11 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Bagus Untuk Dikunjungi

3 min read

tempat wisata alam di jogja

Di Indonesia banyak Kota tujuan wisata yang mempesona. Salah satunya adalah Kota Jogjakarta. Selain menjadi kota pelajar, kota ini juga kaya akan keindahan alamnya. Oleh karena itu, tempat wisata alam di Jogja menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Membahas wisata Jogja memang tidak ada habisnya. Seakan setiap hari selalu muncul wisata-wisata baru yang mengagumkan di Kota ini. Dukungan alam yang indah juga menjadikan banyak tempat wisata alam di Jogja yang menarik.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Jogja

Menikmati udara bebas sambil menikmati hal-hal seru bisa menjadi pilihan menarik saat berlibur di kota Jogjakarta. Wisata yang bernuansa alam merupakan pilihan yang tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi tempat wisata alam di Jogja :

1. Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru adalah destinasi wisata alam yang paling populer di Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta, yang terletak di Hargowilis Kokap Kulon Progo, belakangan ini wisata alam Kalibiru menjadi sangat terkenal dan menjadi buah bibir dikalangan para pemburu destinasi wisata di Jogjakarta.

Wisata alam ini tepatnya ada di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata alam di Jogja ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Bagi yang suka dengan kamera jangan lupa persiapan karena pemandangan wisata alam di Jogja sangat memukau.

2. Bukit Panguk

Tidak akan ada habisnya jika kita membahas tempat wisata di Jogjakarta. Sungguh banyak sekali yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah Bukit Panguk di Bantul. Disini bisa menikmati alam yang sejuk di pagi hari sambil menikmati secangkir teh maupun kopi dengan ditemani biskuit.

Baca Juga :   15 Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Mempesona Dan Menarik

Jadi jika sedang berkunjung ke jogja sangat disayangkan jika tidak mampir ke tempat ini. Wisata alam di jogja yang satu ini terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta.

3. Embung Nglanggeran

Sebuah hasil pasti tak akan mengingkari proses. Kita harus berjalan kaki dulu untuk sampai ke tempat ini. Yaitu kita harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok. Setelah sampai di puncak embung, pemandangan yang indah akan memanjakan mata dan juga disuguhi dengan pemandangan telaga buatan yang eksotis.

Tak hanya itu, pemandangan yang lain juga akan memanjakan mata yakni pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempat wisata alam di Jogja ini tepatnya terletak di Nglanggeran, Patuk, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Jogjakarta.

4. Bukit Isis

Bukit Isis jika diartikan dalam Bahasa jawa adalah segar. Tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit wisata di Jogja. Dengan biaya tiket masuk yang lumayan murah yaitu 3 ribu rupiah. Pengunjung bisa merasakan sensasi udara yang segar dan sejuk khas pegunungan.

Selain itu juga kita disuguhi dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dari hamparan kebun teh dan hijaunya pepohonan di sekitarnya dan di sepanjang pegunungan menoreh. Destinasi wisata alam di Jogja ini terletak tepatnya di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Jogjakarta.

5. Air Terjun Kedung Kandang

Wisata alam ini termasuk wisata di Jogja yang masih baru. Tepatnya ada di kabupaten Gunung Kidul. Wisata ini menawarkan keindahan air terjun dengan pemandangan yang indah dan menarik perhatian para pemburu keindahan Gunung Kidul. Apalagi bagi para pecinta foto, tempat ini recommended banget.

Alamat lengkap dari Air Terjun Kedung Kandang ini ada di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang Gunung Kidul ini banyak sekali destinasi wisata alamnya. Jika berkunjung ke Jogja, tempat ini sayang jika tidak disinggahi. Tempat wisata alam di jogja ini recommended untuk para fotografer.

Baca Juga :   11 Pilihan Alternatif Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

6. Bukit Kosakora Gunung kidul

Bertemu lagi di Gunung Kidul. Memang tidak ada habisnya jika mengexplore daerah ini. Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora merupakan bukit yang terletak tidak terlalu jauh dengan Pantai Drini. Bukit yang tingginya 50 M diatas permukaan laut, membuat bukit ini tidak terlalu tinggi.

Sehingga banyak orang tidak terlalu banyak menguras tenaga untuk sampai ke tujuan. Akan tetapi meskipun memiliki ketinggian yang lumayan rendah ini. Tempat ini tetap memiliki pemandangan yang luar biasa. Dengan hiasan landscape laut lepas membuat bukit ini menjadi destinasi wisata alam di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Bagaimana rasanya berseluncur di atas air? Ingin diulang lagi dan lagi bukan? Akan tetapi ada tempat yang menarik di Jogja. Yaitu berselancar di atas pasir. Ya, betul sekali. Di Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi tempat wisata di Jogja yang lain dari yang lain.

Dengan menggunakan papan seluncur, bisa menikmati serunya berselancar di atas pasir. Jika berkunjung ke tempat ini alamatnya ada di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta. Tak perlu sampai ke negeri arab untuk bisa menikmati bukit dari pasir. Cukuplah menikmatinya di Jogja.

8. Blue Lagoon Jogja

Ada lagi tempat wisata alam di Kota Jogja yang menarik yaitu Blue Lagoon Jogja. Tempat ini merupakan tempat wisata alam di Jogja yang berupa pemandian di Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Untuk dapat menuju ke tempat ini tidaklah sulit, yakni jika dari arah Jogja kota cukuplah mengarahkan kendaraannya ke jalan Kaliurang yang berada di sebelah Utara dari Kota Jogja.

9. Telaga Biru Semin

Tempat wisata alam di Kota Jogja yang selanjutnya adalah Telaga Biru. Tempat ini merupakan sebuah genangan air yang mengisi kolam-kolam galian tambang batu kini berubah menjadi deretan embung yang indah. Obyek wisata ini mulai di serbu oleh para penjelajah keindahan alam dan pemburu kenikmatan untuk memanjakan mata.

Baca Juga :   11 Destinasi Tempat Wisata Jogja Malam Hari Yang Cocok Untuk Nongkrong

Alamat dari wisata alam ini terletak di Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Kabupaten Gunung Kidul. Bagi para pecinta foto tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi. Apalagi jika bersama keluarga pasti lebih asyik.

10. Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Goa kalisuci ini merupakan wisata goa karst yang memiliki sungai terletak di bawah tanah dan saat ini dijadikan sebagai sebuah objek wisata baru di Kabupaten Gunungkidul. Goa Kalisuci atau Cave Tubing Kalisuci terletak 10 kilometer dari kota Wonosari atau 60 kilometer dari Kota Jogjakarta

Waktu yang diperlukan dalam perjalanan sekitar 1.5-2 jam perjalanan dari Kota Jogjakarta. Tempat ini tepatnya ada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Jika mau berkunjung kesini disarankan bawa kamera yang waterproof. Jangan lupa mampir ke tempat wisata alam di Jogja yang satu ini jika sedang berada di Jogjakarta.

11. Pantai Ngetun Gunung kidul

Wisata pantai banyak sekali ditemukan di Jogja. Salah satu wisata di Jogja yang berupa pantai adalah Pantai Ngetun. Terletak di hamparan kawasan Pantai Indah di kabupatan Gunung Kidul. Pantai ini pasir putih yang halus dan juga memiliki tebing yang bebatuan terlihat sangat eksotis dan mempesona.

Pantai ini tergolong dalam daftar pantai yang masih baru di Gunungkidul. Tepatnya terletak di Dusun Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Wisata alam di Jogja ini bisa dicoba untuk sekedar menikmati akhir pekan.

Itulah tempat wisata alam di Jogja. Jika ingin berkunjung ke Jogja pastikan agar memiliki rencana, karena begitu banyak tempat untuk dikunjungi. Untuk para pengunjung jauh jangan sampai lupa bawa kamera biar tidak kecewa dengan pemandangan yang indah tapi tidak diabadikan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *