17 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis Di Bandung

3 min read

Tempat Wisata Gratis di Bandung – Berwisata ke Bandung tidak selalu harus mengeluarkan uang. Jika cermat menyiasatinya pengunjung dapat menikmati sarana tempat berlibur secara gratis. Jika berkunjung ke Ibukota Jawa Barat ini, pengunjung akan disuguhkan banyak tempat wisata gratis di Bandung.

Mengunjungi tempat wisata gratis di Bandung menjadi langkah penghematan yang bisa dilakukan. Apalagi tempat wisata tersebut tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya yang dikenakan biaya. Jika penasaran dengan tempat wisata Bandung yang bisa dikunjungi tanpa harus memungut biaya, mari simak ulasannya berikut ini.

17 Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Seperti yang sudah disebutkan di atas, di Kota Bandung terdapat banyak tempat wisata yang bisa dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya tiket masuk. Walaupun gratis, namun tentunya tempat-tempat wisata gratis di bandung tersebut tidak kalah seru dan indahnya dengan tempat wisata yang dikenakan tiket masuk. Lantas apa saja tempat wisata gratis di Bandung? Jawabannya ada di bawah ini :

1. Bukit Teletubies Cicalengka

Siapa yang menyangka jika di Bandung juga terdapat bukit yang serupa dengan yang ada di kartun teletubies. Pengunjung bisa merasakan suasana nostalgia masa kanak-kanak bersama keluarga ketika mengunjungi tempat ini. Selain itu, bukit teletubies cicalengka juga bagus dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan foto liburan.

2. Tebing Gunung Hawu

Tebing yang terletak di Padalarang Bandung yang terkenal akan perbukitan kapurnya ini menawarkan pesona yang tak biasa. Pengunjung bisa mendatangi tebing ini saat tiba waktunya matahari terbit. Karena tebing gunung Hawu juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise.

3. Sanghyang Tikoro

Bagi pecinta wisata misteri bisa mengunjungi Sanghyang Tikoro. Dimana tempat tersebut merupakan sebuah gua dan sungai bawah tanah. Karena lokasinya yang tidak banyak diketahui oleh pengunjung membuat tempat ini masih terjaga keasriannya. Disarankan untuk membawa pemandu agar tidak tersesat ketika berkunjung ke tempat ini.

Ketika mengunjungi Sanghyang Tikoro, pengunjung akan melihat aliran sungai yang jernih. Yang paling menarik adalah aliran sungai tersebut mengalir masuk ke arah gua yang sampai saat ini tidak diketahui bermuara di mana.

4. Gua Purba Sanghyang Poek

Tak jauh dari Sanghyang Tikoro, terdapat sebuah gua bernama Sanghyang Poek. Ketika berjalan menuju gua, aliran sungai yang ada di sekitar gua lebih jernih daripada saat berada di tempat Sanghyang Tikoro. Untuk masuk ke mulut gua, pengunjung harus memiringkan tubuh karena bentuk gua ini memiliki landscape miring.

5. Gunung Manglayang

Ingin merasakan keseruan mendaki tapi tidak terlalu mahir mendaki? Gunung Manglayang bisa menjadi tempat pendakian pertama bagi pemula. Memiliki puncak yang tidak terlalu tinggi bukan berarti tidak menarik untuk didaki, gunung Manglayang menjadi salah satu gunung terindah di Bandung. Tidak akan ada penyesalan jika sudah sampai ke gunung ini.

6. Hutan Pinus Rahong

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berjalan santai ria. Pemandangan alam asri yang dikelilingi pohon pinus menambah suasana menyegarkan ketika sedang berjalan kaki. Selain itu di hutan ini terdapat pula beragam fasilitas berbayar. Meski begitu untuk merasakan nuansa rimbunan pohon pinus pengunjung tidak dikenakan biaya.

7. Alun-Alun Bandung

Jika pergi ke Bandung, mampirlah ke alun-alunnya. Di sana terdapat hamparan padang rumput yang luas dengan corak artistik tempat untuk bersantai. Banyak jajanan yang tersedia di sana, tetapi bila memang tidak ingin mengeluarkan uang sepeser pun pengunjung bisa menggelar piknik bersama rekan atau keluarga.

8. Gedung Sate

Tidak berada di Bandung rasanya jika melewatkan salah satu tempat ikonik di kota ini. Gedung Sate merupakan bangunan peninggalan sejarah yang dibuat pada masa penjajahan Belanda. Gedung ini sangat artistik dan cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

9. Jalan Asia Afrika

Tempat wisata bersejarah lainnya di kota Bandung adalah jalan Asia Afrika yang termasuk dalam kawasan kota tua Bandung. Banyaknya gedung serta ornamen ala masa kolonial Belanda menjadikan jalan ini tempat yang pas untuk mengabadikan foto artistik.

10. Jalan Braga

Jalan Braga menjadi salah satu tempat yang banyak terdapat bangunan tua. Berbeda dengan kawasan Asia Afrika yang dikelilingi gedung mewah, di jalan ini pengunjung akan melihat komplek pertokoan tempo dulu. Selain itu di sepanjang jalan dan pertokoan terdapat banyak sekali lukisan yang bisa dijadikan sarana cuci mata gratis.

11. Taman Balai Kota Bandung

Menikmati suasana sore hari di kota Bandung bisa dilakukan wisatawan dengan mampir ke taman balai kota. Di sana tersedia jalur jogging, bangku taman, dan beberapa monumen yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto. Selain itu, banyaknya bunga warna-warni membuat siapa saja betah untuk terus berada di sana.

12. Babakan Siliwangi

Jika ingin merasakan sensasi berada di hutan tengah kota, pengunjung bisa langsung mengunjungi babakan Siliwangi. Untuk bisa melintasi kawasan tersebut, terdapat banyak tangga dan jalur papan. Semuanya diatur serapi dan seindah mungkin sehingga pengunjung dapat merasakan ketenangan hutan di tengah kota.

13. Kampung Cibunut

Suasana penuh warna dan keceriaan bisa pengunjung temukan ketika berada di kampung warna Cibunut Bandung. Di sana terdapat banyak lukisan-lukisan mural yang ada di tembok rumah warga. Destinasi wisata yang ada di kota Bandung ini tentu saja tidak dikenakan biaya.

14. Taman Fotografi

Taman fotografi merupakan tempat terbuka bagi publik umum maupun yang mencintai dunia fotografi. Di sana terdapat bermacam-macam hasil foto yang menakjubkan. Selain itu, taman tersebut juga sering dijadikan sebagai tempat berkumpulnya komunitas fotografi kota Bandung.

15. Taman Film

Taman ini berada di bawah jembatan layang Pasupati yang terletak di pusat kota Bandung. Di sana terdapat sebuah layar billboard besar tempat menonton film. Sesuai namanya, taman ini pada waktu malam hari sering menyuguhkan tontonan bagi pengunjung yang datang. Jika ingin menonton gratis, datanglah ke tempat ini.

16. Masjid Al Imtizaj

Di salah satu daerah yang ada di kota Bandung terdapat masjid yang menarik untuk dikunjungi. Masjid al-Imtizaj, merupakan masjid yang memiliki arsitektur bergaya tionghoa. Tempat wudhunya pun sangat unik berupa cawan raksasa berwarna emas. Menyempatkan diri untuk sholat di tempat tersebut adalah suatu pengalaman menarik selama berkeliling di kota Bandung.

17. Taman Cemara Bukit Jamur Ciwidey

Bukan jamur yang bisa ditemukan di tempat ini, melainkan rimbunan pohon cemara berukuran mini yang bentuknya menyerupai jamur. Tempat wisata gratis di Bandung ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan karena suasananya yang asri dengan hawa sejuk yang menyegarkan. Di kawasan ini juga terdapat sebuah pabrik teh peninggalan Belanda yang masih beroperasi hingga saat ini.

Berkeliling di kota Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya, sebab banyak sekali tempat-tempat wisata mempesona yang terdapat di sana. Meskipun banyak tempat wisata berbayar, tetapi tidak jarang juga pengunjung dapat menemukan tempat wisata gratis di Bandung. Dan tempat-tempat tersebut tentunya sangat menarik tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *