10 Tempat Wisata Di Jogja Pantai Yang Paling Keren

3 min read

tempat wisata di jogja pantai

Jogjakarta adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia dan banyak menarik minta pengunjung. Baik dari dalam maupun luar negeri. Kota yang dijuluki sebagai kota pelajar ini memiliki banyak wisata baik wisata alam dan wisata sejarah yang unik. Salah satu wisata yang paling banyak di cari di kota Jogja adalah wisata pantai. Tempat wisata di Jogja pantai memang sudah terkenal.

Jika berwisata ke Jogja, tak lengkap rasanya kalau belum menginjakkan kaki di pantainya. Dimana saja tempat wisata di Jogja pantai yang terkenal dan paling keren? Simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata Di Jogja Pantai

Dari sekian banyak pantai yang ada di kota Jogja terdapat beberapa pantai yang memiliki keunikan tersendiri dan banyak di kunjungi. Diantaranya adalah pantai-pantai berikut ini yang keren dan jangan sampai terlewatkan.

1. Pantai Parangtritis

tempat wisata di jogja pantai

Siapa yang tidak tau Pantai Parangtritis Yogyakarta? Pantai ini merupakan tempat wisata di Jogja Pantai yang paling terkenal. Lokasinya sendiri berada di kabupaten Bantul atau sekitar 27 km dari pusat kota Jogjakarta. Meskipun cukup jauh namun setiap harinya pantai ini selalu ramai pengunjung yang datang baik dari dalam maupun dari luar kota Jogja.

Lokasi Pantai Parangtritis : Jl. Parangtritis km. 28, Bantul, Yogyakarta.

2. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Selain pantai Parangtritis tempat wisata di Jogja pantai satu ini juga menarik, di Jogja ada pantai yang memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri yang membuat para wisatawan tertarik mengunjunginya. Yaitu pantai Glagah yang memiliki tetrapod atau pemecah ombak yang menjorok ke arah pantai. Dengan hal ini memungkinkan para pengunjung untuk bisa melihat dan merasakan deburan ombak yang terbawa angina lebih dekat.

Diatas tetrapod biasanya pengunjung bisa menemukan para pemancing yang menunggu sambaran ikan. Pengunjung pun bisa ikut memancing dengan membawa peralatan sendiri. Karena keunikan inilah pantai Gelagah sangat terkenal di Jogja tepatnya di Kulon Progo.

Lokasi pantai ini ada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

3. Pantai Depok

pantai depok

Pantai Depok biasanya di datangi oleh pengunjung yang hendak berburu panorama indah laut atau sekedar melepas kepenatan di Kota. Di pantai ini pengunjung juga bisa merasakan berbagai macam kuliner laut khas Kabupaten Bantul karena memang di sinilah pusatnya kuliner laut Bantul.

Ketika memasuki musim liburan sekolah, pantai Depok akan sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Mereka biasanya datang dari berbagai daerah untuk merasakan hidangan laut khas Bantul di Pantai Depok.

Lokasi Pantai Depok : Jl. Pantai Depok, Praangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Pantai Goa Cemara Bantul

wisata pantai goa cemara

Sesuai dengan namanya, pantai satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Di pantai Goa Cemara terdapat tumpukan pohon cemara yang membentuk goa dimana terlihat mulut goa yang berlubang. Tumpukan cemara inilah yang merupakan gerbang masuk atau akses menuju ke lokasi pantai yang indah.

Lokasi pantai Goa Cemara : Bantul

5. Pantai Samas Bantul

nelayan pantai samas

Tempat wisata di Jogja pantai yang selanjutnya adalah Pantai Samas Bantul. Ternyata di kabupaten Bantul memiliki banyak wisata pantai yang pastinya tidak akan membuat pengunjung bosan. Dari satu pantai ke pantai lainnya jaraknya tidak begitu jauh sehingga pengunjung bisa menikmati pesona beberapa pantai dalam sehari.

6. Pantai Indrayanti

Pantai satu ini pastinya sudah sering di dengar dan sudah terkenal di kawasan Jogja. Selain menawarkan keindahan alam yang sudah tidak di ragukan lagi, pantai Indrayanti menawarkan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang pantai. Sehingga sangat sayang jika di lewatkan ketika berkunjung ke kota Jogja.

Pantai Indrayanti meskipun sering dikunjungi banyak wisatawan namun keadaannya masih bersih. Fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup lengkap seperti gazebo, penginapan dan juga waterspot. Jika anda tertarik untuk mengunjungi pantai satu ini pastikan jangan uang sampah sembarangan arena terdapat denda yang berlaku bagi seseorang yang membuang sampah di pantai Indrayanti.

Lokasi Pantai Indrayanti : Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

7. Pantai Jogan

Pantai satu ini merupakan satu-satunya pantai yang terdapat air terjunnya. Air terjun tersebut jatuh langsung ke bibir pantai sehingga menambah keunikan dan daya tarik tersendiri Pantai Jogan. Air terjun yang ada di Pantai Jogja termasuk juga dalam salah satu air terjun indah di Jogja yang wajib di kunjungi.

Lokasinya sendiri sedikit tersembunyi, yaitu di alik perbukitan karst, Gunung Kidul di selatan Jogja. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Jogan dan air terjunnya adalah ketika musim hujan tiba. Karena pesona keindahan air terjunnya akan semakin bertambah.

Pantai di Jogja

8. Pantai Nglambor

Bagi yang suka snorkeling pantai satu ini wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Gunung Kidul dan memiliki ombak yang cukup tenang di bandingkan pantai-pantai lainnya di wilayah Jogjakarta. Tidak hanya keindahan di pantai dan ombaknya saja, pantai Nglambor memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan bisa dinikmati.

Menikmati keindahan bawah lautnya tidak sulit karena air laut di Pantai Nglambor cukup jernih dan memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan bawah laut lebih leluasa. Ketika bermain snorkeling pengunjung bisa melihat ikan-ikan kecil, karang yang indah dan biota laut lainnya yang biasa di temukan ketika snorkeling. Lokasi Pantai Nglambor berada di menara Pantai Siung dan Pantai Jogan.

9. Pantai Baron

Tempat wisata di Jogja pantai ini juga tidak kalah terkenal di bandingkan destinasi pantai lainnya yang ada di Jogja. Banyak selai keunikan yang ditawarkan di Pantai Baron, salah satunya yaitu keberadaan sungai air tawar di bawah tanah, air dari sungai tersebut mengalir ke bawah laut. Sesuatu yang unik dan sulit ditemui di tempat lain bukan?

Selain keunikan itu, di pantai Baron memiliki beberapa fasilitas yang akan membuat pengunjung nyaman. Misalnya saja seperti tempat pelelangan ikan, wahana bermain untuk anak-anak dan perahu mesin. Di sekitar pantai pengunjung bisa melihat bukit-bukit yang membuat pemandangan menjadi lebih indah dan menarik. Tidak berhenti sampai disitu saja, hamparan pasir yang putih makin membuat pantai Baron menarik untuk dikunjungi.

Lokasi Pantai Baron : Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Jogja.

10. Pantai Krakal

Sama seperti pantai lainnya yang berada di kawasan Gunung Kidul. Pantai Krakal memiliki view yang indah karena pasir putihnya masih bersih dan ombaknya yang tidak begitu besar. Di sekitar bibir pantai pengunjung bisa melihat batu-batu karang sebagai tempat para ikan bersembunyi. Panti ini sering dijadikan tempat berselancar para peselancar pemula karena ombaknya bersahabat. Jika anda datang ke kawasan satu ini jangan khawatir karena banyak hotel dan restoran disekitar pantai yang akan membuat wisata anda berkesan.

Itulah sederat tempat wisata di Jogja pantai yang paling unik dan hits. Masih banyak lagi pantai di Jogja yang bisa dikunjungi dan tidak masuk di list atas. Jika berkunjung ke kota Jogjakarta jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke pantai-pantai di Jogja. Tapi ingat selalu utamakan kebersihan pantai dan jangan membuang sampah semabarangan di pantai untuk kenyamanan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *