Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk Di Jakarta

3 min read

taman wisata alam mangrove, angke kapuk

Jakarta memang sebuah kota besar yang dipenuhi dengan gedung tinggi. Namun hal ini bukan berarti Jakarta tidak memiliki ruang hijau untuk tempat berwisata. Salah satu tempat berwisata di Jakarta yang terkenal dengan nuansa hijaunya adalah Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk. Taman wisata yang satu ini berada di kawasan Jakarta Utara. Tempat ini memang sudah sangat dikenal oleh warga Jakarta.

Taman wisata ini adalah kawasan hutan Mangrove yang membentang luas. Fungsi dari kawasan hutan ini adalah untuk menjaga bibir pantai dari abrasi atau pengikisian daratan oleh air laut. Angke Kapuk sudah lama dibuka untuk publik sebagai tempat wisata. Di hutan mangrove ini ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan.

13 Kegiatan Seru Di Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Banyaknya kegiatan seru yang bisa dilakukan di Angke Kapuk membuat para wisatawan merasa betah berada di sini. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi oleh warga Jakarta saat weekend atau hari libur. Bagi warga Jakarta yang suka dengan suasana alam, maka tempat ini adalah kawasan yang wajib untuk didatangi. Berikut ini kegiatan seru yang bisa dilakukan di Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk:

1. Melihat Pemandangan Hutan Bakau

hutan mangrove prewedding

Hal pertama yang bisa dilakukan di sini adalah melihat pemandangan hutan bakau. Mangrove dan hutan bakau yang ada di sini sangat banyak sekali. Seluruh kawasan ini ditutupi oleh pohon bakau yang menjaga bibir pantai. Kawasan hutan bakau ini sangat cantik dengan pemandangan air yang kehijauan. Pemandangan seperti ini sangat cocok untuk menjernihkan pikiran. Oleh sebab itu, banyak warga yang datang ke sini untuk refreshing.

Baca Juga :   15 Tempat Wisata Anak Di Jakarta Yang Seru Dan Menyenangkan

2. Berkeliling Hutan Naik Sepeda

Tempat ini memiliki jalur untuk naik sepeda. Di sini para wisatawan yang datang bisa menyewa sepeda dari pihak pengelola. Berkeliling menggunakan sepeda di tempat ini tentu akan sangat menyenangkan sekali. Kegiatan bersepeda mungkin memang terdengar biasa. Namun hal ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan di jalur yang dipenuhi dengan rerimbunan hutan bakau.

3. Naik Kapal Speed Boat Bersama Teman

Di sini juga terdapat fasilitas berupa kapal speed boat. Kapal ini bisa menampung muatan 4 hingga 6 orang. Muatan yang cukup banyak ini sangat cocok dinikmati bagi wisatawan yang datang bersama teman-teman atau dalam rombongan. Kegiatan ini tentu akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Untuk menikmati fasilitas yang satu ini pengunjung harus mengeluarkan biaya sewa kapal.

4. Mendayung Perahu Kecil

Bagi yang tidak suka naik speed boat, maka perahu kecil bisa menjadi fasilitas yang sangat menyenangkan. Di tempat ini  para wisatawan bisa mendayung perahu kecil mengitari hutan bakau. Perahu kecil ini muat untuk 2 orang. Kegiatan ini sangat romantis dan cocok dilakukan oleh pasangan yang datang ke sini. Sama seperti speed boat, untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung juga harus menyewa perahu.

5. Belajar Banyak Hal Tentang Mangrove

Hutan Mangrove Pantai indah Kapuk jakarta

Review tempat wisata ini juga bagus dikunjungi oleh anak-anak. Anak-anak bisa belajar banyak hal tentang pohon mangrove atau pohon bakau. Pohon bakau adalah pohon yang hanya bisa tumbuh di pinggir pantai. Oleh sebab itu, anak-anak pasti tidak pernah melihat pohon seperti ini. Di tempat ini para orangtua bisa mengajarkan pada anak-anak seperti apa pohon mangrove itu.

Baca Juga :   14 Tempat Wisata Alam Di Jakarta, Kesejukan Di Tengah Kemodernan

6. Menikmati Sajian Kuliner

Di kawasan ini juga terdapat restoran unik. Di restoran unik ini para pengunjung bisa menikmati sajian kuliner yang lezat. Ada beberapa makanan enak yang bisa dipesan di tempat ini. Hal ini juga akan memudahkan pengunjung dalam mencari makanan. Pengunjung tidak perlu bingung mencari tempat jual makanan jika lapar. Cukup datang ke restoran ini.

7. Jalan-Jalan Di Atas Jembatan Mangrove

Pengunjung juga bisa jalan-jalan di atas jembatan Mangrove. Jembatan ini sangat unik dan  menjadi ciri khas dari tempat ini. Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk lewat dari atas jembatan-jembatan mangrove. Melawati jembatan-jembatan ini seperti pengalaman yang unik. Tentu saja karena jembatan ini menghubungkan kawasan-kawasan yang ada di hutan mangrove.

8. Berfoto Ria Di Beberapa Spot Cantik

taman wisata alam angke

Jika kesini sebaiknya pengunjung membawa Hp yang resolusinya bagus. Hal ini dikarenakan pengunjung dilarang membawa kamera DSLR kecuali mau membayar. Jika pengunjung ingin membawa kamera, maka pengunjung hanya boleh membawa kamera Hp. Ada banyak sekali spot foto yang cantik di tempat wisata ini. Sebagian wisatawan menghabiskan waktunya di sini untuk berfoto ria.

9. Melakukan Kegiatan Penanaman Pohon Bakau

Penanaman kembali pohon bakau sangat penting untuk dilakukan. Untungnya para pengunjung bisa melakukan kegiatan penanaman pohon bakau di tempat ini. Ada banyak bibit bakau yang disediakan oleh pihak penyelenggara. Para pengunjung bisa membeli bibit bakau tersebut dan menanam  pohon bakau di tempat yang telah disediakan. Banyaknya pohon bakau yang ditanam akan membuat tempat ini tetap lestari.

10. Berjalan Menyusuri Hutan Mangrove

Berjalan santai menyusuri hutan bakau adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika kegiatan ini dilakukan bersama dengan teman atau pasangan. Kegiatan berjalan santai mengelilingi hutan bakau juga merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Wisatawan tidak hanya bisa berlibur namun juga bisa menjadi sehat.

Baca Juga :   Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Yang Wajib Dikunjungi

11. Melakukan Kegiatan Berkemah

Kegiatan berkemah juga bisa dilakukan di sini. Bermalam di tengah hutan bakau tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Dalam hal ini pihak pengunjung harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak pengelola. Kegiatan seperti ini sangat seru dilakukan jika beramai-ramai. Ada banyak kegiatan yang sangat menyenangkan dan bisa dilakukan.

12. Melihat Banyak Satwa Liar

Hutan bakau adalah vegetasi alami tempat dimana hewan liar hidup. Pengunjung tidak perlu merasa takut, sebab satwa liar yang biasa hidup di sini adalah jenis hewan burung. Ada banyak burung cantik yang bisa dilihat oleh para pengunjung. Selain burung, ikan-ikan kecil juga bisa ditemukan di bagian pinggiran hutan bakau. Aktivitas melihat satwa liar tentu akan sangat menyenangkan.

13. Menginap Di Vila Unik

Di kawasan tempat wisata ini juga terdapat vila yang sangat unik. Semua vila yang ada di sini bisa disewa oleh para pengunjung. Vila di sini unik karena bentuknya yang tidak biasa. Hal ini tentu akan membuat para pengunjung merasa betah untuk tinggal di kawasan hutan bakau. Untuk bisa tinggal di vila ini, pengunjung harus membayar uang sewa yang sudah ditetapkan pengelola.

Lakukan semua kegiatan  seru ini  di Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk. Tempat wisata ini adalah tempat wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya tiket dan biaya sewa beberapa peralatan jika ingin liburan di tempat ini. Tidak perlu merasa khawatir karena tempat wisata ini terbilang cukup terjangkau.

Berkunjung ke Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk akan memberikan pengalaman liburan yang tidak biasa. Jangan ragu untuk berlibur ke taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk. Datang ke sini bisa dengan teman atau dengan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *