Tempat Wisata Di Indonesia Yang Terkenal Dengan Pantai Dan Pegunungan

3 min read

tempat wisata di indonesia yang terkenal

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang kaya akan keragaman budaya, bahasa, serta sukunya. Selain itu, indonesia juga sangat terkenal dengan keindahan alamnya, oleh sebab itu, di Indonesia punya banyak tempat wisata menarik. Maka tak heran wilayah yang terbentang dari pulau sabang sampai marauke ini tiap tahunnya semakin ramai wisatawan mancanegara. Tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan wisata pantai dan pegunungan ini kunjungannya terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kunjungan para turis dari berbagai negara yang semakin meningkat menjadikan indonesia sebagai destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada dua alternatif destinasi wisata yang biasa menjadi sebuah dilema bagi wisatawan. Wisata Gunung atau menikmati sunset di pantai? Dataran tinggi atau dataran rendah? Jika ingin melihat keindahan matahari terbit pilihlah wisata ke Gunung, sebaliknya jika ingin melihat matahari terbenam datanglah ke pantai pantai. Nah, berikut ini ada rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan pantai dan pegunungannya yang pernah masuk ke dalam daftar destinasi terindah di dunia.

Tempat Wisata Di Indonesia Yang Terkenal Dengan Pulau Dan Pantainya

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pantai pantai indah yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Suasana pantai yang tenang dan damai bisa mengusir rasa jenuh, kecewa, bahkan rasa sedih. Bagi Anda yang ingin melupakan sejenak kepenatan dari segala aktivitas Anda, yuk intip info beberapa pantai terkenal di bawah ini.

1. Raja Ampat Papua

raja ampat papua

Raja Ampat adalah salah satu kepulauan kebanggaan indonesia yang terletak di papua barat. Objek wisata di kepulauan ini  sangat terkenal dengan keindahan bahari nya. Hampir dari setengah spesies ikan di dunia ada di raja ampat. Oleh karenanya, inilah yang menjadi daya tarik wisatawan ingin berkunjung ke raja ampat. Selain itu di pulau ini juga terdapat beberapa pantai menakjubkan seperti Pantai Waisai Torang Cinta dan Pantai Cemara.

2. Pulau Bali

balimoon

Siapa yang tak kenal bali, sebuah pulau di indonesia yang paling ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara tiap tahunnya. Pantai yang terkenal pulau ini yaitu pantai kuta yang indah untuk menikmati matahari tenggelam. Selain itu ada wisata di ubud, bedugul dan tanah lot. Selain tempat tempat tersebut, masih banyak tempat tempat wisata di bali yang kalah menariknya. Untuk itu, tidak heran kunjungan wisatawan ke bali selalu meningkat tiap tahunnya.

3. Pulau Komodo

pulau komodo

Pulau Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Komodo merupakan salah satu hewan yang telah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia. Komodo Komodo ini hanya tinggal di pulau komodo. Selain menikmati kehidupan Komodo di pulau ini, anda juga bisa menikmati keindahan alam yang tidak kalah menakjubkan. Pasalnya, di pulau komodo ini juga terdapat pantai indah yang mempesona, yaitu Pantai Pink

4. Pulau Lombok

pulau lombok

Pulau ini terletak di Nusa Tenggara Barat, yang merupakan kumpulan dari beberapa pulau kecil. Dengan keindahannya, pulau ini termasuk 10 tempat wisata di indonesia yang terkenal . Wisata wisata yang terkenal di pulau lombok adalah wisata pantai, diantaranya pantai senggigi, Pantai kecil di pulau giliran, gili trawangan dan gili meno.

5. Kepulauan Seribu

kepulauan seribu

Tempat wisata di Indonesia yang terkenal satu ini berada di DKI Jakarta dimana luas wilayahnya sekitar 107.489 hektar dan sekitar 44 pulau termasuk di dalam kawasan taman nasional. Kepulauan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut oleh menteri kehutanan yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Departemen Kehutanan.

Tempat Wisata Di Indonesia Yang Terkenal Di Daerah Pegunungan

Selain terkenal sebagai negara kepulauan, Indonesia juga sering dianggap sebagai surganya para pendaki. Mengapa? Karena jika dilihat dari letak geografisnya, Indonesia merupakan tempat bertemunya pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Gunung yang ada di Indonesia merupakan salah satu keindahan alam yang nyaris sempurna.  Nah , jika Anda seorang pendaki gunung, pasti tidak asing lagi dengan gunung gunung terkenal di Indonesia berikut ini.

1. Gunung Bromo

Wisata menarik bagi pendaki gunung ini berlokasi di antara empat wilayah kabupaten, yaitu Malang, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan merupakan gunung berapi aktif di Indonesia.di sekitar gunung ini, terdapat lautan pasir yang luasnya sekitar 10 kilometer persegi.

2. Gunung Kerinci

Kerinci memiliki keindahan alam dan menawarkan berbagai tantangan bagi setiap insan pecinta alam. Untuk menikmati keindahan alamnya tentunya tidak mudah, ada sebagian dibutuhkan usaha ekstra, salah satunya adalah wisata Gunung Kerinci. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera yang sangat terkenal di kalangan pendaki. Dimana gunung setinggi 3.805 Mdpl ini terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Letak Gunung  yang menjulang tinggi ini merupakan lokasi utama sentral Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), dimana Gunung Kerinci memiliki luas kawah 400×120 meter yang berisikan air berwarna hijau.

Selain keindahan Gunungnya, Anda dapat menikmati sejuknya hamparan perkebunan teh di kaki Gunung Kerinci. Perkebunan teh ini merupakan perkebunan teh tertua di dunia dan tertinggi kedua di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di Himalaya. Lokasi kebun teh ini tepatnya di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci yang jaraknya 434 km dari pusat Kota Jambi.

3. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang berada di kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Keunikan wisata ini yaitu gunungnya berbentuk seperti perahu terbalik yang memiliki ketinggian sekitar 2.084 mdpl. Pada gunung ini terdapat banyak kawah dimana salah satunya yaitu Kawah Ratu yang merupakan kawah terbesar di gunung tersebut.

4. Danau Toba

Objek wisata andalah Sumatera Utara ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan danau terluas kedua di dunia. Danau seluas 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman sekitar 450 meter. Di tengah tengah danau ini terdapat sebuah Pulau Samosir, dimana luasnya hampir sama dengan luas Negara Singapura. Danau yang letaknya dikelilingi oleh 7 kabupaten ini terbentuk dari letusan gunung api purba sekitar 75.000 tahun yang lalu.

5. Telaga Warna

Tempat wisata ini merupakan salah satu kawasan wisata yang berada di Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga Warna merupakan tempat wisata andalan di Wonosobo yang memiliki keunikan fenomena alam yaitu warna airnya dapat berubah ubah warna. Peristiwa ini terjadi dikarenakan air Telaga Warna mengandung sulfur yang tinggi sehingga ketika terkena sinar matahari maka warna dari air telaga ini dapat berwarna warni.

Nah, itulah beberapa uraian tentang tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantai dan pegunungannya yang pernah termasuk dalam daftar destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Semoga semakin tingginya tingkat pariwisata di indonesia, akan meningkatkan mutu indonesia di mata dunia. Nah, untuk anda yang suka travelling jangan ke luar negeri saja, banyak tempat wisata di Indonesia yang terkenal yang bahkan orang manca negara pun bermimpi untuk mengunjunginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *