13 Referensi Tempat Wisata Di Malang Yang Murah

4 min read

Berbicara soal Malang tidak akan ada habisnya, apalagi soal tempat-tempat wisatanya yang sangat beragam. Mulai dari yang murah hingga yang tergolong mahal pun ada di sini. Malang selalu dapat memanjakan pengunjungnya dengan beragam wisata yang unik dan murah. Tidak hanya warga Malang sendiri, namun juga pengunjung dari luar wilayah Malang. Dijamin tempat wisata di Malang yang murah dan sangat banyak pilihan ini tidak membuat kantong bolong.

Wilayah Malang sendiri dibagi menjadi 3 yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Pada ketiga wilayah tadi masing-masing memiliki tempat wisata yang menjadi icon tersendiri. Ingin tempat wisata yang murah ? Ketiga wilayah tadi punya jawabannya. Karena beragam jenis tempat wisata murah ada di sana.

Tempat Wisata Di Malang Yang Murah Area Kota

Tempat wisata di Malang yang murah juga ada di sekitar wilayah kota. Malang terkenal dengan suasananya yang sejuk. Wilayah kotanya pun juga belum terlalu panas seperti kebanyakan kota pada umumnya yang identik dengan panas dan macet.

Walaupun di Kota, beberapa tempat wisata ini sangat murah dan bahkan ada yang gratis . Bagi yang penasaran, berikut tempat wisata murah yang ada di wilayah Malang bagian kota :

1. Kampung Warna Warni Jodipan

Jodipan merupakan salah satu spot tempat wisata di kota Malang. Untuk yang suka foto-foto tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijelajah. Wisata yang lokasinya di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang ini dulunya adalah pemukiman kumuh yang kini menjadi tempat yang instgramable. Perkampungan ini juga menawarkan spot foto 3D di beberapa bagian tembok rumah. Harga tiketnya hanya Rp 3.000 per orang.

2. Museum Brawijaya

Bagi yang suka dengan wisata edukasi sangat cocok untuk berkunjung ke Museum Brawijaya yang beralamat di JL. Ijen, No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang.  Ada 5 area utama yang terdapat di sana yaitu taman senjata, ruang lobi, ruang 1, ruang 2, dan halaman tengah. Salah satu yang menjadi daya tarik wisata ini adalah gerbong maut yang masih tersimpan di sana.  Harga tiketnya sangat murah hanya dengan Rp 3.000 saja sudah dapat berwisata edukasi di Museum Brawijaya ini.

3. Kampung Biru

Kampung Biru ini letaknya berseberangan dengan kampung Warna Warni Jodipan. Namanya Kampung Biru, sudah tentu semua pemukimannya dihiasi dengan cat berwarna biru. Pemilihan warna biru ini bukan tanpa alasan. Biru dipilih karena identik dengan club sepak bola kebanggaan Kota Malang yaitu Arema. Untuk menikmati birunya kampung ini sambil berfoto-foto cukup dengan tarif Rp 2.500 aja.

4. Taman Rekreasi Tlogomas

Taman Rekreasi Tlogomas terletak di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Di taman rekreasi ini ditawarkan kolam renang yang cukup luas dan harga tiket masuk yang lumayan murah hanya dengan Rp 12.000 per orang.

5. Hutan Kota Malabar

Tempat wisata ini difungsikan sebagai hutan kota di Malang ini biaya masuknya gratis dan hanya membayar parkir saya untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp 3.000. Rasakan kesejukan berada di tengah-tengah kota.

Tempat Wisata Murah Area Batu Malang

Tempat wisata di Malang yang murah dan sangat banyak pilihannya ada di Batu Malang. Wilayah Batu yang biasa disebut Kota Wisata Batu ini masih termasuk bagian dari wilayah Kota Malang. Namanya juga kota wisata, pasti wilayahnya penuh dengan beragam tempat wisata. Bahkan untuk menuju ke satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya juga dekat. Berwisata ke Kota Batu Malang yang murah pilihannya berikut ini :

1. Air Terjun Coban Rondo

Wisata Coban Rondo ini memiliki air terjun setinggi 84 meter. Tidak hanya keindahan air terjun namun di sini juga terdapat banyak wahana seru yang patut dicoba. Seperti labirin, fun tubing, paint ball, dan ada beberapa koleksi satwa di sana. Tiket masuknya hanya Rp 8.000 saja untuk wahana lainnya ada biaya sendiri.

2. Air Terjun Coban Talun

Air terjun Coban Talun terletak di Wonorejo Kota Batu. Kawasan wisatanya tidak hanya air terjun namun banyak wahana lainnya yang instagramable. Seperti taman bunga, Apace Camp, Pagupon, dan Gardu Pandang. Untuk yang berburu wisata murah dan seru, tempat ini sangat cocok. Karena hanya dengan Rp 10.000 saja sudah dapat mengunjungi kawasan wisata Coban Talun dan untuk wahana lainnya juga tidak terlalu mahal.

3. Air Terjun Coban Rais

Kawasan air terjun jaman sekarang tidak hanya air terjunnya saja yang dapat dinikmati keindahannya. Tapi juga berbagai wahana lainnya yang dibangun di sekelilingnya. Seperti di Wisata Air Terjun Coban Rais ini. Ada bukit bulu yang menawarkan spot foto yang instagtamable. Harga tiketnya sangat terjangkau. Untuk masuk ke kawasan wisata Coban Rais cukup dengan Rp 10.000 dan untuk melanjutkan ke bukit bulu cukup tambah Rp 7.500 saja.

4. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular ini dibuka hingga malam hari. Sangat cocok untuk yang sedang berjalan-jalan pada sore hingga malam hari. Banyak wahana yang ditawarkan seperti rumah kaca, lampion garden, dan sepeda udara. Untuk tiketnya di hari biasa Rp 20.000 saja dan pada saat weekend Rp 30.000.

5. Wisata Petik Apel

Kota Wisata Batu memang terkenang dengan hasil alamnya yaitu buah apel. Kini anda dapat menikmati apel dengan memetiknya sendiri di wisata petik apel di Desa Tulungrejo – Batu. Tiketnya berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

6. Taman Langit Gunung Banyak

Kawasan wisata yang terletak di Gunung Banyak ini masih satu kawasan dengan area paralayang dan goa pinus. Di sini pengunjung akan berada seolah-olah seperti di negeri khayalan. Konsepnya adalah flower garden yang sangat indah dan fasilitas lainnya seperti gazebo untuk bersantai. Harga tiketnya masih Rp 10.000 an aja.

7. Selecta

Selecta termasuk wisata yang sudah lama ada di Batu. Tetapi seiring berkembangnya pembangunan dan pembaruan menjadikan Selecta mampu bersaing dengan wisata di sekitarnya. Selecta tetap eksis dengan hamparan taman bunga yang luas dan indah ditambah dengan berbagai wahana airnya yang cocok untuk keluarga. Dengan tiketnya yang murah hanya dengan Rp 25.000 – 30.000 tempat wisata ini tetap menjadi idola keluarga.

Tempat Wisata Di Malang Yang Murah Area Kabupaten Malang

Wilayah Kabupaten Malang menyimpan surga wisata yang tidak kalah menarik dari tempat lainnya. Tempat wisata di wilayah Kabupaten Malang cenderung pada wisata alamnya yang masih asri. Kabupaten Malang dari waktu ke waktu selalu berinovasi dalam pengelolaan tempat wisatanya. Termasuk tempat wisata di Malang yang murah sangat banyak di sini. Apa saja wisata murah yang ditawarkan oleh Kabupaten Malang? Berikut 10 kawasan wisata murah di Kabupaten Malang :

1. Sumber Sirah

Wisata Sumber Sirah terletak di Desa Putuk Rejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Sumber sirah merupakan sumber air yang sangat bening sehingga dapat dijadikan spot foto under water. Tiket masuknya sangat murah semurah gorengan cuma Rp 1.000 aja.

2. Taman Kelinci Milkindo

Taman kelinci Milkindo terletak di Kepanjen Kabupaten Malang. Tempat wisata keluarga ini menawarkan beragam fasilitas seperti naik kereta, playground, dan edukasi perah susu sapi. Harga tiketnya yang hanya Rp 10.000 menjadikan Milkindo banyak diminati.

3. Boon Pring Andeman

Boon Pring Andeman adalah kebun bambu yang mengelilingi waduk buatan Andeman. Selain itu ada fasilitas kolam renang anak dan dewasa. Ada juga sepeda air yang dapat digunakan untuk mengelilingi waduk. Lokasinya ada di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Tarif untuk masuk ke Boon Pring Andeman hanya dengan Rp. 10.000 belum termasuk fasilitas lainnya.

4. Hutan Pinus Sumberputih

Di era instagram ini semakin banyak tempat wisata yang berlomba-lomba menawarkan fasilitas spot foto instagramable. Di Hutan Pinus Sumberputih yang ada di daerah Wajak Kabupaten Malang ini salah satunya. Karena di sini sangat banyak spot foto instagramable dan suasana yang sangat sejuk. Harga tiketnya per orang kisaran Rp 5.000 an dan mendapatkan satu botol air mineral untuk setiap orang. Bagaimana, menarik bukan?

5. Wisata Agro Kebun Teh Wonosari

Hamparan kebun teh yang luas di daerah Wonosari, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini menawarkan banyak fasilitas. Ada outbound, kolam renang, tea house, serta berwisata ke pabrik teh untuk melihat proses pengolan daun teh. Harga tiketnya juga masih terjangkau masih dengan Rp 8.000an per orang untuk tarif reguler. Selain tarif reguler juga ada pilihan harga paket lainnya.

6. Deretan Pantai Jalur Lintas Selatan

Wilayah Kabupaten Malang bagian selatan memiliki surga tersembunyi yang semakin hari semakin hits. Jalur lintas selatan diawali dari paling ujung timur pantai Sendangbiru hingga ujung barat pantai Balekambang. Sepanjang jalur linta selatan ini adalah pintu masuk menuju jajaran pantai di Malang selatan. Di sini surganya deretan tempat wisata di Malang yang murah khususnya pantai. Sangat banyak pilihan pantai sepanjang jalur ini dengan harga tiket masuk yang masih berkisar antara Rp 5.0000 – Rp 15.000 dan bahkan masih ada yang gratis. Jika ingin berjelajah pantai di sini tempatnya.

Bagaimana? Tempat wisata di Malang yang murah yang sudah dibahas tadi memang tidak membuat kantong bolong bukan? Buat yang sedang berkunjung ke Malang tempat-tempat tadi sangat sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa setiap mengunjungi tempat wisata untuk selalu menjaga kebersihan.

4 Lokasi Rafting di Malang yang Seru dan Menantang

Rafting adalah kegiatan olahraga yang mulai muncul sejak abad 19an di Amerika Serikat. Kabarnya, olahraga air ini dipelopori oleh John Macgregor yang ketika itu...
admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *