10 Tempat Wisata Alam di Bandung Yang Instagrammable

4 min read

Berbicara mengenai Bandung tentu saja akan menghabiskan waktu yang banyak. Itu karena kota ini memiliki banyak sekali hal yang tidak akan habis untuk diceritakan. Pembahasan kita kali ini tentang tempat wisata alam di Bandung yang selalu berhasil menggaet banyak pengunjung.

Bagi para pengunjung yang hendak mengunjungi tempat-tempat wisata alam di Bandung sebaiknya pergi rombongan. Hal ini karena memang suasana kebersamaan dan kehangatan akan terkenang selamanya. Kamu bisa mengajak keluarga, sahabat, atau pun kerabat untuk menikmati Bandung yang dingin.

Tempat Wisata Alam Di Bandung

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, bahwa Kota Bandung selalu bisa dilihat dari berbagai macam sudut pandang. Mulai dari sejarah, bangunan, budaya, fashion, wisata, dan masih banyak lagi. Berbagai hal menarik tersebut selalu menarik untuk diceritakan. Apalagi berbicara tentang tempat wisata alam di Bandung berikut ini :

1. Gunung Tangkuban Perahu

Jika bermain ke Bandung, ada baiknya mengunjungi gunung ini. Dari atasnya, kita bisa menyaksikan hamparan pemandangan yang menjulang dari segala arah. Mulai dari pemandangan kawah, hutan pinus, hingga kebun teh bisa terpampang nyata dari atas sana. Perlu diperhatikan juga, sebaiknya pengunjung membawa masker penutup mulut agar terhindar dari polusi dan gas yang bisa membahayakan pernapasan.

Percaya atau tidak, gunung ini juga memiliki cerita legendaris yang dipercayai oleh masyarakat, yakni cerita seorang anak bernama Sangkuriang. Anehnya anak itu ingin menikahi ibunya sendiri, tetapi untuk mencegah hal itu terjadi, sang ibu meminta Sangkuriang untuk membuat perahu terlebih dahulu namun ia gagal menyempurnakannya. Karena kesal ia pun menendang perahu tersebut hingga terbentuk sebuah gunung berbentuk perahu terbalik yang kemudian dinamakan Gunung Tangkuban Perahu

2. Curug Tilu Leuwi Opat

 

Para traveller sejatinya menyukai destinasi yang memiliki keindahan dan keelokan rupa. Tidak cukup sampai di situ, jiwa petualangan mereka justru semakin membuncah ketika membutuhkan perjuangan untuk sampai di tujuuan. Curug Tilu Leuwi Opat adalah jawaban bagi para pecinta trekking, outbound, dan camping. Jadi, bisa dikatakan jika mengunjungi tempat ini, pengalaman yang didapatkan langsung berlipat ganda.

Untuk trekking, jalur yang dilalui memang tidak seperti naik-turun gunung, tetapi terdapat banyak sekali tebing tinggi tanpa pengaman. Sehingga setiap langkah harus diperhitungkan dan alangkah lebih baik jika menggunakan sandal atau sepatu yang cocok untuk trekking. Setelah melewati beberapa rintangan, termasuk juga menyebrangi jembatan bamboo, dan melewati pipa-pipa air. Maka perjalanan bisa dikatakan sudah selesai, kita tinggal menentukan akan bermain bersama air atau bermanja dengan DSLR.

3. Curug Bellarosa

Pariwisata di Indonesia bisa dibilang sudah sangat berkembang dan bahkan sudah mendunia sejak lama. Masing-masing daerah berusaha untuk menawarkan layanan terbaik bagi para traveller. Bandung, yang juga dikenal sebagai kota kreatif tentu saja tidak bisa tinggal diam saja dan hanya mengandalkan wisata buatan. Masyarakat pun berusaha menjamah bahkan ke belantara hutan. Pada akhirnya ditemukanlah Curug Bellarosa yang menjadi salah satu destinasi andalan Bandung.

Banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari akitivitas trekking, berfoto ria, bermain api unggun, memancing, bermain ayunan, dsb. Jika perut berteriak pun, kita tidak perlu khawatir karena sudah disediakan warung-warung milik warga yang harganya cukup terjangkau.

4. Taman Begonia

Jika Jawa Timur memiliki Taman Selecta, maka Bandung, Jabar memiliki Taman Begonia. Tempat ini sudah menjadi lokasi yang Instagramable banget karena selain susasananya yang asri. Taman ini juga menyediakan berbagai macam bunga dari berbagai daerah, sehingga cukup berkunjung untuk mencari jenis bunga apa pun yang diinginkan.

Selain aroma bunga yang menyejukkan jiwa, tersedia juga beberapa kafe yang tentunya bisa menjadi penghangat kala menghadapi Bandung yang sejuk.

5. Sendang Geulis Kahuripan

Wisata yang membuat kita berhubungan langsung dengan alam memang kebanyakan selalu menghadirkan legenda atau mitos di dalamnya. Konon Sendang Geulis ini sendiri memiliki mata air yang ajaib yang jika kita berenang bisa membuat awet muda.

Meskipun airnya jernih bak aquarium raksasa, kita harus tetap berhati-hati pada batu tajam di dasar sungai. Letaknya yang berada di daerah Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat tentu saja membuatnya berjarak cukup dekat dengan destinasi lainnya. Masyarakat sekitar sendiri lebih mengenal tempat ini dengan nama Sirah Cai Kahuripan

6. Pine Forest Camp

Hutan pinus ini memang menjadi salah satu wisata alam yang cukup favorit bagi berbagai kalangan masyarakat, bukan saja wisatawan. Bumi perkemahan ini memang sengaja didesain di tempat yang eksotis dan strategis, agar semua orang bisa merasakan langsung bagaimana sensasi berhadapan dengan alam. Mulai dari para mahasiswa yang melaksanakan kegiatan diklat, pekerja kantoran yang ingin melepas penat, hingga sekadar berkumpul dan acara makrab. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan di camp ini.

Pine Forest Camp ini beralamatkan di Kampung Cibeunying Maribaya, Kecamatan Lembang, Bandung. Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 1200 meter membuatnya menghadirkan suasana yang sangat sejuk. Hal inilah yang justru menciptakan kehangatan dan keharmonisan di antara para pengunjung. Selain di malam hari, tempat ini juga memiliki keindahan yang tak ada duanya ketika matahari masih meninggi. Banyak orang yang juga melakukan take foto pra-wedding-nya di sini karena memang tempat ini sejuk dan menciptakan suasana romantis.

7. Stone Garden Padalarang

Ada lagi keunikan yang menjadi daya tarik bagi para pecinta travelling, khususnya yang suka fotografi. Stone Garden ini adalah lokasi yang cukup bagus untuk dijadikan objek karena panorama dari atas Gunung Pawon bercampur dengan deretan batu yang berjejer sembarang akan memberikan perpaduan yang luar biasa.

Bukan hanya itu, sekelompok batu ini bukan sekadar hiasan saja, melainkan memiliki sejarah panjang tentang Bandung di zaman dahulu. Jadi, bagi yang tertarik melakukan riset, tempat ini cukup direkomendasikan.

8. Situ Lembang

Lembang memang merupakan tempat yang selalu menjadi magnet yang menggaet para wisatawan. Keberadaan Situ Lembang sebagai salah satu tempat wisata alam di Bandung memang sudah umum sejak dulu. Situ Lembang awalnya merupakan sebuah cekungan yang terbentuk akibat dari letusan Gunung sekitar dua hingga tiga juta tahun yang lalu. Perlu diketahui juga, bahwa Situ Lembang ini memiliki mata air yang dimanfaatkan langsung oleh masyarakat bandung, bahkan oleh PDAM.

Namun, di balik kekayaan yang terdapat dalam Situ Lembang, terdapat pula banyak misteri dan isu yang belum terkuak. Hal inilah yang membuat adanya pelarangan untuk memasuki kawasan Situ Lembang. Fakta-fakta lain yang sudah mencuat adalah tentang dijadikannya tempat ini sebagai lokasi latihan para Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS). Di luar itu semua, tempat ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin melihat ‘laut’ di atas gunung. Hal lain yang bisa dilakukan adalah berperahu dan menggaet ikan sebanyak yang diinginkan.

9. Alam Wisata Cimahi

Bandung sebagai salah satu kota dingin memang mulai menghangat, bahkan panas akibat dari aktivitas metropolitan yang berkelibetan. Namun, jika sejenak ingin menjauh dari wilayah perkotaan yang panas, macet, dan polusi, desitinasi satu inilah pilihan yang tepat.

Bisa dibilang kalau Alam Wisata Cimahi adalah tempat ‘mencuci otak’ dari segala kepenatan akibat pelajaran dan pekerjaan yang mulai memusingkan. Selain mendapat kesejukan dan rasa nyaman, terdapat pula outbound menarik seperti flying fox, berkuda, dan masih banyak lagi hal lain yang masih terus dikembangkan.

10. Gunung Puntang

Seperti halnya Gunung Tangkuban Perahu, gunung ini tentu juga menghadirkan panorama alam yang sangat  menakjubkan. Kedua bola mata bisa menyapu habis setiap gundukan tanah, pohon-pohon hijau nan lebat yang menyelimuti Bandung, termasuk juga pampangan situs-situs peninggalan penjajahan Belanda.

Gunung yang puncaknya berada di ketinggian 2222 meter di atas permukaan laut ini memiliki banyak sekali hal menarik. Mulai dari air terjun yang indah, goa peninggalan Belanda, track down hill untuk bersepeda, serta lengkap dengan sebuah villa.

Itu adalah tempat wisata alam di Bandung yang selalu berhasil menggaet pengunjung. Memang masih banyak sekali cerita tentang kota para Bobotoh yang masih belum tersampaikan. Namun, 10 tempat di atas merupakan tempat-tempat wisata alam di bandung yang paling direkomendasikan untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, dan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *