11 Pilihan Alternatif Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

3 min read

Jogja merupakan sebuah kota yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Selain menjadi Kota Pelajar, kota ini juga menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Hal ini jelas karena Jogja memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi adalah Malioboro. Namun masih banyak lagi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro.

Malioboro memang dapat dikatakan pusatnya wisata di Jogja. Bahkan kata orang belum ke Jogja kalau belum ke Malioboro. Namun seperti yang sudah disebutkan di atas, masih banyak tempat wisata yang letaknya dekat dengan Malioboro yang tentunya tidak kalah menariknya.

Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro Yang Patut Untuk Dikunjungi

Selain Malioboro, nyatanya Jogja juga masih mempunyai beberapa tempat wisata menarik di dekat lokasi tersebut. Tidak hanya wisata sejarah, beberapa diantaranya juga sangat pas sebagai spot foto menarik. Penasaran untuk berkunjung? Berikut diantaranya:

1. Taman Pintar

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang pertama adalah Taman Pintar. Objek wisata satu ini mungkin sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Selain menyuguhkan sensasi berlibur yang berbeda, disini pengunjung juga bisa bermain sambil memberi edukasi kepada anak.

Letaknya yang sangat dekat dengan Malioboro membuat Taman Pintar sangat mudah dijangkau. Selain menggunakan motor, wisatawan juga bisa menggunakan mobil pribadi atau taksi online. Dengan tiket masuk mulai dari 20.000 saja maka pengunjung bisa bermain sambil belajar menggunakan fasilitas yang tersedia.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta juga termasuk pilihan alternatif tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang menarik untuk dikunjungi. Selain menggunakan kendaraan, pengunjung juga bisa berjalan kaki melewati trotoar yang sudah disediakan. Selain itu, dengan berjalan kaki maka wisatawan juga bisa berinteraksi dengan penduduk Jogja di sepanjang jalan menuju Keraton.

Seperti kita tahu, Keraton merupakan tempat tinggal Sultan Yogyakarta. Namun karena tempat ini memiliki nilai budaya yang kental, maka Pemerintah pun memperbolehkan wisatawan untuk berkunjung. Selain melihat benda-benda bersejarah, pengunjung juga bisa melihat beberapa pertunjukan budaya yang biasanya diadakan pada waktu tertentu.

3. Taman Sari

Nah, tidak jauh dari Keraton masih ada tempat wisata lainnya yang sayang untuk dilewatkan namanya adalah Taman Sari. Sama seperti Keraton, Taman Sari juga merupakan sebuah situs bersejarah yang ada di kota Yogyakarta. Bentuk bangunan dan arsitektur yang bisa dibilang kuno membuat lokasi ini sangat ramai dikunjungi setiap hari.

Untuk sampai kesini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Selain letaknya yang dekat dengan Malioboro, di sepanjang jalan wisatawan bisa embeli oleh-oleh berupa kaos khas Jogja. Hal ini jelas karena memang di sepanjang jalan menuju Taman Sari banyak sekali rumah produksi yang menjual pernak pernik khas Jogja.

4. Alun-Alun Utara

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya yang juga perlu dikunjungi adalah Alun-Alun Utara. Seperti kita tahu Alun-Alun Utara merupakan letak dimana Keraton Yogyakarta berada. Selain luas, lokasi ini juga biasanya diadakan beberapa event menarik setiap tahun.

Event yang paling sering diadakan adalah sekaten. Ya, sekaten merupakan sebuah pasar-raya yang khusus diadakan untuk memperingati hari penting dalam Agama Islam. Selain banyak pedagang makanan, pada event ini pengunjung bisa melihat berbagai atraksi dan juga wahana yang tersedia. Dan tentunya harga tiket masuk untuk setiap wahana sangat murah di kantong.

5. Alun-Alun Kidul

Selain Alun-Alun Utara, Jogja juga memiliki satu Alun-Alun lagi yang bisa dibilang cukup familiar namanya Alun-Alun Kidul. Ya, lokasi ini juga merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang selalu ramai dikunjungi. Salah satu daya tariknya apalagi kalau bukan mitos 2 beringin kembar di tengah lokasi.

Alun-Alun Kidul Juga bisa dijadikan alternatif jika ingin berwisata malam di Jogja. Selain bermain di lapangan, pengunjung juga bisa menyewa becak lampu yang banyak disewakan disini. Nah, jika sudah lelah bermain wisatawan bisa mengisi perut sambil nongkrong di beberapa stand pedagang yang banyak tersedia di pinggir jalan.

6. Pasar Beringharjo

 

Suka berburu oleh-oleh? Jika iya, maka tempat wisata di Jogja dekat Malioboro satu ini bisa dijadikan tujuan selanjutnya. Ya, Pasar Beringharjo namanya. Secara umum pasar ini terletak di ujung Jalan Malioboro. Meski terbilang pasar tradisional, nyatanya minat wisatawan untuk berkunjung kesini masih sangat tinggi.

Layaknya pasar tradisional pada umumnya, transaksi jual beli disini juga tidak jauh berbeda. Hanya saja Pasar Beringharjo memang menjadi pusat perekonomian tertinggi di Kota Jogja. Selai bisa menemukan berbagai macam kaos atau batik, lokasi ini juga cocok untuk pengunjung yang hobi berwisata kuliner.

7. Benteng Vredeburg

 

Saat berjalan-jalan di Malioboro tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Benteng Vredeburg. Lokasinya yang juga berada di titik 0 km membuatnya sangat mudah dijangkau. Selain menawarkan wisata sejarah, tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini juga bisa menjadi spot foto menarik bagi wisatawan.

Benteng Vredeburg merupakan sebuah situs bersejarah tentang sebuah kejadian penting yang pernah terjadi di Jogja. Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi maka Pemerintah pun membukanya sebagai tempat wisata. Selain siang hari, banyak juga para pengunjung yang sering berfoto di gerbang benteng pada malam hari.

8. Museum Sonobudoyo

Untuk wisatawan yang suka dengan alat musik kuno, Museum Sonobudoyo mungkin bisa menjadi alternatif lain setelah puas berlibur di Malioboro. Ya, selain memiliki berbagai macam alat musik tradisional, disini pengunjung juga bisa melihat benda bersejarah lainnya.

Museum Sonobudoyo juga memiliki banyak sekali benda peninggalan yang memiliki nilai religi serta peralatan hidup di masa lampau. Dan tentunya semua barang tersebut memiliki nilai artistik dan sejarah yang tinggi. Untuk itu pengunjung yang datang harus menaati semua peraturan yang ada.

9. Gereja Kuno Sayidan

Selain yang sudah dijelaskan diatas, masih ada lagi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Gereja Kuno Sayidan. Seperti namanya, dulu tempat ini merupakan sebuah gereja pada umumnya. Namun karena sudah tidak dipakai lagi maka bangunan ini pun menjadi terbengkalai.

Meski begitu, nyatanya banyak juga pengunjung yang menggunakan spot ini sebagai lokasi foto. Hal ini dikarenakan bentuk gereja ini sangat artistik dan menyerupai gereja di eropa. Meski tidak diperbolehkan masuk, wisatawan bisa mengambil gambar di dekat gereja atau dari atas jembatan Sayidan.

10. Museum Kereta Kencana

Jika masih berada di area Keraton, tidak ada salahnya jika bergeser ke sebelah barat. Ya, disana ada sebuah museum kereta kencana. Seperti namanya, di tempat ini wisatawan bisa melihat berbagai macam bentuk kereta kencana kerajaan Yogyakarta.

Meski diperbolehkan berkunjung, namun wisatawan juga harus menjaga sopan santun baik tindakan maupun ucapan. Hal ini dikarenakan semua benda di dalam Keraton umumnya dikeramatkan dan sangat dihargai keberadaannya. Maka dari itu untuk pengunjung yang ingin datang usahakan jangan melanggar peraturan yang ada.

11. Plengkung Gading

Selain beberapa lokasi yang sudah dijelaskan diatas, masih ada tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Plengkung Gading. Secara umum lokasi ini memiliki bentuk seperti gapura.

Namun, karena memiliki nilai artistik yang tinggi membuat lokasi ini sering dijadikan tempat nongkrong oleh anak-muda. Tidak hanya berfoto, beberapa anak muda pun sering menjadikannya sebagai lokasi pembuatan film. Untuk yang ingin berkunjung kesini cukup membayar parkir kendaraan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *