admin Menulis Apa Saja

4 Lokasi Rafting di Malang yang Seru dan Menantang

3 min read

Rafting adalah kegiatan olahraga yang mulai muncul sejak abad 19an di Amerika Serikat. Kabarnya, olahraga air ini dipelopori oleh John Macgregor yang ketika itu sedang memimpin ekspedisi di sungai Colorado. Perkembangan olahraga rafting atau arung jeram kian pesat, di Indonesia Anda bisa melakukannya. Berbagai kota umumnya menyediakan sungai yang memenuhi kriteria untuk rafting, salah satunya adalah rafting di Malang.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai lokasi rafting di Malang, maka disarankan untuk membaca tulisan ini hingga tuntas. Pada dunia olahraga mengarungi jeram, Anda akan diperkenalkan dengan beberapa istilah seperti put in, take out atau end point, swimmer, strainer, skipper, waterfall, wrap, tongue, dan masih banyak lagi. Skipper sendiri adalah orang yang menjadi instruktur sekaligus pendamping selama melakukan rafting.

Tempat Olahraga Rafting di Malang

Berkunjung ke kota yang terkenal akan baksonya memang menjadi pilihan tepat untuk menguji kekompakan. Dengan melakukan rafting di Malang, Anda akan melihat seberapa besar teamwork yang mampu diciptakan antara setiap awak yang terdiri dari teman-teman Anda. Di Malang, Anda bisa menemukan sungai-sungai dengan arus dan kondisi yang beragam. Bagi pemula, meskipun sudah disediakan pengaman, tentu disarankan untuk memilih lokasi arung jeram di Malang yang punya risiko lebih kecil keselamatan.

Hal ini dikarenakan tak jarang, arus sungai yang cukup deras, terlebih dengan keberadaan batu yang semakin mengubah arah aliran air, membuat awak perahu terpental ke luar. Maka dari itu, pemilihan lokasi rafting di Malang yang cocok dengan kemampuan dan pengalaman Anda cukup penting untuk diperhatikan. Berikut ini beberapa pilihan lokasi arung jeram di kota Malang dengan level tantangan yang berbeda-beda.

Baca Juga : Pantai Yang Ada Di Malang : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Ndayung Rafting

Berada di desa Gubuklakah, Kecamatan Poncokusmo, Kabupaten Malang, Ndayung Rafting menjadi salah satu lokasi rafting yang banyak diincar orang-orang, baik berasal dari lokal ataupun turis mancanegara. Ndayung Rafting menawarkan sensasi arung jeram yang cukup ekstrem. Biasanya, orang-orang mendatangi lokasi ini untuk melakukan rafting sebelum mendaki gunung Bromo.

Lokasi sungai Ndayung Rafting berada di lereng gunung Semeru sebelah utara. Aliran sungainya berasal dari Air Terjun Coban Pelangi dimana arus sungai pada kawasan rafting di Malang ini punya 20 jeram. Dua jeram andalannya, yakni Jeram Welcome dan Double Jeram Loading siap menguji keberanian Anda dengan ketinggian empat hingga lima meter. Tentunya, ini akan memberikan perasaan menegangkan dan penasaran dalam satu waktu.

Selain kegiatan arung jeram, Ndayung Rafting juga menawarkan keseruan lain berupa outbound, paint ball, air softgun, dan masih ada lagi yang menarik lainnya. Untuk bisa menikmati lokasi rafting di Malang ini, Anda akan dikenakan kocek sebesar Rp200 ribu per orang, untuk outbound sekitar Rp170 ribu per orang, paint ball Rp150 ribu per orang, dan air softgun kisaran Rp120 ribu per orang.

Sahabat Air Rafting

Punya keberanian lebih untuk menantang diri dengan melakukan rafting? Anda bisa menyambangi lokasi rafting di kota Malang ini. Sahabat Air Rafting terkenal sebagai olahraga arung jeram alami, karena memang benar-benar belum ada campur tangan manusia. Arus sungai yang tersedia punya jarak tempuh sekitar 9 km. Buat Anda yang punya rencana berkunjung ke Malang untuk melepas penat dengan temat-teman kantor, jangan lupakan untuk mendatangi tempat ini.

Sahabat Air Rafting siap memberikan pengalaman tak terlupakan, terutama buat Anda yang belum pernah melakukan rafting di sungai dengan jeram yang cukup ekstrem. Bagaimana tidak, pada sepanjang sungai, Anda akan merasakan sensasi melewati bebatuan kecil yang begitu nyata. Belum lagi dengan beberapa turunan yang cukup tinggi hingga 5 meter, Anda akan dibuat teriak-teriak dan tegang sendiri olehnya.

Jika Anda berniat untuk memacu adrenalin, maka Sahabat Air Rafting sangat cocok dipilih. Kenapa? Sebab, di tempat ini Anda juga bisa menemui hal-hal yang tak bisa diprediksi, seperti keberadaan ular, bambu yang menghalangi perahu, atau bahkan perahu kempes dan harus ditiup manual. Pengalaman seru Anda juga dijamin aman karena Sahabat Air Rafting punya guide yang profesional dan sabar selama memimpin ekspedisi mengarungi jeram sungai ini.

Baca Juga : 13 Referensi Tempat Wisata Di Malang Yang Murah

Kasembon Rafting

Kasembon adalah nama kecamatan yang terletak di desa Bayem dan kabupaten Malang. Aliran sungai dari Kasembon Rafting berasal dari sungai Sumberdandang yang punya panjang jalur rafting antara 7 hingga 7,5 km atau setara dengan rafter pemula sekitar 2 jam. Agar bisa mencapai lokasi rafting di Malang ini, diperlukan waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit dari arah kota Malang menggunakan kendaraan. Sedangkan dari arah kota Kediri, memerlukan waktu mencapai satu jam perjalanan.

Kasembon Rafting yang sudah berdiri sejak 9 Desember 2006 ini dahulunya punya sungai yang tidak cocok dipakai untuk arung jeram, karena masih dipenuhi oleh sampah. Tapi oleh bupati Malang, bapak Sujudi, sungai serta lokasi sekitaran sungai ini mulai diberdayakan sehingga dapat menjadi salah satu destinasi olahraga arung jeram yang seru di Malang.

Bagi penghobi rafting profesional yang belum pernah mencoba aliran sungai di Kasembon Rafting, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Sedangkan untuk Anda para rafter pemula, lokasi ini juga cocok dijadikan debut pertama dalam menelusuri sungai dengan aliran yang cukup deras. Sungai yang berada di Kesambon Rafting puya lima kanal dengan ketinggian mulai 2 sampai 3 meter, masing-masing punya tingkat kesulitan rata-rata kelas dua hingga tiga.

Rafting Kaliwatu

Kaliwatu adalah nama lain dari sungai yang berbatu. Ini menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Rafting Kaliwatu, karena Anda akan benar-benar merasakan keseruan berupa tantangan-tantangan untuk melewati batu-batuan yang ada di sepanjang aliran sungai ini. Rafting Kaliwatu terletak di Jl. Raya Pandanrejo No. 19, Bumiaji, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur. Lokasi ini mulai buka pada pukul 08:00 pagi sampai 17:00 sore.

Tempat rafting di Malang yang seru ini juga memastikan setiap kelompok, bahkan bagi mereka yang awam atau pertama kali dalam melakukan olahraga air ini, akan dijamin keamanannya. Pasalnya, Rafting Kaliwatu terkenal dengan guide atau skipper yang profesional. Setiap pemandu sudah berbekal pengalaman lama sehingga keterampilannya untuk menahan perahu agar tak terbalik tidak perlu diragukan lagi.

Bukan cuma itu, Rafting Kaliwatu juga menyiapkan tim penyelamat di setiap titik lokasi sungai yang berbahaya. Meskipun Anda sudah dibekali dengan peranti keamanan seperti pelampung dan helm yang mempunyai merek terbaik, tetap saja mereka waspada dengan segala risiko yang mungkin muncul.

Setiap lokasi rafting di Malang punya nilai ekstrem yang berbeda-beda. Buat Anda yang pemula, jangan terlalu takut untuk mencoba pengalaman pertama melakukan kegiatan olahraga berkelompok ini. Sensasi-sensasi seru dan menegangkan mungkin akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Anda, tapi tenang saja karena rata-rata penyedia olahraga air ini akan membekali pengunjung dengan pelatihan atau training sebelum memulai penaklukan derasnya arus sungai.

admin Menulis Apa Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *