15 Tempat Wisata Murah Di Bogor Cocok Untuk Liburan Hemat

3 min read

Keinginan berwisata ke Bogor terkadang terhalang oleh minimnya budget yang dimiliki. Namun saat ini tidak usah risau lagi untuk melakukan wisata karena banyak tempat wisata murah di Bogor. Salah satu kota di Jawa Barat ini memang terkenal dengan wisata alamnya yang asri, karena berada di daerah pegunungan yang hijau.

Banyak sekali jenis obyek wisata yang dimiliki oleh Bogor mulai dari wisata alam, edukasi, kuliner hingga belanja. Saat musim liburan tiba, jika ada rencana berlibur ke Bogor jangan lupa mengunjungi tempat wisata murah di Bogor. Dengan begitu budget liburan akan lebih hemat, berikut ulasan tempat-tempat wisata di Bogor yang murah dan recommended untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Murah Di Bogor

Berlibur tidak selalu menghabiskan banyak budget lho, contohnya saja jika memutuskan pergi berlibur ke kota Bogor. Banyak tempat wisata murah di Bogor yang bisa dijadikan tujuan wisata liburan bersama teman atau keluarga. Berikut ini beberapa tempat liburan yang paling murah di Bogor:

1. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata murah yang satu ini juga merupakan ikon kota Bogor, belum terasa ke Bogor jika belum mengunjungi Kebun Rayanya. Dengan tiket yang terjangkau pengunjung dapat menikmati berbagai pepohonan dan juga bunga di kebun Raya ini. Di dalamnya juga terdapat sebuah danau yang sangat menarik untuk dikunjungi, sungguh indah pemandangan di sana.

2. Museum Zoologi

Sesuai dengan namanya museum ini menyimpan koleksi berupa hewan yang diawetkan dan fosil hewan. Museum ini terletak di dalam area kebun Raya Bogor, merupakan tempat wisata edukasi yang sangat bagus. Dengan harga tiket terjangkau pengunjung bisa mempelajari berbagai fosil hewan dan hewan diawetkan yang terpajang di sana.

3. Museum Etnobotani

Museum ini memiliki konsep yang tidak biasa karena menggabungkan antara ilmu botani dengan berbagai macam budaya etnik nusantara. Berlokasi di Jalan Ir H Juanda 22-24, Pusat Penelitian Biologi-LIPI, Paledang, Bogor Tengah. Memiliki koleksi artefak sebanyak 2000 yang dipamerkan kepada pengunjung yang semuanya dibuat dari bagian-bagian tanaman lokal. Benar-benar unik memang barang-barang yang dipamerkan di museum ini.

4. Telaga Malimping

Obyek wisata ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, berada di desa Ciades, kecamatan Cigompong, kabupaten Bogor. Merupakan tempat wisata murah di Bogor yang wajib dicoba, berbagai wahana tersedia di telaga ini, sungguh asyik dan menarik. Pengunjung akan terhibur dengan semua wahananya, juga bisa mengajarkan keberanian dan percaya diri kepada anak-anak.

5. Rumah Pohon Dan Jembatan Kayu Gantung

Bagi yang memiliki hobi berfoto dan memajangnya di media sosial, lokasi wisata ini sangat cocok dikunjungi. Pemandangan yang sangat menarik dan tidak biasa bisa ditemukan di tempat wisata murah di Bogor ini. Rumah pohon ini terletak di desa Pabangon, sungguh unik dan menarik berlatar alam lengkap dengan jembatan kayu gantungnya. Sungguh lokasi yang cocok untuk berfoto.

6. Situ Gede

Sebuah tempat wisata murah di Bogor yang banyak dikunjungi warga Bogor setiap harinya. Obyek wisata ini adalah tempat warga Bogor melakukan aktivitas menari seperti memancing, berperahu, atau sekedar jalan-jalan menikmati area hutan di sekitar situ Gede. Lokasinya persis di tepi hutan Dramaga, sering sekali dijadikan lokasi pembuatan film atau sinetron.

7. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Sebuah penangkaran rusa yang sangat menarik untuk dikunjungi untuk menambah pengalaman liburan. Terletak di desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Bogor, dengan tiket masuk sangat terjangkau. Banyak sekali jenis rusa yang ditangkarkan di Penangkaran Rusa Giri Jaya, seperti rusa cheetah, bawean, jawa, timur, totol dan beberapa dari luar negeri. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan memberi makan rusa.

8. Istana Bogor

Salah satu istana kenegaraan yang berada di Bogor ini sangat menarik untuk dikunjungi. Memang merupakan salah satu tempat wisata murah di Bogor, namun berkunjung ke sana harus bersama rombongan setidaknya 25 orang. Sebagai sebuah bangunan kenegaraan mengunjunginya juga harus melewati prosedur yang telah ditentukan. Setelah memenuhi prosedur maka rombongan baru diijinkan masuk.

9. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Pura ini merupakan peninggalan kerajaan Padjajaran, menjadi pura terbesar kedua setelah Besakih di Bali. Lokasi ini sebenarnya adalah makam sekaligus tempat pemujaan para pembesar kerajaan Padjajaran. Sampai saat ini masih dijadikan lokasi persembayangan bagi umat agam Hindu saat hari-hari besar keagamaan.

10. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air panas Tirta Sanita Ciseeng juga menjadi obyek wisata favorit, selain harganya yang murah juga memiliki banyak manfaat. Pengunjung bisa berendam di kolam air panas belerang yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Berlibur ke sini akan membuat badan dan pikiran menjadi sehat. Tidak hanya kolam air panas, obyek wisata ini juga menyediakan permainan yang membuat anak-anak betah berada di sini.

11. Air Panas Ciparay

Pemandian air panas ini juga merupakan obyek wisata favorit warga Bogor selain murah juga sangat alami. Terletak dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, suasananya asri seperti alam pegunungan pada umumnya. Selain kolam pemandian terdapat banyak saung-saung untuk bersantai. Mengunjungi obyek wisata ini akan membuat badan dan pikiran kembali fresh.

12. Cibalung Happy Land

Satu lagi tempat wisata murah di Bogor, kali ini obyek wisata sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Cibalung Happy Landa terletak di desa Cibalung, kecamatan Cijeruk, kabupaten Bogor. Banyak sekali wahana yang terdapat di sini, bisa dinikmati bersama keluarga disertai edukasi. Berkunjung ke obyek wisata ini selain mendapatkan kesenangan juga mendapatkan banyak ilmu.

13. Warso Farm

Sebuah argo wisata yang berada di atas area seluas 8,5 hektar dengan produk buah unggulannya adalah durian. Bagi pecinta durian Warso Farm adalah surga, karena bisa menikmati dan membeli buah yang ada di sana. Berlokasi di Jl. KH. Halimi, desa Chideung, Cipelang, Bogor, buka setiap hari dari pagi hingga petang. Selain 19 jenis durian juga terdapat kebun buah lainnya yang bisa dinikmati.

14. Gunung Pancar

Gunung ini adalah tempat wisata murah di Bogor dengan fasilitas pemandian air panas bagi pengunjung. Banyak aktivitas menarik bisa dilakukan di kawasan gunung Pancar ini, mulai hiking, camping, jogging, dan cycling. Pemandangan indah dengan panorama khas hutan lindung menjadi latar belakang pengunjung saat melakukan aktivitas menari di sini.

15. Kebun Raya Cibodas

Kebun raya ini memiliki daya tarik utama yaitu bunga sakura, berlibur ke sini serasa menikmati liburan di Jepang. Obyek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Cibodas, Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Bogor. Dengan harga tiket yang sangat murah, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan bunga sakura dan 5.831 jenis tanaman lainnya di kebun raya ini.

Demikian tempat wisata murah di Bogor yang recommended untuk dijadikan tujuan wisata hemat di hari libur. Tidak akan menyesal menjadikan kota Bogor sebagai tujuan wisata untuk menghabiskan masa liburan. Selain mendapatkan pengalaman liburan tidak terlupakan juga dapat berwisata dengan budget yang minimalis di kota Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *