wediombo

Pantai Wediombo memiliki banyak fasilitas yang tersedia dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Perjalanan jauh yang ditempuh akan tidak terasa setelah sampai disini. Berikut objek wisata di pantai Wediombo yang wajib diketahui:

1. Surfing (Berselancar)

Pantai Wediombo merupakan spot untuk pencinta surfing, dan telah dijadikan area surfing sejak tahun 2014. Ada beberapa atlet yang telah memanfaatkan bermain dengan ombak di pantai ini. Ombak yang menghempas dengan stabil dianggap sebagai yang terbaik di Jawa Tengah. Pantai Wediombo sendiri membentuk sebuah teluk yang dikelilingi perbukitan karang.

Jika tidak memiliki peralatan surfing tidak perlu khawatir. Disini sudah banyak yang menyediakan alat-alat untuk disewakan dengan harga yang terjangkau. Juga ada paket belajar surfing singkat, lengkap dengan sesi dokumentasi. Datanglah pada akhir pekan, sembari menikmati keindahan ombak disini.

2. Berenang Di Kolam

Tentu tujuan utama seseorang ke pantai adalah berenang dan mandi dengan air yang alami. Ada hal unik di Pantai Wediombo ini, dan hal ini menjadikan wisatawan ingin berlama-lama disini. Spot ini juga menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang datang. Hal tersebut adalah sebuah kolam dengan air yang jernih yang dibatasi dengan batu karang, sehingga membentuk seperti kolam alami.

Inilah tempat favorit wisatawan jika berwisata ke Pantai Wediombo, sebuah kolam yang terbentuk dengan alaminya. Biasanya selain berenang, wisatawan juga berfoto ria di kolam mini alami ini. Kolam dengan kedalaman sekitar 1,5 meter ini akan memberikan pengalaman baru seperti layaknya mandi di laguna. Cipratan ombak akan terlihat indah saat menerjang karang.

3. Melihat Sunset

Panorama sunset sangat mempesona di Pantai Wediombo. Bahkan sunset yang mempesona di GunungKidul dan terbaik di Wediombo. Sudut pantai menghadap ke arah barat, berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunungkidul yang berada di selatan. Kejadian istimewa berupa sunset yang berada di sisi bagian selatan Bumi tepat di horizon. Pada bulan November hingga Mei momen ini bisa dirasakan.

4. Snorkeling

Wisata pantai Wediombo adalah area yang cocok untuk snorkeling karena banyak terumbu karang dan biota laut yang bagus. Ada dua area snorkeling dini, yang ke satu disekitar pantai dan dapat di jangkau dengan berjalan kaki. Sedangkan yang area kedua, letaknya jauh dari pantai, karenanya diharuskan menaiki kapal. Sudah ada penyewaan alat snorkeling dan pemandu yang siap menemani.

5. Camping

Untuk yang suka bermalam dengan suasana alam, di pantai Wediombo menyediakan area ber camping. Lokasi yang disediakan cukup luas, dan tersedia pula penyewaan tenda dengan harga relatif terjangkau. Wisatawan juga dapat melakukan kegiatan hammocking, hunting foto dan memancing di area pantai yang kaya akan ikan ini.

Itulah informasi mengenai harga tiket, rute menuju lokasi dan objek wisata di pantai Wediombo yang wajib diketahui. Jika Indonesia memiliki kekayaan alam sangat indah tentunya hal tersebut akan menarik minat wisatawan mancanegera. Masyarakat harus ikut membantu melestarikan dan menghargai alam negeri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *