15 Rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang Yang Menarik

3 min read

Batu Malang memiliki berbagai macam pesona untuk disambagi. Tempat wisata di Batu Malang sudah berlimpah ruah karena ditunjang oleh keindahan alam. Wisatawan bisa memilih tempat wisata yang cocok untuk dijadikan tempat melepas penat ataupun melakukan hobi.

Tempat wisata di Batu Malang juga mendapatkan julukan De Kleine Zwitserland atau Swiss kecil dari penjajah kolonial Belanda. Wilayah ini mendapatkan apresiasi sebagai tempat wisata sejak dahulu karena keindahannya.

Daftar Tempat Wisata Di Batu Malang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Batu Malang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Lalu apa saja tempat-tempat wisata tersebut? Berikut ulasannya :

1. Wisata Pemandian Songgoriti

Tempat wisata di Batu Malang ini memiliki sejarah yang unik. Pada waktu pemerintahan Kerajaan Medang, seorang petinggi yang bernama Empu Sopo diperintahkan untuk membangun tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Syarat dari tempat peristirahatan itu adalah sebuah pegunungan yang di dekatnya memiliki mata air.

Di sana juga terdapat sebuah candi yang diberi nama Candi Sopo. Mata air yang ada di wisata pemandian Songgoriti ini menjadi panas karena pada zaman dahulu airnya sering digunakan Empu Sopo untuk menyucikan keris-kerisnya yang bertuah. Air yang semula dingin dan sejuk menjadi panas karena keris Empu Sopo yang bertuah.

2. Wisata Coban Talun

Jika ingin melihat langit yang bertaburan bintang dan mencari tempat yang cocok untuk tahun baru, Coban Talun adalah tempat yang tepat. Tempat wisata di Batu ini memiliki suasana yang sejuk dan romantis untuk sepasang kekasih.

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tiket masuk kesana IDR 7.500,00 per orang dan jika memasuki area perkemahan disana mengeluarkan kocek sebesar IDR 100.000,00.

3. Batu Night Spectaculer

Tempat wisata di Batu Malang ini memiliki berbagai macam wahana permainan yang cocok untuk sarana tempat rekreasi anak-anak dan keluarga. Disana memiliki fasilitas yang lengkap, seperti pasar malam, food court, spectaculer show, panggung hiburan, dan lain sebagainya.

4. Jatim Park

Tempat wisata di Batu Malang ini memiliki berbagai macam fasilitas untuk liburan keluarga ataupun sarana pendidikan anak sekolah. Jatim Park sendiri memiliki 3 cabang yaitu Jatim Park 1,2 dan 3.

Setiap cabang memiliki tema masing-masing. Jika Jatim park 1 bertema wahana permainan, Jatim park 2 bertema wisata edukasi alam, sedangkan Jatim park 3 bertema dengan kehidupan dinosaurus.

5. Alun-Alun Kota Batu

Alun-alun merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Batu Malang karena keindahan dan keunikan tempatnya. Disana ada bianglala yang cukup besar sehingga bisa dijadikan sarana untuk melihat keindahan kota pada malam hari.

Di sekitar alun-alun juga terdapat hiburan unik seperti pocong jadi-jadian dan pantomim. Tempatnya juga fotogenic jadi bisa dijadikan latar belakang foto dan disebarkan ke sosial media.

6. Museum Angkut

Tempat wisata di Batu Malang ini merupakan sarana edukasi untuk mengenal berbagai macam transportasi yang pernah ada sejak zaman dahulu. Tempat ini memiliki beberapa zona diantaranya yaitu zona edukasi, zona italia, zona inggris, zona perancis, dan lain sebagainya. Lokasinya ada di Jalan Terusan Sultan Agung nomer 2, Ngaglik, Kecamatan Batu.

7. Omah Kayu

Jika, ingin berwisata alam dan menikmati keindahan hutan, maka omah kayu adalah tempat wisata di Batu Malang yang tepat. Omah kayu adalah konsep rumah yang dibuat diatas pohon pinus. Lokasinya berada di Gunung Banyak, Kelurahan Songgokereto. Tiket masuk ke omah kayu sebesar IDR 5.000,00 per orang.

8. Eco Green Park

Tempat wisata di Batu Malang ini merupakan sarana rekreasi untuk keluarga. Disini, wisatawan akan disuguhkan berbagai wahana yang terdiri dari wisata alam, wisata edukasi, outbond, waterboom dan lain sebagainya. Lokasinya ada di Jalan Imam Bonjol Nomer 9, Kota Batu. Harga tiket masuk pada hari biasa sebesar IDR 10.000,00 dan untuk akhir pekan sebesar IDR 20.000,00.

9. Labirin Coban Rondo

Tempat wisata di Batu Malang ini sudah terkenal akan keindahan air terjunnya. Meskipun nama tempat wisatanya Coban Rondo, bukan berarti jika main kesana seorang wanita yang memiliki pasangan akan menjadi janda jika berwisata kesini. Ini hanya mitos belaka. Lokasi tempat ini ada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.  Tiket masuk kesana IDR 10.000,00.

10. Inggil Museum Resto

Tempat wisata di Batu Malang ini adalah wisata kuliner sekaligus menikmati budaya Jawa. Ditempat ini juga terdapat tontonan kesenian Jawa dan berbagai pajangan benda atik. Lokasi tempat ini berada di Jalan Gajah Mada Nomer 4. Jam operasional pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

11. Selecta Batu Malang

Tempat wisata ini memiliki luas area 8 hektar. Tempat wisata ini memiliki berbagai macam wahana, seperti sky bike, taman bunga, flaying fox dan lain sebagainya. Untuk harga tiket masuk berbeda antara pribadi dan rombongan. Di Selecta, juga menyewakan perlengkapan wahana untuk bisa menikmati lebih leluasa fasilitas yang ada.

Disana juga terdapat penginapan, rumah makan, tempat ibadah, toilet, area parkir dan lain-lain. Lokasinya berada di Jl. Selecta No.1, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu.

12. Museum D’Topeng

Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai macam koleksi topeng, wayang kulit, Al-quran jaman dahulu dan lain sebagainya. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi anak-anak sampai dewasa. Selain bisa mengedukasi pengunjung, tempat wisata ini juga bisa dijadikan tempat foto yang bagus.

Jam operasional museum D’Topeng adalah pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Untuk harga masuk dibedakan menurut hari. Jika hari biasa dikenakan tarif IDR 25.000,00 dan untuk akhir pekan dikenakan tarif IDR 30.000,00. Lokasi tempat ini berada di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Batu, Ngaglik, Kecamatan Batu.

13. Kusuma Agrowisata

Tempat wisata ini menyuguhkan wisata petik buah sendiri. Yang terkenal adalah petik apel. Lokasi tempat ini berada di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Letak tempat wisata ada di Jl. Abdul Ghani, Batu Malang.

Tempat wisata ini juga memberikan fasilitas yang lengkap diantaranya adalah wahana outbond, petik buah sendiri, waterpark dan sebagainnya.

14. Bukit Bulu Coban Rais

Coban Rais sendiri adalah wisata air terjun yang dulunya bernama coban Sabrangan. Pada saat pergi kesana wisatawan melewati sungai sebanyak 14 kali terlebih dahulu. Disana wisatawan akan disuguhkan dengan sebuah gardu yang berbentuk I Love U. Tempat wisata ini menjadi hits di instagram. Untuk memasuki kesana, pengunjung diberi tarif sebesar IDR 10.000,00.

Disana pengunjung juga diberi fasilitas seperti ayunan, bukit bunga, rumah pohon, kaki langit dan hammcok. Tempat wisata yang satu ini berada di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Batu.

15. Batu Secret Zoo

Sebenarnya tempat wisata ini dibawahi oleh manajemen JATIM PARK 2. Tempat ini mengusung tema kebun binatang. Bangunannya di bangun diatas 14 hektar. Di tempat ini memiliki koleksi berbagai hewan termasuk binatang langka dari berbagai negara.

Daya tarik dari tempat ini adalah bisa memberi makan hewan dan menyuguhkan edukasi untuk wisatawan. Selain itu, ada juga berbagai wahana diantaranya yaitu Safari Farm, Safari Car, Animal Show, dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi keseruan yang akan di dapatkan ketika mengunjungi tempat wisata di Batu Malang. Masyarakat disana juga ramah-ramah dan hawanya juga sejuk. Wisatawan akan betah berlama-lama tinggal disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *