Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Yang Wajib Dikunjungi

3 min read

Memiliki tempat strategis dan mudah ditempuh tidak heran jika Jakarta menjadi tempat yang sering dikunjungi orang luar daerah. Tak jarang juga Jakarta menjadi pelarian orang daerah untuk mencari pekerjaan. Melihat padatnya penduduk Jakarta membuat sebagian orang memanfaatkannya untuk keperluan bisnis. Salah satunya dengan membuka tempat wisata Jakarta murah meriah.

Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menawarkan harga murah dengan tema yang berbeda dan unik. Berbagai fasilitas juga disediakan demi menarik para pengunjung. Bagi para wisatawan yang saat ini ingin berlibur ke tempat wisata Jakarta murah meriah, berikut ini akan dibahas beberapa tempat wisata di Jakarta berdasarkan temanya masing-masing.

Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Dengan Tema Sejarah

Salah satu cara agar anak bangsa tidak melupakan sejarah masa lampau adalah dengan membuka tempat wisata yang bertema sejarah. Cara ini juga termasuk salah satu upaya melestarikan dan menghargai sejarah nenek moyang. Selain itu, para pengunjung baik itu orang dewasa atau anak-anak sekaligus dapat belajar sejarah secara langsung. Adapun beberapa tempat wisata yang memiliki tema sejarah sebagai berikut.

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau dikenal dengan Monas merupakan salah satu tempat wisata murah di Jakarta. Monas ini umumnya merupakan Monumen tertinggi di Indonesia dan sangat terkenal. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung di kawasan ini, hanya dikenakan tarif Rp 5.000/orang saja.

Jika ingin melihat pemandangan dari puncak dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000. Adapun tujuan didirikannya Monumen Nasional ini yaitu untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Didirikan oleh Ir. Soekarno dengan bentuk mahkota menyerupai lidah yang dilapisi emas.

2. Museum Fatahillah

Salah satu tempat wisata Jakarta murah meriah adalah Museum Fatahillah. Di tempat ini ada beberapa peninggalan zaman Belanda yang masih dirawat dengan baik. Pasalnya tempat ini pernah dijadikan markas VOC sebelum menjadi Museum. Untuk dapat memasuki kawasan ini, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 5.000/orang saja.

3. Taman Suropati

Taman ini awalnya diberi nama Burgemeester Bisschopplein yang dibangun pada saat zaman Belanda. Disana terdapat enam monumen yang merupakan hasil karya seniman dari beberapa negara tetangga. Selain itu, adanya beberapa pohon besar di dalam taman membuat suasana taman terasa sejuk dan dingin.

Tempat Wisata Jakarta Murah Dengan Tema Edukasi

Saat ini begitu banyak para pengusaha yang telah membuka tempat wisata sebagai cara menghasilkan uang. Berbagai cara pun dilakukan untuk menarik pengunjung, salah satunya yaitu membuka tempat wisata dengan tema edukasi. Di tempat ini para pengunjung juga bisa belajar hal-hal baru bersama anak-anak. Berikut ini akan disajikan beberapa tempat wisata yang memiliki tema edukasi.

 1. TMII

TMII kepanjangan dari Taman Mini Indonesia Indah yang merupakan tempat edukasi. Sehingga taman ini sangat cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Terdapat sejumlah kebudayaan dan ciri khas daerah serta miniatur Indonesia yang dibentuk dalam pulau-pulau kecil.  Seperti adanya rumah adat Nusantara dari sabang sampai Merauke.

Selain itu, juga tersedia objek wisata yang mengasyikkan. Seperti taman, museum, teater, tempat ibadah, dan masih banyak lagi. Untuk menikmati setiap wahana yang ada, pengunjung akan dikenakan biaya yang berbeda tergantung jenis wahana yang digunakan. Karena merupakan salah satu objek wisata yang memiliki nilai edukasi, tempat wisata inipun wajib untuk dikunjungi.

2. Planetarium

Planetarium adalah tempat wisata bertema edukasi. Dengan begitu, mengunjungi tempat ini adalah suatu pilihan yang tepat. Ditempat ini pengunjung yang membawa anak-anak dapat mengenalkan langsung kepada anak-anaknya berbagai planet dan bintang di alam.

Planetarium umumnya menyerupai kubah setengah bola. Terletak di jalan Cikini Raya no. 73, Menteng Jakarta Pusat. Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 7.000 khusus dewasa dan Rp 3.500 khusus anak-anak. Biasanya tempat ini akan tutup pada hari senin. Untuk jam bukanya yaitu diadakan pada hari selasa hingga minggu.

3. Tanah Tingal

Tempat ini juga bertema edukasi sehingga sangat cocok dijadikan wisata keluarga bersama anak-anak. Terdapat banyak kegiatan yang dapat membuat anak lebih kreatif dan memiliki pengetahuan. Tempat ini pun memiliki pemandangan yang tak kalah cukup menarik. Disana juga terdapat beberapa pohon besar yang membuat lokasi terasa teduh dan segar.

Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Dengan Tema Rekreasi

Rekreasi merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus dipenuhi. Apalagi bagi sebagian orang yang sibuk bekerja sepanjang hari membuatnya mudah lelah dan bosan. Namun di tengah keramaian kota Jakarta, berbagai tempat wisata Jakarta murah meriah bisa dinikmati. Salah satunya yaitu tempat wisata yang bertema rekreasi.

Selain dapat menikmati keindahan alam, ditempat ini juga menawarkan berbagai hiburan yang dapat membuat rasa bosan hilang seketika. Penasaran kan? yuk ikuti pembahasannya berikut ini.

1. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau disebut Dufan memiliki beragam jenis wahana yang memicu adrenalin. Untuk dapat memasuki kawasan Dufan pengunjung akan dikenakan tarif Rp 190.000 untuk hari biasa dan Rp 270.000 untuk hari libur. Beberapa wahana yang tersedia di Dunia Fantasi yaitu tornado, halilintar, Kicir-kicir, Kora-kora, hingga Istana Boneka.

Ada beberapa wahana yang diberi nama sesuai dengan tema tempat tersebut. Seperti kawasan Eropa yang di dalamnya banyak memiliki tema yang bernuansa Eropa. Hal tersebut bertujuan agar para pengunjung dapat benar-benar merasakan suasana ala Eropa.

2. Ragunan

Ragunan merupakan kebun binatang yang paling terkenal di Ibu kota Jakarta. Pasalnya kebun binatang ini sudah ada sejak zaman pra kemerdekaan yaitu tahun 1864. Memiliki luas 140 hektar dan terdapat beraneka macam spesies baik flora maupun fauna. Untuk dapat memasuki kawasan ini, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 4.000 khusus orang dewasa dan Rp 3.000 khusus anak-anak.

Pasalnya kebun binatang ini memiliki 270 spesies jenis binatang dan 171 spesies jenis tanaman. Selain itu, terdapat 50.000 pohon yang membuat kawasan menjadi lebih teduh dan sejuk. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati setiap wahana yang ada akan dikenakan biaya tambahan khusus.

3. Pantai Marina

Salah satu tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di Jakarta adalah Pantai Marina. Ditempat ini para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang cukup menarik sekaligus menikmati angin sepoi-sepoi. Selain itu, tempat ini terkesan romantis sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama pasangan. Adapun tarif biaya pantai ini Rp 25.000/orang saja.

4. Wisata Angke Kapuk

Wisata Angke Kapuk merupakan wisata yang cukup baru di Jakarta. Keunikan dari tempat ini adalah banyaknya terdapat pohon bakau. Bagi pengunjung yang ingin memiliki pengalaman untuk menjelajahi hutan bakau, tempat ini bisa dijadikan pilihan tepat. Selain itu, disana juga disediakan tempat duduk yang memiliki bentuk atap menyerupai segitiga.

5.  Setu Babakan

Setu babakan merupakan salah satu tempat wisata Jakarta murah meriah. Disana tersedia beberapa perahu bebek engkol yang bisa dicoba bersama keluarga. Selain itu, disana juga terdapat beberapa kebudayaan Betawi seperti makanan khas, dan adat istiadat betawi. Jadi selain mencoba aneka wahana, para pengunjung juga bisa menjajal kuliner yang tersedia.

Itulah referensi tempat wisata Jakarta murah meriah. Bagi para wisatawan yang ingin pergi berlibur, tempat di atas bisa dijadikan pilihan. Sebelum memutuskan untuk berlibur, sebaiknya untuk tidak lupa memperhatikan faktor pendukung lainnya yang dapat mempermudah berjalannya acara liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *