Pantai Widuri : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Widuri adalah salah satu tempat wisata pantai yang dapat digunakan untuk menikmati masa liburan.  Tempat wisata ini memiliki pesona keindahan alam megah beserta keasrian dan kesejukan yang tiada duanya. Penduduk lokalnya pun begitu ramah terhadap para wisatawan asing maupun lokal. Pantai ini juga menyediakan beragam fasilitas untuk menikmati alam pesisir dan juga penyaluran hobi.

Nama Widuri berasal dari legenda Nyi Widuri yaitu seorang wanita cantik jelita yang tinggal di desa itu, saat ini dikenal dengan nama desa Widuri. Jika berada di ibukota Pemalang atau lebih  tepatnya di sekitaran alun-alun kota Pemalang, lihatlah ke arah utara nantinya akan terdapat jalan lurus mulai dari depan Kabupaten hingga pantai Widuri. Itulah bagian dari desa Widuri.

Sebagian lain cerita menyebutkan, kota Pemalang jalan lurus tersebut ketika dulu dibuat oleh seorang Patih sakti. Saat diperintah, sang Patih tersebut akan selalu menjawab “sampun” atau dalam bahasa Indonesia berarti sudah terlaksana. Patih tersebut kemudian lebih dikenal dengan sebutan Patih Sampun. Namun beberapa masyarakat sekitar menyebut pantai ini sebagai pantai Tlincing.

Harga Tiket Masuk Wisata Widuri Pemalang

Harga tiket masuk ke pantai widuri tidaklah mahal bahkan sangat murah, beberapa penduduk sekitar bahkan tak berbayar untuk masuk pantainya. Untuk harga tiket pantai ini  pada hari-hari biasa atau weekday berkisar Rp 3 ribu hingga 5 ribu sekali masuk untuk satu orang. Sedangkan pada hari-hari besar atau weekend mematok harga 5 ribu hingga 10 ribu per orang.

Bagi yang membawa alat transportasi  motor atau mobil nantinya akan dikenakan biaya tambahan. Biaya juga tak mahal, hanya sekedar ongkos parkir untuk setiap transportasinya. Selain pantai, Widuri juga mempunyai wisata lainnya yaitu widuri waterpark. Wisata ini bisanya digunakan untuk  keluarga dan anak-anak. Harga tiket masuk widuri park parkir Rp. 15.000 per orangnya.

Selain harga tiket masuk, biasanya para wisatawan mengeluarkan dana tambahan untuk membeli makanan, minuman atau cemilan. Sekitar pinggiran pantai widuri nantinya akan berjejer rapi warung-warung yang menawarkan beragam jenis makanan. Harganya juga tak terlalu mahal, seperti harga makanan pada umumnya.  Namun, bagi yang ingin berhemat dapat membawa bekal pribadi dari rumah.

Rute Menuju Lokasi Wisata Widuri Pemalang

Wisata Pantai Widuri tepatnya berada di Jl. Laksada Yos Sudarso yaitu terletak di Desa Widuri tepat berada di Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Keindahan yang ditawarkan Pantai Widuri  menjadikan tempat wisata ini jarang sepi pengunjung meskipun pada hari biasa. Ketika musim liburan tiba, pengunjung memenuhi seluruh pantai untuk merasakan memberikan sensasi alami yang ditawarkan pantai ini.

Untuk dapat tiba kesini, para wisatawan asal kota Pemalang tak bingung lagi, karena pantai ini sudah cukup terkenal serta lokasi di Pemalang yang mudah di jangkau. Namun, bagi wisatawan luar Pemalang juga dapat mendatangi lokasi Wisata  Widuri di Pemalang Jawa Tengah melalui dua akses transportasi yaitu transportasi umum maupun pribadi.

1. Transportasi Pribadi

Bagi wisatawan dapat datang ke pantai widuri Pemalang dengan transportasi pribadi baik motor maupun mobil. Pantai ini berada di pusat kota pemalang, sekitar 10 menit yang perlu ditempuh dari alun-alun kota Pemalang. Pengguna transportasi pribadi dapat melewati akses jalan raya Pantura Pemalang – Tegal, karena jaraknya lebih dekat dengan lokasi. Penggunaan transportasi pribadi tentu lebih nyaman dan menyenangkan.

2. Transportasi Umum

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir. Terdapat beberapa transportasi umum seperti bis atau angkutan umum lainnya. Jika menggunakan angkutan umum atau bis nanti akan turun di Desa Widuri, setelah itu dapat menaiki ojek yang berada tak jauh di sekitar tempat pemberhentian. Lalu akan tiba dan segera dapat menikmati keindahan pantai Widuri Pemalang.

Obyek Wisata  Widuri Pemalang

Tidak hanya menawarkan keindahan pantai saja, tempat wisata ini juga memiliki obyek wisata lainnya. Berikut ini 10 Obyek Wisata Widuri :

1.  Widuri Water Park

Widuri Water Park masih menjadi bagian wisata pantai widuri. Obyek wisata ini mempunyai luas 23,7 Ha dalam lahan milik Pemerintah Kabupaten Pemalang. Di dalamnya terdapat  beragam wahana. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga, terutama anak-anak. Terdapat kolam yang cukup dangkal sebatas pinggang orang dewasa yang dapat digunakan bermain anak-anak.

Terdapat juga wahana tantangan, yaitu papan luncur sepanjang 135 meter di ketinggian 11 meter. Ada 3 jenis seluncuran yang sangat memacu adrenalin. Selain itu juga terdapat seluncuran yang tingginya 6 meter, dengan  panjang 10 meter, sebanyak 3 buah luncuran yang masing-masing memiliki kecepatan 5 m/menit. Yang lebih seru untuk anak-anak yaitu sebuah ember besar diatas kolam  yang akan menumpahkan airnya ketika penuh.

2. Gazebo

Di sekitaran tempat wisata widuri juga terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat. Gazebo ini cukup nyaman sebagai tempat berteduh sementara sebelum melanjutkan perjalanan kembali mengelilingi tempat wisata pantai widuri. Wisata ini cukup luas memang, para wisatawan harus memarkir di depan tempat wisata, setelah itu wisatawan harus berjalan dalam jarak yang lumayan untuk dapat tiba di Pantai ini.

3. Panggung Hiburan

Tidak hanya menyuguhkan water park widuri saja yang dapat di akses oleh anak-anak. Wisata widuri juga memiliki panggung hiburan yang meriah. Panggung ini berada di dalam tempat wisata widuri sebelum pantai. Di panggung hiburan menyajikan berbagai penampilan penyanyi lokal.

Panggung hiburan ini sebenarnya mirip sepertinya pasar malam yang menghadirkan beragam permainan untuk anak. Hanya saja ikon utamanya yaitu panggung hiburan dan disekitarnya tersaji wahana permainan anak seperti komidi putar, wahana kincir angin, ayunan dan banyak lainnya.

4. Sirkuit Balap Motor

Bagi yang memiliki hobi balap motor, wisata widuri juga menyuguhkannya.  Wisata  Widuri memiliki trotoar sepanjang 500 meter yang terletak di pinggir pantai. Di trotoar ini biasanya dilakukan sirkuit balap motor.

Pada saat-saat tertentu area ini juga dapat digunakan untuk acara-acara besar seperti kontes, pesta rakyat, konser musik dan lain sebagainya. Biasanya juga pada pagi hari banyak penduduk sekitar yang melakukan olahraga atau jogging di  sekitaran tersebut.

5. Lapangan Tenis

Masih di sekitaran wisata  widuri, terdapat juga lapangan tenis. Bagi wisatawan yang memiliki hobi bermain tenis meja dapat mengunjungi lapangan. Lapangan ini berada di dalam tempat wisata widuri, lokasinya berbeda dengan pantai widuri

6. Banana Boat

Di sekitar pantai widuri juga terdapat aktivitas yang kalah menarik yaitu mengelilingi pantai dengan banana boat. Terdapat beberapa orang yang akan menyewakan banana boat yang dapat digunakan. Harga sewanya tak tentu, setiap pedagang menarif harga yang berubah terutama saat hari libur yang akan lebih mahal harganya

7. Tamasya Pinggir Pantai

Yang paling sering dilakukan oleh para wisatawan terutama keluarga yaitu tamasya di pinggir pantai. Dari semua keceriaan, hal yang paling pas untuk menghilangkan penat  yaitu dengan rekreasi keluarga. Sekedar mengelar alas duduk atau karpet di sekitaran pantai lalu menikmati keindahan pantai dengan nyaman.

Bersama anggota keluarga ataupun teman bermain, wisatawan dapat bermain pasir, mandi di tepi laut ( ketika ombak laut utara  tidak sebesar laut selatan di Pantai Jawa ) dengan menggunakan ban yang disewa. Atau yang paling aman  hanya sekedar berlarian di sekitar pantai sambil menikmati jajanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *