11 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Jabodetabek

3 min read

Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang unik dan menarik di setiap daerahnya. Tak terkecuali daerah jakarta, bogor, depok, tangerang, dan bekasi atau yang disingkat Jabodetabek. Di jabodetabek banyak sekali dijumpai mall-mall dan tempat hiburan yang selalu ramai dipadati warga ibukota yang super sibuk. Selain mall-mall, juga banyak dijumpai beragam tempat wisata alam di jabodetabek yang sejuknya tidak kalah dengan wisata alam di pedesaan.

Dengan begitu, anda bisa mendapatkan beragam alternatif tempat wisata alam yang menarik untuk menghabiskan liburan akhir pekan anda. Untuk itu, anda perlu mengetahui beberapa informasi penting tentang beberapa tempat wisata alam di jabodetabek yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Alam Di Jabodetabek Yang Terkenal

Berbicara tentang tempat wisata alam di jabodetabek, ternyata banyak sekali tempat wisata yang belum begitu tereksplor. Padahal, di jabodetabek sendiri ada beberapa tempat wisata alam yang menarik. Berikut ini informasi lengkapnya.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata alam di jabodetabek yang paling populer. Tak heran jika banyak sekali wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik yang datang berkunjung. Bahkan, tempat yang satu ini seringkali menjadi tujuan karya wisata para pelajar di indonesia.

Disini, anda akan menjumpai setidaknya 15.000 koleksi tanaman dari bermacam-macam spesies. Sehingga selain sebagai tempat refreshing, berwisata di tempat ini juga bisa bernilai edukasi. Untuk lokasinya sendiri bisa dibilang cukup strategis karena berada di belakang Istana Bogor atau di Jalan Ir. Haji Juanda no.13.

2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Tempat wisata alam di jabodetabek yang populer berikutnya adalah Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di daerah Pantai Indah Kapuk. Disini anda bisa menikmati rindangnya tanaman bakau yang membentang di sepanjang bibir pantai.

Untuk  tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp 25.000,00 per orang. Anda juga bisa berkeliling menggunakan perahu dengan biaya sewa Rp 300.000,00 per 20 menit.

3. Taman Bunga Wiladatika

Buat anda penggemar bunga-bunga, anda bisa datang ke tempat wisata alam di jabodetabek yang satu ini. Tepatnya berada di daerah Cibubur, Depok berdekatan dengan tol cibubur. Selain melihat keindahan bunga-bunga yang sering dijadikan latar foto prewedding, anda juga bisa menikmati rindangnya pohon-pohon tua.

Selain itu, banyak sekali fasilitas lain yang disediakan di tempat ini mulai dari gazebo, kolam renang, dan lain sebagainya. Harga tiket masuknya pun sangat murah yaitu Rp 4.000,00 per orang. Namun jika anda ingin menyewa tempat ini untuk prewed atau syuting film maka anda harus membayar biaya yang lebih besar . Berkisar antara Rp 200.000-2.500.000,00.

4. Danau Cibeureum

Danau Cibeureum menjadi salah satu tempat wisata alam di jabodetabek kebanggaan warga bekasi. Untuk lokasi dari danau ini berada di Desa Lambing Sari, Tambun Bekasi. Keunikan dari danau ini adalah adanya pulau dengan satu pohon di tengah-tengah danau.

Untuk menyeberang ke pulau itu anda harus membayar tiket sebesar Rp 15.000,00 per orang. Banyaknya pepohonan di area danau menjadikan danau tempat ini sangat sejuk dan rindang. Selain itu, untuk melepas penat anda juga memancing ikan yang ada di danau.

5. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Tempat wisata alam di jakarta yang populer berikutnya adalah Bendungan Pintu Air Sepuluh yang berada di Karawaci, tangerang. Disini anda akan disuguhi pemandangan sepuluh pintu air yang memiliki lebar 10 meter dan membentang sepanjang 125 meter.

Berbeda dengan tempat wisata alam lainnya, di tempat wisata yang satu ini anda akan menikmati pemandangan yang unik. Terutama pemandangan kesibukan masyarakat  yang berlalu-lalang di sekitar Sungai Cisadane.

6. Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan tempat wisata alam favorit warga Jakarta yang berada di Kepulauan Seribu. Pemandangan di sekitar pulau ini bisa dikatakan masih sangat asri sehingga cocok untuk melepaskan penat. Pulau ini terdiri dari dua pulau yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang disambungkan oleh Jembatan Cinta.

Disini anda bisa menikmati indahnya sunset dan juga berbagai wahana air. Sebut saja banana boat, angsa laut, cano dan jetsky. Selain itu, anda juga bisa melakukan aktivitas bawah air seperti snorkeling dan diving. Bahkan, disini anda juga bisa melakukan foto underwater dengan biaya sewa Rp 150.000,00.

7. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting bisa dikatakan sebagai tempat wisata alam di jabodetabek yang paling hits. Lokasi dari pantai yang satu ini berada di desa Pantai Bahagia, Muara Gembing Bekasi. Disini, anda bisa menjumpai rimbunnya hutan mangrove seluas 70 hektar.

Pemandangan yang paling menarik adalah kawanan burung-burung yang terlihat bermigrasi dari Laut Cina Selatan pada bulan September-Februari. Untuk masuk ke tempat ini anda tidak dikenai harga tiket masuk alias ‘gratis’. Namun jika anda ingin berkeliling dengan perahu, anda harus membayar tiket sebesar Rp 20.000,00.

8. Hutan Pinus Gunung Pacar

Buat anda yang hobi naik gunung, maka anda jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini. Tepatnya berada di Gunung Pacar, Karang Tengah Bogor. Disini anda akan merasakan sensasi muncak pada ketinggian 500 meter diatas permukaan laut.

Anda akan disuguhi pemandangan landscape Kota Bogor dan jejeran pohon pinus yang rindang. Sehingga sangat direkomendasikan buat anda yang sedang mencari lokasi buat camping bersama teman-teman.

9. Setu Babakan

Untuk tempat wisata yang satu ini tidak jauh-jauh dari ibukota Jakarta. Tepatnya berada di daerah Jagakarsa Jakarta selatan. Tempat yang satu ini merupakan area resmi pelestarian budaya asli Betawi. Maka jangan heran jika pemandangan yang terlihat sangat lekat dengan adat betawi.

Disini anda bisa menikmati aneka kuliner khas betawi mulai dari kerak telor, rujak bebek, arum manis, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu.

10. Little Venice Puncak

Tak perlu jauh-jauh ke eropa untuk menikmati pemandangan Kota Venice Italia. Anda cukup datang ke puncak bogor karena disana ada Little Venice yang lagi hits dikalangan para traveler. Tepatnya di daerah Batulawang, Cipanas Cianjur.

Bahkan, tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai miniaturnya kota Venice karena tatanan kotanya yang sangat mirip dengan aslinya. Anda bisa mengelilingi danau yang ada di tengah bangunan unik ini dengan menggunakan perahu. Jangan lupa berfoto ria karena tempat ini adalah salah satu spot foto yang instagramable.

11. Agrowisata Gunung Mas

Kalau yang satu ini bisa disebut sebagai tempat wisata alam di jabodetabek yang terbaik dan terpopuler. Lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Puncak, Cisarua Bogor atau lebih tepatnya berada diantara Taman Safari Indonesia dan Masjid Attawun.

Disini anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Mulai dari perkebunan teh yang luas dan dingin hingga pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi pabrik pengolahan teh. Disana, anda bisa melihat secara langsung proses pengolahan teh yang baru dipetik menjadi teh kemasan yang siap jual. Untuk harga tiketnya pun lumayan murah yaitu Rp 10.000,00 per orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *