Tempat Wisata Anak Di Bandung Yang Sangat Direkomendasikan

3 min read

Orang tua memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang buah hati. Tetapi peran tersebut kurang maksimal dilakukan sebab orang tua era sekarang menghabiskan waktunya untuk pekerjaan. Meski begitu, ketika liburan tiba orang tua bisa memanfaatkan waktu tersebut sebagai ajang pendekatan diri kepada anak. Mereka bisa mengajak anak untuk mengunjungi tempat wisata anak di Bandung.

Kota Bandung memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk mengajak si kecil. Tentunya tempat-tempat wisata anak di Bandung tersebut bukan hanya menawarkan keseruan saja. Akan tetapi juga menawarkan edukasi bagi anak-anak.

Daftar Tempat Wisata Anak Di Bandung

Tempat wisata yang bisa didatangi bersama anak yang ada di kota Bandung banyak tersedia. Pilihan bijak dalam menentukan destinasi berlibur salah satunya tentu saja mengunjungi tempat edukatif bagi anak. Lantas di mana saja tempat-tempat wisata tersebut? Adapun tempat wisata anak di Bandung tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Belajar Tertib Sedari Dini

Menanamkan rasa sadar berlalu lintas bisa dimulai pada anak sejak dini. Taman lalu lintas Ade Irma Suryani, sesuai dengan namanya tempat ini merupakan taman wisata sekaligus tempat penyuluhan tertib berlalu lintas. Anak juga dapat melakukan simulasi tertib berlalu lintas di taman tersebut, karena tersedia jalan umum tiruan sebagai tempat latihan berkendara.

2. Berpadu Dalam Harmoni Kebudayaan Sunda Di Saung Angklung Udjo

Mengenalkan budaya Indonesia khususnya kebudayaan Sunda, pengunjung dapat membawa buah hati menuju saung angklung Udjo. Di tempat tersebut selain belajar bermain angklung, banyak kesenian Jawa Barat yang ditampilkan seperti pertunjukan wayang golek.

3. Mengeksplorasi Kebun Binatang Bandung Tempat Beragam Satwa Tinggal

Kebun binatang Bandung menawarkan beragam satwa yang bisa dilihat langsung. Jika selama ini anak-anak hanya melihat satwa liar dari buku, saat berada di tempat tersebut anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan. Bisa dengan menaiki gajah atau memberi makan hewan yang disediakan oleh petugas.

4. Menjelajahi Wisata Sejarah Edukatif, Museum Geologi Bandung

Tempat wisata anak di Bandung lainnya yang mengedukatif adalah museum geologi Bandung. Di dalam gedung yang memiliki gaya arsitektur peninggalan belanda ini terdapat banyak koleksi peninggalan purbakala. Selain itu juga terdapat koleksi materi geologi seperti batuan dan mineral yang bisa dilihat secara langsung bersama buah hati.

5. Warna Warni Kampung Dago Pojok

Lokasi wisata edukasi ramah anak ini sudah ada sejak lama di kota Bandung. Ketika mengunjungi tempat ini wisatawan dapat berpartisipasi dalam membuat lukisan mural. Ada juga pertunjukan tari jaipong dan tari lainnya. Selain itu pengunjung dapat melihat proses pembuatan wayang dan pembuatan alat musik dari bambu khas Sunda.

6. Wisata Sutera Padepokan Dayang Sumbi

Padepokan Dayang Sumbi bukan merupakan tempat untuk menuntut ilmu silat, melainkan untuk belajar dan mengenal proses perkembangan ulat sutera. Di sana anak akan melihat langsung bagaimana proses pembuatan sutera oleh ulat. Selain itu anak juga diajarkan bagaimana caranya memanen sutera hasil dari proses perkembangan ulat sutera.

7. Merasakan Sensasi Bermain Bersama Alam Di Kampung Batu Malakasari

Jika tertarik untuk merasakan sensasi eco wisata, kampung batu Malakasari bisa dijadikan pilihan bijak keluarga. Di sana terdapat banyak wahana edukatif sebagai sarana pengenalan alam yang cocok untuk anak. Ada wahana sawah tempat anak bisa bermain lumpur sepuasnya, wahana budaya dan masih banyak lagi wahana edukatif yang tersedia.

8. Serunya Membatik di Rumah Batik Komar

Generasi kanak-kanak saat ini tentu perlu diperkenalkan dengan Batik. Jika berkunjung ke Bandung bersama keluarga, singgah ke rumah batik Komar bisa dicoba untuk belajar membuat motif batik khas Jawa Barat. Cara ini bisa dijadikan sebagai sarana pengenalan seni lukis batik kepada buah hati.

9. Bandung Science Center Arena Pembelajaran Sains menyenangkan Untuk Anak

Anak-anak sangat menyukai sesuatu yang berbau dengan tata surya luar angkasa dan robotika. Mengunjungi Bandung Science Center pasti akan membuat pengalaman berharga bagi buah hati. Di sana anak akan belajar mengenai sains sambil bermain. Ada beragam ruang yang ada di sana, mulai dari astronomi hingga energi.

10. Crayon’s Craft And Co Tempat Asik Buat Miniatur Cantik yang Unik

Crayon’s Craft and Co wajib dimasukkan ke dalam list tempat wisata selama berlibur di Bandung. Di tempat itu terdapat berbagai macam miniatur peralatan rumah tangga. Selain itu buah hati bisa mengikuti kurus membuat miniatur ternak dari clay dan banyak kursus lainnya yang boleh dicoba.

11. Komunitas Hong, Surganya Permainan Anak Tempo Dulu

Mengenang masa kecil bersama anak bisa dilakukan jika mampir ke salah satu komunitas permainan tradisional yang ada di kota Bandung. Komunitas tersebut bernama komunitas Hong. Tempat tersebut dipenuhi dengan beragam aktivitas masa kecil. Banyak permainan tradisional yang masih dimainkan, sehingga pengunjung apalagi yang berasal dari anak tahun 90-an seperti kembali ke masa lampau.

12. Spirit Camp Educity, Wisata Pembangun Kekompakan

Menyalurkan energi anak dengan tepat selama liburan bisa dilakukan di spirit camp educity Bandung. Di sana pengunjung dan keluarga akan diajak bermain permainan yang melatih kekompakan. Permainan ala anak kampung juga tersedia seperti bermain sepak bola dalam lumpur. Aktifitas yang tak kalah seru lainnya adalah belajar bercocok tanam, memanen, dan membuat lubang biopori.

13. Maya Mirai School

Membentuk kertas menjadi beraneka ragam rupa juga punya ilmunya. Di kota Bandung terdapat sekolah kursus yang mengajarkan bagaimana caranya untuk membuat macam-macam bentuk pada kertas origami. Tempat tersebut adalah Maya Mirai School yang sangat digemari oleh anak-anak, karena mereka dapat belajar membuat banyak bentuk dari kertas. Seperti dinosaurus, rumah, boneka, dan lain sebagainya.

14. Gang Sereh, Gangnya Layangan

Selama ini anak hanya membeli layangan di warung/toko mainan saja. Bagaimana kalau coba untuk membuatnya? Gang Sereh yang ada di kota Bandung merupakan tempat belajar membuat layangan. Ada beragam bentuk dan jenis layangan yang dapat dibuat. Anak bisa merasakan sendiri bagaimana caranya merakit layangan dari beberapa batang bambu dan benang, menjadi layangan utuh.

15. Bermain Bersama Ratusan Kupu-kupu Di Alam Taman Kupu Cihanjuang

Di tempat ini, kupu-kupu bebas beterbangan sebab kawasan ini seluruhnya dilindungi oleh jaring agar kupu-kupu tidak dapat keluar dari tempatnya. Pengunjung akan benar-benar merasakan suasana alam yang dipenuhi dengan ratusan kupu-kupu. Selain itu pengunjung dan keluarga bisa melihat secara langsung proses metamorfosis kupu-kupu dari larva hingga sempurna.

Saat libur tiba, setidaknya ajak anak untuk mengenal dunia lebih luas dengan segala pengajaran yang ada. Tempat wisata anak di Bandung memiliki beragam cerita menarik yang bisa orang tua berikan kepada putra dan putri mereka. Sehingga mereka dapat menghabiskan masa liburan menjadi lebih produktif dengan kegiatan edukasi yang lebih bermanfaat daripada sekedar bermain gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *