11 Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Hits

3 min read

tempat wisata kuliner di bandung

Tempat Wisata Kuliner di Bandung – Berbicara mengenai kota dengan destinasi wisata favorit para wisatawan maka Bandung adalah juaranya. Bahkan, Kota yang mendapat julukan sebagai ‘Paris Van Java’ ini juga menjadi pusat pariwisata Provinsi jawa Barat. Kuliner Bandung juga menjadi incaran para wisatawan. Oleh karenanya tak heran jika tempat wisata kuliner di Bandung juga ramai oleh wisatawan.

Kota Bandung tidak hanya menyuguhkan panorama alam pegunungan yang menyejukkan mata. Namun juga berbagai ragam wisata kuliner yang memanjakan lidah siapa saja yang menikmatinya. Bahkan bisa dikatakan kalau Bandung adalah surganya kuliner. Sehingga tak sedikit pecinta kuliner yang selalu menyempatkan berkunjung  ke tempat wisata kuliner di Bandung yang hits.

Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Hits

Selain cita rasa kulinernya yang lezat dan nikmat, kuliner Bandung juga sarat akan inovasi yang bisa menggugah selera anda. Bahkan, banyak sekali yang menawarkan konsep penyajian yang unik sehingga menarik para pembeli dan hits di kalangan para traveler. Berikut ini adalah 11 tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan wajib anda coba.

1. Sapulidi Lembang

sapu lidi resort

Tempat wisata kuliner di bandung terpopuler yang pertama adalah Sapulidi Lembang. Surga kuliner yang satu ini menyajikan konsep suasana pedesaan di pegunungan. Sehingga sangat cocok buat anda pecinta konsep back to nature. Yang paling unik dari tempat yang satu ini adalah para pengunjung bisa menikmati aneka makanan yang disajikan di saung bambu. Dan untuk memesan makanan anda harus memukul kentong sebanyak dua kali. Beberapa menu andalan dari tempat ini antara lain ramuan nenek sihir, sate ayam edan dan sapulidi punch. Selain itu, disini juga menyediakan masakan sunda, jawa hingga makanan internasional.

Baca Juga :   Rugi Jika Melewatkan Tempat Wisata Keluarga Di Bandung Berikut Ini

2. Kampung Daun

kampung daun

Kampung Daun bisa disebut sebagai tempat wisata kuliner di bandung yang mengusung nuansa romantis. Pasalnya, tempat yang satu ini menyuguhkan nuansa yang tradisional, hening dan nyaman dalam konsep saung dan lesahan.  Dan mengangkat tema café sekaligus culture gallery. Selain itu, anda juga bisa menikmati beragam jajanan tradisional seperti kembang gula, dodol dan gulali.

3. Nasi Kalong

nasi kalong bandung

Sesuai dengan namanya, tempat wisata kuliner di bandung yang satu ini bukanya hanya pada malam hari saja. Yaitu dari jam 7 malam hingga dini hari. Untuk lokasinya sendiri berada di jalan RE Martadinata. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika kelaparan di malam hari karena tempat ini akan selalu ramai dengan antrian yang mengekor. Menu andalan yang ditawarkan adalah nasi hitam. Yaitu nasi merah yang dimasak dengan kluwek, cabai merah, daun salam dan bumbu lainnya. Nasi hitam ini bisa dinikmati dengan berbagai pilihan lauk. Mulai dari ayam bakar madu, tahu goreng, dan lain sebagainya. Dan buat anda yang tidak menyukai nasi ini anda juga bisa memesan nasi putih.

4. Raja Rasa

raja rasa

Anda penggemar makanan sunda dan seafood? Raja Rasa adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, tempat yang satu ini menyajikan beragam masakan sunda dan ikan yang diolah dengan bumbu khas bali. Selain itu, anda juga bisa menikmati minuman khas Bandung Fresh Raja Rasa dan Es Cincau. Untuk lokasi dari surga kuliner yang satu ini berada Jalan Sentra Ria. Keunikan lain dari Raja Rasa adalah desain interior kala sunda dan jepang.

5. Bumbu Desa

bumbu desa

Bumbu Desa bisa disebut sebagai tempat wisata kuliner di bandung yang ‘sunda banget’. Disini anda bisa menikmati beragam masakan khas sunda yang dikemas secara secara unik dan kekinian. Untuk menu andalan dari Bumbu Desa adalah sayur asem dan ikan gurami cobek. Selain itu ada juga beragam kuliner khas bandung berbahan ikan dan udang yang dihidangkan dengan gaya pedesaan. Semua menu yang tersaji menghasilkan kelezatan yang sempurna. Untuk lokasi dari Bumbu Desa sendiri berada di tiga tempat yaitu Jalan Laswi, Pasar Kaliki dan Jalan Setiabudi.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata Alam di Bandung Yang Instagrammable

6. Yogurt Cisangkuy

Satu lagi tempat wisata kuliner di bandung yang tergolong unik adalah Yogurt Cisangkuy. Berbeda dengan kuliner lain yang berbentuk makanan, yogurt cisangkuy bisa menjadi pelepas dahaga anda. Yogurt Cisangkuy merupakan minuman legendaris yang sudah eksis sejak tahun 1976. Jika pada umumnya yogurt rasanya asam, berbeda dengan Yogurt Cisangkuy yang rasanya manis dan segar. Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Cisangkuy Bandung. Hanya dengan uang Rp 20.000,00 anda bisa menikmati segarnya yogurt kebanggaan Bandung.

7. Batagor Hanjuang

Buat anda penggemar batagor maka anda wajib datang tempat wisata kuliner yang satu ini. Pasalnya, Batagor Hanjuang sangat terkenal dan selalu ramai pembeli.  Banyak yang mengatakan kalau rasa dari Batagor Hanjuang sangatlah berbeda dibandingkan batagor yang lain. Rasa ikan tenggirinya sangatpas di lidah dengan adonan bumbu kacang yang gurih,pedas dan sedikit minyak. Untuk lokasi dari Batagor Hanjuang sendiri berada di Jalan Astina tepatnya di belakang Istana Plaza.

8. Kupat Tahu Gempol

Tempat wisata kuliner di bandung yang legendaris berikutnya adalah Kupat tahu gempol yang sudah eksis sejak tahun 1965. Makanan ini biasanya dijual di area pasar Gempol Bandung. Meskipun penyajiannya masih secara tradisional namun rasanya tidak bisa diragukan lagi. Dengan uang Rp 12.000,00 anda bisa menikmati kupat dengan potongan tahu kuning, saus sambel kacang dan kerupuk udang yang gurih. Untuk makan disana anda harus datang lebih awal karena antrian panjang akan mengular jika agak siangan.

Baca Juga :   Tempat Wisata Anak Di Bogor Yang Menawarkan Kegiatan Seru

9. Nasi Cikur Warung Inul

Nasi Cikur Warung Inul merupakan salah satu kuliner khas sunda yang hits. Cara membuatnya adalah digoreng dan dicampur dengan kencur. Sehingga menghasilkan rasa yang renyah dengan aroma sedikit getir. Nasi cikur ini biasanya dinikmati dengan telur dadar, ayam goreng, acar, dan serundeng sehingga menghasilkan paduan rasa yang lezat. Selain itu, bisa juga ditambahkan irisan cabe dan tempe sehingga rasanya akan semakin renyah. Untuk lokasi dari Warung Inul sendiri berada di dataran tinggi Dago yang beroperasi dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam.

10. Bebek Ali Borromeus

Selain warung Inul, Bebek Ali Borromeus juga menjadi salah satu wisata kuliner di bandung yang menjadi favorit para wisatawan. Meskipun berkonsep kaki lima namun rasanya tidak kalah dari masakan di hotel bintang lima. Rasa dagingnya enak, empuk dan tidak amis. Dengan uang Rp 15.000, anda bisa menikmati sepaket nasi, sambel, lauk dan lalapan. Selain bebek , anda juga bisa memesan menu lain seperti ayam goreng, pecel lele dan burung dara bakar. Lokasi dari Bebek Ali Borromeus berada di Jalan Hasanuddin Bandung yang beroperasi dari pukul 17.00-19.00. Bahkan sebelum jam 7, stok makanan sudah ludes karena diburu para pelanggan.

11. Warung Bu Eha

Tempat wisata kuliner di bandung yang paling legendaris selanjutnya adalah Warung Bu Eha yang sudah beroperasi sejak tahun 1947. Bahkan, surga kuliner yang satu ini menjadi saksi bisu Agresi Militer Belanda . Di tempat ini anda bisa menikmati beragam masakan khas sunda  seperti soto bandung, sayur kepala kakap, dan lain sebagainya. Meskipun konsepnya sangat sederhana yaitu hanya menggunakan 24 meja namun rasa dari masakan yang disajikan sangat sempurna. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau mulai dari Rp 30-40 ribu rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *