Wisata Kampung Warna Warni Jodipan, Spot Foto Menarik Dan Unik

3 min read

Malang bisa dikatakan merupakan pusat pariwisata Jawa Timur yang memiliki banyak sekali destinasi indah nan tersohor di seluruh penjuru negeri. Salah satu tempat yang masih hits hingga saat ini adalah wisata kampung Warna Warni Jodipan. Tempat ini memiliki banyak sekali spot foto, sehingga para turis dalam maupun luar negeri banyak yang hinggap ke kampung ini.

Berdasarkan sejarahnya, tempat ini dulunya merupakan perkampungan kumuh warga Jodipan. Letaknya yang berada di pinggiran kota, tepatnya dibawah kaki jembatan membuatnya hampir digusur karena dikatakan merusak pemandangan Kota Malang. Melihat masalah itu, salah seorang mahasiswa bernama  Nabila Firdausiyah dan rekan-rekannya  dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pun merasa simpati. Awalnya memang mereka hanya mendapatkan tugas praktikum dari dosen, lalu sekelompok orang yang tergabung dalam Guys-pro ini pun memiliki ide brilliant; mengubah perkampungan kumuh menjadi destinasi wisata kebanggaan Kota Malang.

Spot Foto Menarik Di Wisata Kampung Warna Warni Jodipan

Di kampung warna warni jodipan, terdapat banyak sekali hal yang bisa dinikmati. Mulai dari pemandangan bak pelangi, spot selfie kece, selokan rumah warga yang mirip labirin, jembatan, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa spot-spot menarik untuk berfoto di wisata kampung warna warni jodipan.

1. Bagai Melihat Miniatur Dari Jembatan Embong Brantas

Dari jembatan inilah pemandangan mengerikan Kampung Jodipan terpampang jelas. Istilah tinggal di kolong jembatan selalu menghadirkan aura negatif bagi penduduk kampung yang dulu sempat kumuh ini. Namun, semuanya berbalik 180 derajat sejak disulapnya Jodipan menjadi destinasi wisata terunik, bahkan inovasi jenis ini adalah yang pertama di Indonesia. Dari jembatan ini, kita bisa menyaksikan Kampung Warna Warni secara keseluruhan.

Letaknya yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari stasiun pun membuat kita bisa menyaksikan kereta api yang melintas dari sini. Sehingga bisa dikatakan kalau kita bagaikan melihat miniatur rumah yang kemudian dilintasi kereta api mainan jika kita mengambil sudut pandang dari Jembatan Embong Brantas. Tak ayal, tempat ini pun banyak dijadikan lokasi berfoto ria.

2. Menunggu Momen Di Lorong Payung

Belasan bahkan puluhan payung dengan berbagai varian warna berjejer di sela-sela rumah warga, sehingga terbentuklah semacam labirin indah. Selain menjadi hiasan, payung-payung tersebut tentunya juga memiliki fungsi untuk meredam terpaan hujan dan sengatan sang mentari.

Selain itu, di samping kiri dan kanan lorong, terdapat pula pedagang makan dan minum yang bisa disinggahi sekaligus untuk beristirahat. Berhubung lorong ini merupakan jalur utama yang dilewati pengunjung, jadi perlu menunggu momen pas untuk mengambil gambar di sini.

3. Berasa Di Sawah Karena Ada Topi Petani Dan Gazebo

Kumpulan topi petani ini terletak di salah satu rumah warga Jodipan, tidak jauh dari lorong payung. Topi-topi ini tentunya tidak serta merta sama dengan petani yang umumnya di sawah. Namun, benda yang merupakan ciri khas para petani ini diberi berbagai macam motif yang menambah kesan unik di dalamnya. Beberapa gambar yang tersedia adalah Spongebob, Hello Kitty, Angry Birds, dan lain sebagainya.

Untuk menambah kesan real ketika hendak berfoto dengan topi petani, terdapat pula gazebo yang disediakan di wisata Kampung Warna Warni Jodipan ini.

4. Berfoto Ria di Tepi Sungai

Kampung yang berada di tepi sungai ini dulunya memang terkesan kumuh. Namun, karena telah dijadikannya tempat ini menjadi salah satu destinasi andalan Kota Malang, maka penertiban untuk tidak membuang limbah ke sungai pun mulai digalakkan. Sehingga ketika kita turun lebih ke bawah, kita bisa berfoto dengan background sungai yang deras.

Jika tadi, dari sudut Jembatan Embong Berantas menampilkan pemandangan Kampung Warna Warni seolah menjadi miniatur. Maka dari tepi sungai ini sendiri, kita bagaikan minion yang berada di sebuah singgasana raksasa, menunjukkan betapa luasnya areal ini.

5. Background Foto Yang Bermacam-Macam

Wisata Kampung Warna Warni ini tidak hanya sebatas rumah yang dicat dengan aneka ragam warna saja. Beberapa bagian tembok juga memiliki banyak motif gambar yang bisa dijadikan background berfoto atau selfie.

Kebanyakan memang sudah menerapkan konsep gambar tiga dimensi, sehingga gambar-gambar di dalam yang terlukiskan di tembok-tembok tampak lebih hidup. Salah satu dari background terfavorit adalah gambar T-rex yang seolah-olah hendak melahap dengan mulut terbuka lebar. Ada juga gambar naga, sayap, dan masih banyak lagi.

6. Spot Foto Bertuliskan Jodipan Dan Arema

Di bagian bawah Kampung Warna Warni Jodipan, sebelum lebih jauh ke tepi sungai. Terdapat deretan botol yang juga dicat dengan aneka macam warga yang menyesuaikan dengan background.

Kumpulan botol bekas tersebut ternyata membentuk sebuah pola tulisan yang melambangkan bahwa inilah ‘Jodipan yang sekarang’ bukan lagi tempat kumuh yang hampir digusur pemerintah. Namun, kampung yang justru berubah menjadi destinasi wisata andalan Malang dan menjadi kebanggaan arek Ngalam.

7. Jembatan Kaca Yang Hits Dan Pertama di Indonesia

Sejak berdiri dan diresmikannya Wisata Kampung Warna Warni Jodipan, mulai pula dikembangkan berbagai wahana baru yang membuat para wisatawan akan terlena dan tak sadar sudah menghabiskan waktunya. Ya, inilah dia Jembatan Kaca pertama di Indonesia. Hanya ada di kota wisata Malang.

Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan antara Kampung Warna Warni Jodipan dengan Kampung Tridi. Kedua tempat ini memang terpisah oleh sungai yang cukup lebar dan berair deras. Sempat sebelumnya terdapat jembatan kayu penghubung. Namun, itu dinilai terlalu umum dan berbahaya.

8. Spot Foto Ekstrim Dari Rel Kereta Api

Kampung Jodipan ini memang terletak sangat berdekatan dengan rel kereta api. Sehingga tak jarang pula orang-orang nekat mengambil foto di sini. Hal yang wajib diperhatikan jika ingin mengabadikan momen di sini adalah selalu waspada dan berhati-hati.

Mengingat kereta bisa melintas sewaktu-waktu. Jadi meskipun kita mendapatkan foto ekstrim yang bakal banyak like. Utamakanlah keselamatan dan keamanan agar tidak ada berita ‘selfie berujung maut’.

9. Momen Indah yang Sepintas dari Dalam Kereta

Jika tadi berfoto dari rel pelintasan kereta api, maka ini adalah alternatif yang lebih aman dan cenderung lebih mewah. Jika kamu ingin mengambil gambar berupa foto atau video, kamu sebaiknya duduk di pinggir dekat jendela. Sehingga akan didapatkan panorama yang menakjubkan meskipun hanya sekilas saja.

Oleh karena itu diperlukan momen yang pas dan kecerdikan dalam mengondisikan segitiga eksposur kamera. Apalagi naik kereta api kan harus bayar dengan harga yang lumayan. Untuk sekadar merasakan sensasinya, bisa menaiki kereta rute Malang – Blitar dan sebaliknya.

Itu adalah beberapa spot terbaik yang bisa dinikmati wisatawan yang akan berkunjung ke Wisata Kampung Warna Warni Jodipan. Beberapa spot di atas bisa dinikmati tanpa membayar tiket seperti dari Jembatan Embong dan rel kereta. Namun, tidak perlu khawatir tentang budget jika ingin masuk lebih dalam karena tiketnya hanya Rp. 3000 dan parkir menyesuaikan dengan kendaraan yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *