Pantai Wonosari : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Wonosari merupakan Ibukota dari Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, Wonosari juga dikenal dengan banyaknya pantai cantik yang mempesona. Keindahan Pantai Wonosari sudah tidak perlu diragukan lagi. Kawasan Pantai Wonosari ini memiliki beragam jenis pantai yang rata-rata sudah sangat populer di mata wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Wonosari

Untuk dapat mengakses ke area Pantai Wonosari hanya dikenakan biaya sekali antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per orang. Dengan tarif biaya sekali saja, traveler sudah bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus yang saling berdekatan.

Selain itu, traveler dikenakan biaya parkir Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua. Untuk fasilitasnya di semua lokasi pantai sudah dikenal banyak orang. Dengan fasilitas pendukungnya sudah lengkap seperti MCK, rumah makan, penginapan serta tempat ibadah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wonosari

Dari jalur Selatan dari Imogiri, Bantul Selatan, Parang Tritis, Kulon Progo dan sekitarnya. Traveler bisa melalui Jalan Lintas Selatan (JLS) naik menuju Panggang/Saptosari kemudian menyusuri pantai yang diinginkan. Waktu tempuh dari Bantul menuju pusat pantai ini kurang lebih 2 jam. Jalur utama dari kota Jogja dan sekitarnya.

Traveler bisa melalui jalan utama yaitu Jogja/Prambanan – Piyungan-Patuk menuju kota Wonosari Gunung Kidul. Kemudian menuju jalan ke arah pantai baron. Waktu tempuh dari pusat kota Jogja sekitar 2,5 sampai 3 jam.

Bagi yang berasal dari Klaten, Solo, Salatiga, Boyolali dan sekitarnya. Traveler bisa melalui jalan Klaten – Cawas – Semin Gunung Kidul – Karangmojo – Wonosari ke arah selatan arah pantai. Waktu tempuh dari kota Klaten ke pusat kunjungan wisata sekitar 2 sampai 3 jam.

Sedangkan jalur timur bagi yang berasal dari Praci, Sukoharjo, Wonogiri, Pacitan dan sekitarnya bisa melalui Jalan Lintas Selatan. Masuk dari Praci – Rongkop/Baran ke selatan Girisubo/Pantai Sadeng. Setelah itu belok kanan ke pertigaan yang ada tugunya dekat dengan Polsek Girisubo kemudian mulai menyusui pantai. Waktu tempuh dari kota Praci ke pusat kunjungan pantai ini sekitar 2 sampai 3 jam.

Obyek Wisata Pantai Wonosari

Kawasan Pantai Wonosari ini memiliki beragam jenis pantai yang rata-rata sudah sangat populer di mata wisatawan. Pemandangannya memiliki pesona yang tidak akan membuat wisatawan bosan. Berikut ini merupakan objek wisata yang berada di Pantai Wonosari, di antaranya :

1. Pantai Timang

Pantai timang ini terletak di Tepus, atau sekitar 35 km di Selatan Wonosari. Objek wisata Pantai Timang ini bisa jadi tujuan liburan seru sekaligus memacu adrenalin. Di pantai ini wisatawan bisa menyaksikan hempasan ombak yang menghantam tebing dan batu karang yang ada di sekitar pantai.

Besarnya hempasan ombak, dapat membuat wisatawan kecipratan air laut meski berada di atas tebing. Pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka berburu foto keren untuk dipajang di Instagram. Selain itu, terdapat kereta gantung yang terbuat dari kayu dengan tali tambang sebagai tali pengamannya untuk menuju Pulau Watu Panjang.

Kereta ini digunakan nelayan untuk membawa hasil tangkapan lobster di pulau tersebut menuju daratan. Hanya dengan membayar Rp 200.000 wisatawan dapat merasakan sensasi menyebrang dengan kereta gantung ini.

2. Pantai Baron

Pantai baron ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Objek wisata pantai baron juga memiliki pemandangan yang cantik dengan air laut yang bersih berwarna gradasi kebiruan.

Selain itu, pantai ini diapit oleh dua bukit di sisi kiri dan kanannya. Ombak di pantai ini masih tergolong aman bagi wisatawan yang ingin berenang atau sekedar main air.

Wisatawan juga bisa melihat banyak perahu tradisional nelayan setempat yang ditambatkan di pinggir pantai yang semakin menambah keunikan pantai ini. Selain itu, terdapat sungai yang mengalir ke laut yang bisa dijumpai di dekat pantai ini.

3. Pantai Ngobaran

Kawasan Pantai Wonosari selanjutnya adalah Pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Disini menawarkan keindahan pantai laut selatan yang memukau dengan ombak besar dan air laut yang jernih dan bergradasi warna biru.

Hamparan pasir putih ditambah pepohonan rindang di sekitar pantai, semakin menambah kemolekan pantai yang termasuk tersembunyi dan alami ini. Hal ini dikarenakan belum terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Jadi, suasananya masih belum ramai dan tenang. Selain itu, disini juga terdapat kuliner dari landak laut yang hanya dijumpai di pantai ini.

4. Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan pantai cantik yang tersembunyi di Pantai Wonosari. Objek wisata ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Wonosari. Pantai ini disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Yogyakarta. Hal ini karena disisi timur pantai terdapat Pulau Karang yang diberi nama Pulau Jumino.

Pulau Jumino ini memiliki gardu pandang yang sengaja dibangun agar wisatawan bisa menikmati pemandangan Samudera Hindia tanpa halangan. Selain itu, dengan adanya gardu pandang ini dapat membuat pantai ini terlihat seperti Tanah Lot di Bali. Pantai ini memiliki hamparan putih cantik ditambah ombak yang tenang.

Di Pantai Kukup terdapat gugusan terumbu karang yang berada dekat bibir pantai yang melindungi pantai dari hempasan ombak besar. Sehingga, ombak yang sampai ke pantai kukup jauh lebih tenang dan asyik untuk berenang atau main air.

5. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, yang lokasinya dekat dengan Pantai Ngobaran. Objek wisata ini menawarkan keindahan pantai yang memiliki dinding-dinding karang yang cantik.

Tidak hanya cantik, dinding-dinding ini juga berfungsi untuk menahan hempasan ombak besar dari Samudera. Di pantai ini, wisatawan bisa melihat langsung aktivitas nelayan yang mencari ikan dan tempat pelelangan ikan di dekat pantai.

6. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Objek wisata pantai cantik yang satu ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka berenang dan snorkeling. Meski berenang maupun snorkeling jarang bisa dilakukan di pantai laut selatan karena ombak besar.

Namun, di pantai nglambor ini wisatawan bisa snorkeling dengan bebas. Ombak yang sampai ke pantai tidak begitu besar, dikarenakan adanya pulau-pulau karang yang menghadang ombak besar dari Samudera.

Perairan pantai ini termasuk dangkal, berair jernih dan memiliki banyak terumbu karang. Selain itu, terdapat ikan-ikan cantik yang bisa ditemui saat melakukan kegiatan snorkeling. Disini juga tersedia penyewaan alat snorkeling bagi wisatawan yang ingin puas dalam bermain air di pantai ini.

7. Pantai Siung

Pantai Siung dikenal dengan batu karang besar nan tinggi yang menawarkan pemandangan pantai yang tak biasa. Dinding karang ini, biasa dijadikan tempat panjang tebing dan sering dipakai sebagai lokasi perlombaan panjat tebing tingkat nasional dan internasional.

Pantai siung ini terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Objek wisata pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan air laut yang jernih dan berwarna kebiruan.

Itulah beberapa ulasan tentang beragam jenis pantai yang berada di pantai wonosari,  serta pemandangannya yang tidak akan membuat wisatawan bosan. Akses jalannya pun mudah, walaupun belum semua jalan menuju pantai ini masih ada yang berupa jalan tanah bebatuan. Namun, saat ini masih dalam perbaikan maupun pengembangan untuk menuju lokasi pantai di wonosari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *