Catat! Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Untuk Liburan

4 min read

Untuk mengantisipasi kemacetan dan persiapan yang terbatas, tidak ada salahnya berlibur di tempat wisata terdekat. Terutama warga Bogor dan sekitarnya, untuk menghindari kemacetan maupun menekan biaya liburan ada baiknya mempertimbangkan tempat wisata di Bogor yang murah.

Tempat wisata di Bogor yang murah tentunya bukan hanya bisa menjadi tujuan warga Bogor saja. Akan tetapi warga kota lain pun tentunya bisa mengunjungi tempat wisata yang murah di Bogor sebagai pilihan destinasi wisata.

Tempat Wisata di Bogor yang Murah dan Edukatif

Bagi Anda warga Bogor dan sekitarnya yang berencana berlibur bersama keluarga ada baiknya menyimak tempat – tempat wisata di bawah ini. Dimana tidak hanya memberikan hiburan, akan tetapi juga menambah pengetahuan Anda dan keluarga.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun raya Bogor atau juga disebut Kebun Botani Bogor merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang murah meriah. Tempat wisata ini terletak di Jl Juanda no. 13 kota Bogor Jawa Barat. Selain udaranya yang sejuk, pengunjung juga dapat menemukan berbagai jenis tanaman yang jarang atau bahkan tidak dijumpai di perkotaan. Setidaknya terdapat lebih dari 50.000 jenis tanaman dan pepohonan yang akan menambah pengetahuan para pengunjung.

Dengan tiket masuk sebesar Rp. 14.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 25.000 untuk wisatawan asing. Luas area sekitar 87 hektar, para pengunjung juga disuguhi keelokan danau yang terletak di belakang kebun. Selain itu sebuah jembatan gantung yang dikenal dengan nama jembatan Merah.

2. Istana Bogor

Istana Bogor dulunya bernama Istana Buitenzorg adalah salah satu dari enam istana kepresidenan RI. Di tempat yang rindang ini biasanya dimanfaatkan oleh warga Bogor untuk jalan – jalan saat weekend. Di halaman istana kita dapat bermain dan memberi makan rusa – rusa cantik dari Nepal. Selain itu, terdapat beragam benda – benda artistik seperti lukisan, ukiran patung maupun keramik yang penuh sejarah. Untuk memasuki tempat wisata ini, kita dikenai biaya Rp. 14.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 25.000 wisatawan asing.

Sebagai tempat kediaman Presiden Indonesia-Joko Widodo, kita tidak dapat berkunjung sewaktu – waktu. Ada beberapa prosedur untuk dapat memasuki kawasan Istana Bogor. Para pengunjung harus mengajukan surat permohonan kunjungan kepada sekretariat atau kepala istana setidaknya seminggu sebelum kunjungan. Dengan catatan jumlah perorangan dalam satu rombongan minimal 25 orang.

3. Telaga Malingping

Tempat liburan keluarga selanjutnya terletak di desa Ciadea kecamatan Cigompong kabupaten Bogor yaitu telaga Malingping. Telaga ini merupakan tempat wisata di Bogor yang murah meriah dan cocok untuk liburan keluarga. Kita akan disuguhi hamparan telaga dan saung – saung yang sengaja dibangun untuk bersantai. Selain itu terdapat berbagai wahana bermain yang akan memberikan pengalaman motorik dan membangun kepercayaan diri untuk anak – anak. Diantaranya terdapat kebun binatang mini, kolam renang, arum jeram, flying fox, ATV, Canopy street dan lainnya.

Biaya masuk ke Telaga Malimping cukup murah yaitu Rp. 2.500 per orang. Sementara untuk menjajal wahana di dalamnya dikenai biaya sekitar 10.000 hingga 15.000 rupiah.

4. Taman Buah Mekarsari

Taman wisata Mekarsari merupakan tempat wisata konservasi, reboisasi, dan edukasi dimana pengunjung dapat mengenal aneka tanaman dan buah – buahan. Memiliki luas mencapai 264 hektar para pengunjung akan berkeliling menggunakan kereta keliling. Terdapat 1.470 koleksi tanaman buah – buahan dan 100.000 jenis pohon disana. Selain mengenal jenis – jenis tanaman tersebut, kita juga belajar bagaimana memetik atau memanen buah dengan benar hanya dengan membayar sebesar Rp. 25.000.

5. Cibalung Happy Land

Terletak di desa Cibalung Kecamatan Cijeruk Bogor, Cibalung Happy Land merupakan tempat wisata yang memadukan wisata alam dan edukasi. Tempat ini dibangun di atas tanah seluas enam hektar. Hanya dengan membayar sebesar Rp. 10.000 per orang tempat wisata ini sangat cocok untuk anak – anak. Diantara wahana yang disediakan antara lain belajar beternak, bertani, outbond, camping, water park, dan masih banyak lagi.

6. Kampung Budaya Sindan Barang

Tempat wisata di Bogor yang murah dan edukatif selanjutnya adalah Kampung Budaya Sindan Barang. Terletak di desa Pasir Euirih Kecamatan Tamansari, wisata ini cocok bagi pengunjung yang ingin mengenal budaya local.

Untuk dapat mengunjungi kampung budaya ini, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp. 25.000. Dimana Rp. 10.000 dari biaya masuk tersebut akan dialokasikan untuk para seniman setempat. Cukup murah untuk sebuah pertunjukan budaya yang penuh nilai dan tradisi. Selain mengenal dan mempelajari kesenian Sunda, para pengunjung juga dapat menikmati sejarah peninggalan kerajaan Padjajaran.

7. Museum Zoologi Bogor

Wisata edukatif berikutnya adalah museum Zoologi Bogor yang terletak di Kebun Raya Bogor. Sehingga ketika membeli tiket masuk ke Kebun Raya Bogor, pengunjung juga dapat masuk ke Museum Zoologi Bogor tanpa biaya lagi. Di museum ini pengunjung dapat mengetahui berbagai macam spesies hewan yang telah diawetkan. Museum ini dibagi menjadi dua yakni museum yang berisi koleksi yang mana dibuka untuk umum hanya pada bulan Oktober. Sedangkan museum yang berisi pameran dibuka setiap hari untuk umum yang terletak di Jl Ir. H Juanda No. 9 Bogor.

8. Museum Etnobotani

Selain museum satwa di Museum Zoologi Bogor, Museum Etnobotani merupakan tempat koleksi yang menggabungkan ilmu botani dan budaya. Di museum ini Pengunjung akan mempelajari tentang bagaimana pemanfaatan alam yaitu tumbuhan dalam kehidupan masyarakat kita. Museum ini terletak di Jl. Juanda No 24 Bogor dengan tiket masuk sebesar Rp. 2.000 per orang.

10. Warso Farm

Replika buah naga dan durian yang berada tepat di depan gerbang masuk, kita akan langsung mengetahui identitas kebun buah Warso Farm. Tempat wisata ini terletak di desa Cihideung kurang lebih 10 km dari pusat kota Bogor.

Di kebun buah seluas 8 hektar ini, pengunjung dapat melihat ratusan pohon durian dengan 19 varietas yang berbeda. Selain mencicipi buahnya secara langsung, terdapat pula aneka olahan durian dan buah naga. Tidak ada biaya masuk untuk memasuki perkebunan kecuali untuk membeli buah atau makanan dan minuman dari perkebunan ini.

11. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng terletak di Jl Raya Ciseeng, Bojong Indah, Parung Kabupaten Bogor. Wisata pemandian air panas ini menjadi pilihan tepat bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati suasana pedesaan yang asri.

Sumber airnya sendiri berasal dari pegunungan kapur yang mengandung belerang. Harga tiket masuk berkisar antara Rp. 8.000 untuk dewasa dan 6000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk dapat berendam di pemandian dikenai biaya Rp. 10.000. Anda dapat berfoto ria sambil berendam dengan background bongkahan batu kapur yang cukup besar dipadupadankan dengan aliran air kolam berwarna tosca.

12. Pemandian Air Panas Ciparay

Selain Tirta Sanita Ciseeng, pemandian air panas Ciparay juga tak kalah menarik. Pemandian air panas ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dimana dengan harga tiket yang cukup murah yakni Rp 4000, Anda dapat berendam sambil menikmati suasana pegunungan. Disini disediakan pula saung – saung untuk menikmati kopi atau sekedar berfoto dengan latar pepohonan yang hijau.

13. Situ Gede

Danau atau Situ Gede sudah sangat popular di kalangan masyarakat lantaran sering dijadikan lokasi syuting. Danau ini terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat yang bersebelahan dengan hutan Dermaga. Situ Gede merupakan tempat wisata yang murah di Bogor karena memang tidak dikenai biaya masuk.

Hanya saja untuk biaya parkir sebesar Rp. 1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 2.000 untuk kendaraan roda empat. Di situ ini sering dijadikan tempat memancing, jalan-jalan atau sekedar berfoto karena memang pemandangannya yang indah.

14. Gunung Pancar

Gunung Pancar terletak di Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Jawa Barat pada ketinggian 300 – 800 m dpl. Hanya dengan membayar Rp. 2.000 per orang dan biaya parkir Rp. 1.500 untuk roda empat dan Rp. 1.000 untuk kendaraan roda dua. Gunung Pancar merupakan tempat wisata di Bogor yang murah yang menyediakan pemandangan hijau nan sejuk. Selain berfoto di antara barisan pepohonan pinus, pengunjung juga dapat berfoto sambil menunggang kuda.

15. Air Terjun Bidadari

Air terjun Bidadari terletak di kawasan Sentul Paradise Park dengan ketinggian mencapai 75 meter. Tepat dibawah air terjun sengaja dibangun sebuah kolam. Dimana kolam tersebut disesuaikan untuk orang dewasa dan anak – anak. Nuansa unik perpaduan modern dan alami sangat cocok untuk bersua foto. Untuk dapat berkunjung ke tempat ini dikenai biaya Rp 25000 untuk weekday dan Rp 30000 saat weekend.

Demikian daftar tempat wisata di Bogor yang murah sebagai pertimbangan pilihan liburan akhir tahun. Dengan biaya yang murah dan dekat kita juga secara tidak langsung telah berkontribusi mengembangkan wisata di negeri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *