11 Destinasi Tempat Wisata Jogja Malam Hari Yang Cocok Untuk Nongkrong

3 min read

Mencari tempat wisata di Indonesia kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Jogja. Selain menyuguhkan berbagai tempat wisata di siang hari, ternyata banyak juga tempat wisata Jogja malam hari yang recommended.

Suasana malam di Kota Jogja memang sangat indah. Hal ini jugalah yang menjadi daya tarik terbesar wisata di Kota ini. Lalu dimana saja tempat wisata Jogja malam hari yang reccomended?

Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Malam Hari Yang Menarik

Secara umum di Jogja banyak sekali destinasi wisata yang bisa pengunjung pilih. Selain tempat wisata siang, disini juga banyak tempat wisata malam yang menarik untuk dikunjungi. Di antaranya :

1. Jalan Malioboro

Rekomendasi tempat wisata Jogja malam hari yang pertama sudah pasti Jalan Malioboro. Ya, lokasi ini tentunya sudah menjadi tujuan utama para wisatawan ketika berkunjung. Hal ini jelas karena selain bisa berjalan-jalan dengan santai, para pengunjung juga bisa berbelanja aneka oleh-oleh khas Jogja.

Tidak hanya itu, saat malam hari disini jua sering terdapat pementasan musik angklung dari para musisi jalanan. Tentunya hal ini membuat suasana malam di Malioboro semakin meriah. Selain berbelanja dan menikmati pertunjukan, tidak sedikit pula yang mengabadikan momen dengan berfoto bersama keluarga atau pasangan.

2. Titik 0 Km

Masih satu kawasan dengan Malioboro, pengunjung juga biasanya mengakhiri perjalanan wisatanya dengan mengunjungi titik 0 km. Ya, tempat wisata Jogja malam hari satu ini juga merupakan tujuan favorit para wisatawan. Selain bisa bersantai dengan duduk di bangku yang sudah disediakan, banyak juga yang menggunakan spot ini untuk berburu foto.

Nah, di titik 0 km juga terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Benteng Vredeburg. Tempat ini merupakan saksi sejarah bahwa dahulu pernah terjadi sebuah peristiwa penting di Jogja. Selain masuk ke dalam, pengunjung juga biasanya mengambil foto di halaman utama benteng.

3. Alun-Alun Kidul

Setelah puas berkunjung ke titik 0 km, tidak ada salahnya jika mengunjungi salah satu alun-alun di kota Jogja yaitu Alun-Alun Kidul. Ya, tempat ini tentunya sudah sangat familiar di kalangan wisatawan. Salah satu daya tariknya sudah pasti tentang adanya mitos di 2 beringin kembar yang tepat di tengah lokasi.

Berpaling dari mitos yang ada, Alun-Alun Kidul juga merupakan tempat wisata Jogja malam hari yang recommended. Selain bisa bermain di area lapangan yang luas, disini pengunjung bisa mencoba naik becak lampu warna-warna. Setelah puas bermain wisatawan juga bisa beristirahat sambil makan di lapak pedagang yang banyak tersedia disana.

4. Tugu Jogja

Semua orang pasti kenal dengan Tugu Jogja. Ya, ikon utama Kota Jogja ini tentunya selalu dilihat ketika pertama kali masuk ke Kota Pelajar ini. Selain terlihat megah di siang hari, ternyata lokasi ini juga sangat sering dikunjungi wisatawan pada malam hari.

Salah satu kegiatan yang umumnya sangat sering dilakukan disini adalah berfoto. Bahkan diantaranya juga pernah melakukan syuting film atau video klip di lokasi ini. Tidak jauh dari komplek Tugu, banyak pedagang angkringan yang bisa dituju untuk melepas dahaga atau rasa lapar.

5. Alun-Alun Utara

Selain Alun-Alun Kidul yang sudah dijelaskan sebelumnya, Jogja masih mempunyai satu alun-alun lagi yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi kalau bukan Alun-Alun Utara. Lokasinya yang dekat dengan Malioboro, membuat tempat ini layak untuk disambangi. Dan tentunya daya tarik utamanya adalah Keraton Yogyakarta yang lokasinya terletak di Alun-Alun Utara.

Meski tidak bisa masuk ke Keraton pada malam hari, tenang pengunjung bisa datang kesini ketika ada event tertentu. Salah satunya adalah sekaten. Acara ini selalu diadakan setahun sekali terutama saat memperingati hari besar Islam. Selain berbelanja, biasanya juga terdapat banyak sekali atraksi atau wahana bermain yang bisa dicoba oleh pengunjung.

6. Taman Pelangi

Sedikit menjauh dari pusat kota, ada tempat wisata Jogja malam hari lainnya yang patut untuk dikunjungi yaitu Taman Pelangi. Ya, objek wisata ini berada di Jalan Ringroad Utara, Ngaglik, Sleman. Selain dijuluki Taman Pelangi, lokasi ini juga memiliki nama lain yaitu Taman Lampion.

Nama Taman Lampion dipakai karena memang disini banyak sekali lampion aneka warna dan bentuk. Dan tentunya, hal ini membuat banyak sekali wisatawan yang datang untuk berburu foto. Tidak hanya itu, disini juga terdapat berbagai stand food court yang bisa dikunjungi

7. Bukit Bintang

Untuk wisatawan yang sedang berada di Gunung Kidul cobalah untuk berkunjung ke Bukit Bintang. Ya, lokasi ini merupakan jalur utama ketika ingin berkunjung ke pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Selain menarik dikunjungi saat siang hari, lokasi ini juga sangat recommended untuk tempat nongkrong saat malam hari.

Disini banyak sekali lapak pedagang atau cafe yang menawarkan berbagai menu. Selain tempatnya yang berada di ketinggian, harga yang dipatok pun masih ramah di kantong. Saat menikmati makanan, pengunjung juga akan dibuat terpesona dengan kelap-kelip lampu kendaraan yang menghiasi Kota Jogja.

8. Angkringan Kali Code

Suka dengan menu angkringan? Kalau iya angkringan Kali Code bisa dijadikan rekomendasi tempat wisata Jogja malam hari selanjutnya. Tidak sulit untuk menemukan lokasi ini karena bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau menggunakan ojek online. Lokasinya yang berada dekat dengan pusat Balai Bahasa, membuatnya cukup mudah ditemukan.

Sama seperti angkringan pada umumnya, disini pengunjung bisa memesan aneka makanan mulai dari nasi kucing, kopi, dan aneka gorengan. Selain menikmati beberapa menu yang tersedia, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Kota Jogja dari sudut yang berbeda. Dan tentunya harga yang dipatok tidak akan membuat kantong jebol.

9. Plengkung Gading

Lokasi tempat wisata Jogja malam hari lainnya yang perlu dikunjungi adalah Plengkung Gading. Lokasinya tidak jauh dari Alun-Alun Kidul maupun Alun-Alun Utara Jogja. Selain itu, pengunjung umumnya hanya dikenakan tarif parkir saat berkunjung kesini.

Selain cocok untuk nongkrong, lokasi ini juga sering digunakan untuk tempat pembuatan video klip atau film. Secara umum lokasi ini berbentuk gapura namun memiliki bentuk yang unik. Karena ciri khas itulah membuat Plengkung Gading selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

10. Angkringan Stasiun Tugu

Angkringan satu ini mungkin sudah sangat terkenal seantero Jogja namanya angkringan Stasiun Tugu. Nah, jika sedang berkunjung ke Jogja tidak ada salahnya untuk berkunjung kesini. Letaknya sangat dekat dengan Malioboro dan Stasiun Tugu.

Layaknya angkringan pada umumnya, disini tersedia berbagai macam menu mulai dari nasi kucing, gorengan, sate usus, dan lain sebagainya. Dan tentunya yang paling khas adalah kopi jos. Semua menu disini harganya terjangkau dan sangat cocok untuk wisatawan yang berlibur dengan low budget.

11. Pinus Pengger

Tempat wisata Jogja malam hari selanjutnya yang bisa dibilang hits saat ini adalah Pinus Pengger. Lokasinya ada di Jalan Dlingo, Patuk, DIY. Selain cocok dikunjungi ketika siang hari, Pinus Pengger juga menawarkan sensasi berlibur yang menarik saat malam hari.

Rata-rata pengunjung disini mengincar spot foto menarik dengan latar belakang Kota Jogja. Dengan adanya berbagai spot yang menarik, tentunya hasil foto yang didapat akan maksimal. Tidak hanya itu, Pinus Pengger juga cocok untuk pengunjung yang ingin berwisata romantis bersama pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *