Menjelajahi Tempat Wisata Kuliner Di Bogor Yang Unik Dan Menarik

3 min read

tempat wisata kuliner di bogor

Berwisata tidak hanya selalu untuk memuaskan mata saja, tetapi juga bisa sebagai sarana pemenuh selera. Saat mengunjungi Bogor, hal paling dinantikan oleh para pelancong tentu saja kuliner asli tempatan. Berkunjung ke tempat wisata kuliner di Bogor merupakan suatu keharusan untuk merasakan sensasi makanan khas Jawa Barat.

Selain untuk mengeksplor berbagai macam rasa baru dari makanan, penikmat wisata kuliner juga akan disuguhkan beragam tema makanan unik yang menarik. Selain cita rasa, interior dan suasana tempat makan pun dibuat sedemikian unik oleh pengusaha kuliner. Dengan banyaknya tempat menarik tersebut, membuat pengalaman menikmati hidangan tidak hanya sekedar untuk memuaskan lidah.

Tempat Wisata Kuliner di Bogor

Banyak Tempat wisata kuliner di bogor yang menarik perhatian pengunjung dari segi interior tempat, ataupun tema makanan yang disuguhkan. Dimulai dari makanan khas yang banyak berjejer di sepanjang jalan, hingga resto berbintang yang memang mengangkat cita rasa masakan Sunda. Berikut tempat makan unik dan menarik yang ada di kota Bogor;

 1. Restoran Gurih 7 Saung Dan Lesehan

Ciri khas yang menonjol dari kuliner Sunda tentu saja saung dan juga lesehan sebagai tempat menikmati makanan. Pengalaman makan dikelilingi suasana pedesaan lengkap dengan saung lesehan di tengah kota Bogor dapat ditemukan jika berkunjung ke restoran Gurih 7. Ada beragam makanan khas Sunda yang disajikan dan tentunya siap disantap.

2. Cungkring

cungkring bogor

Saat pagi hari sebelum memulai aktifitas menjelajahi kota Bogor, sempatkanlah untuk berkeliling di sekitar jalan Surya. Salah satu tempat wisata kuliner di Bogor yang terkenal dengan sarapan yang enak dan tidak boleh dilewatkan ini tentu saja cungkring Bogor.

Nama cungkring memang terdengar unik di telinga. Makanan yang terbuat dari bagian kaki sapi yang dipotong kecil-kecil dengan siraman kuah kacang tersebut adalah sarapan pagi kegemaran masyarakat Bogor. Sebagai tambahan, taburan kripik tempe dan ketupat daun semakin menggugah selera siapapun yang menikmatinya.

3. Bapatong

bapatong bogor

Suasana dingin ketika berada di kota Bogor memacu para pelancong untuk berburu makanan hangat yang tersedia di sana. Cobalah untuk mencicipi bapatong, yakni baso kupat gentong. Bapatong berbeda dari penyajian bakso lainnya, sebab ditemani dengan ketupat dan taburan daging bersama kuah. Sajian unik ini bisa langsung dinikmati ketika berada di kota Bogor.

4. Sop Duren Lodaya

sop duren lodaya

Salah satu tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah gerai sop duren lodaya yang terletak di jalan Bangbarung Raya, Bogor Utara. Sajian sop buah durian dengan parutan keju yang banyak benar-benar cocok bagi wisatawan khususnya penikmat buah durian. Selain sop, beragam olahan durian juga ada di sana.

5. Soto Kuning Bogor Legendaris Warung Pak Salam

soto pak salam bogor

Sajian hangat lainnya yang pas dinikmati saat berkunjung ke kota Bogor tentu saja soto Bogor pak Salam yang telah terkenal dikalangan wisatawan. Sajian soto daging dengan jeroan, disirami kuah soto rempah yang nikmat mampu memikat siapapun yang memakannya. Warung soto pak Salam tidak pernah sepi pembeli, sebab sajian soto yang dihidangkan benar-benar berkualitas.

6. Laksa Mang Ocim/ Kampug Cincau, Paduan Bihun Kenyal Dengan Kuah Rempah yang Kental

laksa bogor

Berbeda dari laksa lainnya yang memiliki cita rasa Melayu-Tionghoa, laksa mang Ocim yang telah ada sejak tahun 1950 tersebut sangatlah unik. Selain menggunakan bihun, yang semakin membedakan laksa mang Ocim dengan yang lainnya tentu saja dikarenakan adanya capuran tahu, tauge, oncom dan cincau bogor. Benar-benar sajian laksa menarik yang harus dicoba.

7. Asinan jagung bakar Asli Bapak Sabur

Lagi-lagi kuliner menarik ada di kota Bogor, salah satunya asinan yang berbahan dasar jagung yang telah dibakar. Jika ingin mencoba asinan jagung bakar yang memiliki cita rasa segar, bisa mengunjungi asinan bapak Sabur. Perpaduan jagung bakar dengan irisan mentimun dan air cuka ditambah kerupuk sebagai pelengkap, adalah kombinasi asinan yang sempurna.

8. Asinan Sayur dan Buah Sedap Gedung Dalam

Bogor memang terkenal akan asinan buah dan sayurnya. Ketika berkunjung ke kota Bogor, wisatawan dapat mampir ke salah satu pusat oleh-oleh asinan Bogor di jalan Siliwangi. Tempat tersebut bernama asinan sedap gedung dalam, yang menyediakan beragam asinan sayur dan buah yang dapat dinikmati langsung atau dibawa sebagai bingkisan.

9. Es Pala

Es pala merupakan salah satu minuman tradisional yang masih dijajakan dan tetap bertahan hingga saat ini. Kesegaran serta rasa uniknya membuat minuman berkhasiat ini tetap memiliki penggemar setia. Terdapat banyak warung es pala yang tersebar di kota Bogor, sehingga wisatawan dapat membelinya dengan mudah untuk merasakan minuman unik asal Bogor ini.

10. Bir Kocok Bogor

Bir kocok Bogor berbeda dengan bir pada umumnya, sebab minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Minuman ini bukan berasal dari proses fermentasi, melainkan campuran bahan-bahan herbal berkhasiat seperti; jahe, kayu manis, kapulaga, dan beragam rempah lainnya. Penikmat bir ini benar-benar di bikin mabuk kelezatannya yang tiada tara.

11. Death By Chocolate & Spaghetti

Mengusung konsep scary place, pengunjung dapat merasakan suasana hallowen setiap saat ketika berkunjung ke tempat wisata kuliner di Bogor ini. Selain interior ruangan yang penuh dengan beragam ornamen mengerikan, menu dan tampilan dari makanan yang disajikan juga sama persis dengan tema cafe tersebut.

12. Resto Cimory Riverside

Menyantap hidangan ala western sambil menikmati pemandangan pinggir sungai akan pengunjung dapatkan ketika mampir ke resto cimory riverside. setelah puas menyantap hidangan, pengunjung juga dapat berkeliling menikmati suguhan pemandangan alam yang dipenuhi pepohonan yang rindang. Tak kalah menarik, di sana juga terdapat mini zoo yang terdiri dari beragam jenis hewan-hewan.

13. Nicole’s Kitchen & Lounge

Restoran atas puncak yang didominasi warna putih ini sangat menarik untuk dikunjungi. Ada banyak spotspot nyaman untuk bersantai sambil menikmati hidangan ringan, selain itu tempat ini juga cocok untuk mengabadikan foto yang dapat mengisi feed instagram.

14. Bavarian Haus Bratwurst & Grill

Menikmati steak dengan suasana ala bavaria Jerman dapat dirasakan ketika mengunjungi restoran steak yang cukup terkenal di kota Bogor ini. Yang paling menarik, pengunjung benar-benar berada di rumah asli ala bavaria dan hanya ada satu di Indonesia. Selain steak produk andalannya tentu saja sosis bratwurst original yang dibuat sendiri oleh pihak Bavarian haus.

15. Resto Fores Three, Pengalaman Menyantap Makanan Di Hutan Tengah Kota

Selain mengusung tema hutan yang menenangkan, menu makanan yang berada di fores three resto ini semuanya organik yang berasal dari petani lokal. Menu andalan resto yang menjadi tempat berkumpulnya anak muda Bogor ini adalah jus dan smothy ball. Secara tidak langsung pihak restoran ikut membantu membiasakan pelanggan untuk menyantap hidangan sehat dan bergizi.

Kota Bogor memang dapat dikatakan sebagai surganya kuliner lezat, menarik, dan unik. Jika berwisata ke kota Bogor jangan lupa sempatkan waktu untuk mampir ke tempat wisata kuliner di Bogor di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *