10 Tempat Wisata Terindah Di Indonesia Beserta Tips Sebelum Pergi Berwisata

3 min read

Terdapat banyak tempat wisata yang ada di berbagai daerah. Namun tidak semua tempat wisata yang ada masuk pada daftar tempat wisata terindah di Indonesia. Sebab tempat wisata yang akan dibahas kali ini memiliki keunikan yang bahkan hampir sama dengan wisata di beberapa negara di luar negeri.

Seiring berjalannya waktu wisata di Indonesia memang selalu bertambah. Keunikan merupakan poin penting untuk menjadikan tempat wisata terkenal. Pada artikel ini akan dirangkum mengenai tempat wisata terindah di Indonesia karena keunikannya beserta tips sebelum pergi wisata.

Tempat Wisata Terindah Di Indonesia

Rekomendasi tempat wisata terindah di Indonesia kali ini akan disuguhkan tempat-tempat wisata yang masih jarang dikunjungi orang. Meskipun begitu, bukan berarti tempat wisata berikut tidak menarik. Berikut tempat wisata yang indah dan belum banyak diketahui orang.

1. Bukit Pelalangan, Madura

Bukit pelalangan adalah tempat wisata yang terletak di Madura. Wisata yang disuguhkan adalah bukit yang dahulunya merupakan tambang kapur. Namun tempat wisata ini bukan hanya bukit seperti pada umumnya. Bukit pelalangan memiliki keindahan yang banyak orang menyebutnya seperti bukit bebatuan Antelope Canyon, di Amerika Serikat.

Tempat wisata bukit pelalangan tepatnya berada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura Jawa Timur. Untuk mencapai tempat ini jika ditempuh dari jembatan Suramadu, maka tinggal menuju Kota Bangkalan. Kemudian menuju kecamatan Arosbaya. Selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju Pesarean Rato Ebo.

2. Pantai Gigi Hiu, Lampung

Lampung tidak hanya terkenal dengan gajahnya di Way Kambas. Keindahan pantai di Lampung juga banyak dikenal wisatawan. Salah satu pantai terkenal dan menjadi tujuan banyak wisata yaitu Gigi Hiu. Pantai Gigi Hiu tepatnya berada di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Nama Gigi Hiu berasal dari bentuk seperti gigi pada tebing di pinggir pantai. Meskipun pantai, namun pengunjung dilarang untuk berenang. Sebab deburan ombak yang besar terlalu berbahaya untuk berenang. Apalagi pada saat laut pasang keindahan ombak yang bergulung kemudian menghantam tebing menjadi pemandangan yang membiuskan.

3. Telaga Warna, Dieng

Tempat wisata terindah di Indonesia selanjutnya yaitu Telaga Warna. Tempat wisata ini terletak di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Jaraknya dari Wonosobo yaitu sekitar 26 km, atau 50 sampai 60 menit perjalanan.

Dengan ketinggian 2000 mdpl, telaga warna ini memancarkan pesona warna yang bisa berubah-ubah. Biasanya telaga warna memancarkan warna hijau, putih, hitam, atau biru. Perubahan warna pada telaga ini disebabkan karena kandungan belerang di dalamnya yang menyebabkan air berubah warna ketika terkena sinar matahari.

4. Danau Kaolin, Bangka Belitung

Tempat wisata terindah di Indonesia ini terletak di pulau Sumatera, tepatnya di Bangka Belitung. Danau kaolin mempunyai keunikan sendiri yang menarik wisatawan. Daratan pada danau ini berwarna putih bersih. Sementara airnya berwarna biru menyala. Perpaduan kedua warna ini menciptakan keindahan sendiri bagi yang mengunjungi.

Keindahan danau kawah putih ini berasal dari pertambangan kaolin dan sudah tidak digunakan lagi. Danau ini sangat cocok dijadikan spot foto yang epic.  Untuk berwisata ke Danau Kaolin hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat Kota Tanjungpandan.

5. Highland Park Resort, Bogor

Dari namanya, Highland Park Resort bukan seperti tempat wisata seperti kebanyakan. Namun jangan salah, tempat penginapan satu ini berbeda dengan penginapan pada umumnya. Pasalnya tempat penginapan ini memiliki konsep yang unik. Dimana tempat ini menyuguhkan konsep berkemah yang mewah.

Meskipun tempat penginapan, namun konsep penginapan disini seperti berkemah. Apalagi yang letaknya di kaki Gunung Salak. Pengunjung akan merasakan sensasi berkemah di alam namun tetap terfasilitasi dengan baik. Highland Park Resort berada di Jalan Curug Nangka, Sinarwangi, Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

6. Pantai Tangsi, Lombok

Pantai tangsi menjadi tempat wisata terindah di Indonesia yang banyak diminati wisatawan. Daya tarik dari pantai ini yaitu pasir pantainya yang berwarna merah jambu. Warna pink pada pasir ini berasal dari mikroorganisme pada pecahan koral. Inilah keunikan yang tidak dapat ditemui pada kebanyakan pantai.

Pantai Tangsi atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Pink terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, NTB. Jika ditempuh dari Lombok Timur, jaraknya sekitar  68 km atau 2 sampai 3 jam perjalanan.

7. Goa Rangko, Flores

Tempat wisata terindah di Indonesia kali ini berada di Flores, tepatnya di Goa Rangko. Tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan Goa seperti biasanya. Goa rangko di Flores ini tergenang air yang jernih dan segar di dalamnya. Pengunjung dapat menikmati sensasi berenang di dalam Goa.

Untuk mengunjungi tempat wisata Goa Rangko, memang harus melalui medan yang terjadl dan berliku. Bahkan pengunjung harus menyeberang laut dengan menyewa perahu. Namun semua akan terbayar ketika sampai di Goa Rangko dan pemandangannya tidak akan mengecewakan.

8. Green Canyon, Jawa Barat

Tak perlu jauh-jauh jik ingin menikmati wisata di Havasu Canyon, Arizona. Sebab di Indonesia terdapat wisata serupa dan tepatnya di Jawa Barat. Pengunjung yang berwisata di sini akan diguhi pemandangan tebing hijau dan dialiri air jernih dibawahnya.

Berbagai keseruan berlibur bisa pengunjung rasakan mulai dari lompat tebing, body rafting, memancing, berenang hingga berjalan-jalan menyusuri goa. Tempat wisata yang juga disapa Cukang Taneuh ini berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat.

9. Kawah Putih, Bandung

Masih di Jawa Barat, tempat wisata yang indah selanjutnya yaitu kawah putih. Seperti namanya, tempat wisata ini memang menyuguhkan keindahan kawah yang berwarna putih. Lokasi kawah putih tepatnya berada di Cidiwey, Jawa barat atau sekitar 50 km selatan kota Bandung.

Pesona alami dari kawah putih berasal dari danau yang terbentuk dari letusan gunung yang bernama Gunung Patuha. Keunikan warna pada kawah ini berasal dari belerang yang ada di dalamnya. Karena kawah putih ini terletak di daerah pegunungan, suhu dingin disini bisa mencapai 8 sampai 22 derajat celcius.

10. Oro-oro Ombo, Gunung Semeru

Keindahan wisata oro-oro ombo terletak pada kecantikan bunga Verbana yang berwarna ungu. Hamparan bunga Verbana ketika mekar membuat pemandangan yang indah di kaki Gunung Semeru. Sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable.

Bagi pendaki yang ingin mendaki Gunung Semeru akan disuguhi hamparan bunga berwarna ungu ini sejauh mata memandang. Keindahan ini akan menghilangkan penat dan lelah ketika mendaki.

Tips Sebelum Pergi Berwisata

Setelah mengetahui berbagai macam tempat wisata terindah di Indonesia pada ulasan di atas, jika tertarik mengunjungi salah satunya perhatikan beberapa hal berikut :

  • Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tempat wisata yang akan dituju
  • Buat jadwal perjalanan
  • Perhitungkan semua pengeluaran dengan baik-baik
  • Booking penginapan dari jauh-jauh hari
  • Persiapkan barang bawaan
  • Selalu siapkan P3K dan obat-obatan
  • Periksa kondisi kendaraan (jika menggunakan kendaraan pribadi)
  • Jaga kondisi badan agar tetap fit

Ada berbagai keindahan dan pesona wisata yang ada di Indonesia. Sepuluh tempat wisata di atas merupakan pilihan tempat wisata terindah di Indonesia dari berbagai sumber dan paling direkomendasikan. Jangan lupa untuk selalu teliti menyiapkan segala kebutuhan sebelum pergi berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *